Sulit Membuat LPJ? Ini Sistematika Penyusunan LPJ!

BUMDES.ID – Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) adalah suatu dokumen tertulis yang disusun dengan tujuan memberikan laporan tentang pelaksanaan kegiatan dari suatu organisasi. Adapun fungsi dari Laporan pertanggungjawaban adalah sebagai bahan evaluasi terhadap seluruh proses pelaksanaan kegiatan dan hasil – hasil yang dapat dicapai dari kegiatan tersebut, yang selanjutnya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi perbaikan – perbaikan dan peningkatan kualitas pelaksanaan kegiatan pada masa yang akan datang. Laporan pertanggungjawaban mencakup laporan pelaksanaan kegiatan dan laporan penggunaan dana.

Selain sebagai gambaran laporan kegiatan dan laporan dana, laporan pertanggungjawaban BUM Desa sebagai bentuk keterbukaan data dan transparansi agar publik menjadi paham bagaimana para pengurus BUM Desa bekerja keras membangun lembaga usaha milik warganya. Budaya transparansi seperti ini bakal sangat efektif membangun kepercayaan publik pada kegiatan BUM Desa sehingga warga tidak enggan lagi berpartisipasi. Karena bagi BUM Desa, partisipasi warganya sangat penting dan memberi pengaruh besar bagi kemajuan lembaga usaha.

Laporan pertanggungjawaban disusun dengan jelas, gampang dipahami, dan data yang disodorkan pun harus berdasarkan data kongkrit. Persoalan – persoalan yang dihadapi juga harus dipaparkan dengan gamblang sehingga memberikan ruang partisipasi atau peluang munculnya solusi dari warga sehingga masalah yang dihadapi BUM Desa selesai dengan gemilang. Pengelola BUM Desa beserta segenap aparat desa tidak perlu pusing menghadapi proses ini karena Bumdes.id memiliki sistem yang bisa menghasilkan output laporan pertanggungjawaban.

Berikut sistematika laporan yang bisa dijadikan acuan oleh BUM Desa dalam memberikan gambaran penjelasan kinerjanya dalam setahun. Berikut acuannya:

COVER

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

I . BAB I PENDAHULUAN

A. Profil BUM Desa

Menceritakan terkait sejarah BUM Desa, proses pembentukan BUM Desa mulai dari Musdes, penyertaan modal awal yang diterima BUM Desa, Visi dan Misi BUM Desa, Struktur Organisai dan unit-unit yang dijalankan.

B. Dasar Hukum

Dasar hukum ini menjelaskan landasan yang mendukung/sebagai dasarnya dalam penyusunan laporan pertanggungjawaban.

II. BAB II KEPENGURUSAN DAN KARYAWAN

A. Pelaksana Operasional BUM Desa

Menjelaskan secara keseluruhan organisasi BUM Desa dan Unit-unit BUM Desa baik dari tugas dan tanggungjawabnya, menjelaskan jika di periode berjalan ada unit usaha yang baru.

B. Karyawan BUM Desa

Menjelaskan jumlah sumber daya manusia BUM Desa, menjelaskan terkait kontrak kepegawaian dan menjelaskan jika ada perubahan status pegawai BUM Desa.

III. BAB III KINERJA BUM DESA TAHUN 20XX

A. Kinerja Organisasi

Kinerja organisasi BUM DESA dapat dilihat  dari upaya  pelaksana operasional untuk  melakukan penataan manajemen maupun penataan administrasi keuangan.

1. Penataan Manajemen BUM DESA

Menjelaskan startegi yang dilakukan manajemen untuk meningkat kinerja BUM DESA.

2. Penataan Sistem Administrasi Keuangan

Menjelaskan sistem pencatatan bagaimana, menjelaskan alur penerimaan dan pengeluaran.

B. Kinerja Usaha

Kinerja Usaha BUM DESA dilihat dari upaya pelaksana operasional untuk menjalan usaha BUM DESA.

1. Unit Usaha

Menjelaskan pelanggan atau klien yang dilayani, menentuan tarif, pemerolehan pendapatan dan pengeluaran, proses pengerjaan/proses bisnis.

IV. BAB IV PENCAPAIAN DAN PERMASALAHAN

A. Pencapaian BUM Desa

Menjelaskan pencapaian-pencapaian BUM Desa atau dampak adanya BUM Desa baik dari dampak lingkungan, dampak ekonomi dan dampak terkait sumber daya manusia yang diserap.

B. Permasalahan dan Kendala

Menjelaskan terkait permasalahan dan kendala yang dihadapi manajemen BUM Desa dan Unit Usaha BUM Desa.

V. BAB V PENUTUP

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀. (Ariyanto/Bumdes.id)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *