Sukses Mengelola Wisata dengan Dana Desa di Pulau Ratu

Apakah Anda pernah berkunjung ke Kabupaten Boalemo? Ya, kabupaten yang masuk dalam administrasi Provinsi Gorontalo itu, adalah salah satu destinasi wisata di Indonesia bagian timur. Keindahan alam, warisan tradisi dan budaya, menjadi satu paket wisata yang memanjakan pengunjung.

Jika Anda berkunjung ke Kabupaten Boalemo, Anda dapat menuju salah satu destinasi desa wisata yang kini sedang ramai di media sosial, yaitu Destinasi Wisata Pulau Ratu dengan Wisata Pantai Pasir Putih, yang merupakan bagian dari pengembangan wisata yang dilakukan oleh warga desa dengan memanfaatkan dana desa.

Pulau Ratu terletak di Desa Tenilo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo. Walau bernama ‘Pulau’ sebenarnya Pulau Ratu bukan pulau asli, melainkan pantai yang didesain sedemikian rupa dengan koridor kayu dan gazebo sehingga menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Pemandangan yang akan memanjakan penglihatan Anda.

Kabupaten Boalemo memang begitu indah, sampai muncul julukan bahwa “Bumi Boalemo diciptakan Tuhan saat tersenyum.” Karena keindahan yang begitu memesona. Nah, salah satu dari keindahan itu tercurah dalam Pantai Pasir Putih yang kini menjadi wisata andalan Pulau Ratu.

Seperti halnya daerah lain, Pulau Ratu pun memiliki legenda atau cerita turun temurun yang menarik perhatian; Konon, pada zaman dahulu, di Pantai Pasir Putih Pulau Ratu sempat disinggahi seorang ratu dari sebuah kerajaan, ratu tersebut kemudian begitu menikmati dan terpesona dengan keindahan alam yang dia lihat, saking jatuh cinta dan terpikatnya, ratu tersebut kemudian banyak menghabiskan waktu di pantai pasir putih, dan muncul nama Pulau Ratu.

Keindahan alam pantai pasir putih, kini telah menjadi perhatian dan memikat banyak wisatawan. Hal ini tidak lepas dari upaya masyarakat untuk mengembangkan potensi daerah yang mereka miliki. Berkat keseriusan, dan adanya Dana Desa, kemudian warga Desa Tenilo memiliki modal untuk mengembangkan kawasan pantai, kini tidak hanya sekedar menghadirkan pesona pantai, melalui Dana Desa telah dibangun Cottage di bibir pantai. Melalui Cottage ini, terhubung jembatan menuju dermaga, yang juga kini adalah lokasi favorit wisatawan.

Pulau Ratu dengan Pantai Pasir Putihnya, dalam usaha memperkenalkan diri banyak dibantu oleh kaum milenial yang banyak mengunggah foto dan video keindahan tempat ini di media sosial. Sehingga kemudian, membentuk sebuah promosi atau informasi secara daring, dan akhirnya viral. Hal ini mendorong keinginan masyarakat lokal dan nasional, bahkan manca negara berkunjung ke Pulau Ratu.

Kini aktivitas wisata di Pulau Ratu tidak pernah sepi, pengunjung silih berganti datang. Ramainya kunjungan wisata, menjadikan peningkatan ekonomi warga desa. Warga desa melalui usaha penyediaan tempat makan dan minum, jasa parkir kendaraan, dan penginapan, kini mampu mendapatkan penghasilan lebih. Selain tentu saja wisata Pulau Ratu juga meningkatkan pendapatan asli desa (PADes) Tenilo.

Satu kabar baik lagi, bahwa keberadaan dana desa mampu menjadikan desa berdaya, mampu menjadikan desa mengembangkan potensi yang dimilikinya, dan mampu menciptakan perekonomian sekala lokal yang memberi penghidupan warga desa. Pengelolaan Dana Desa yang baik, akan memberikan buah dan hasil yang baik. Semoga, melalui keberhasilan Pulau Ratu, kita termotivasi untuk lebih giat mengembangkan potensi desa kita. Semoga bermanfaat salam. [ Aryanto Bumdes.ID ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *