Konggress Kebudayaan Desa; KEBUDAYAAN

Webinar Konggress Kebudayaan Desa sudah memasuki Hari Keenam. Dimana ada banyak sekali topik yang sudah dibahas. Di hari ke enam ini Kebudayaan akan menjadi Isu yang akan dibahas di seri Webinar.

Mengusung Tema “KEBUDAYAAN – MENGKONSTRUKSI ULANG ALAM PIKIRAN NUSANTARA SEBAGAI BASIS PERADABAN DAN TATA NILAI INDONESIA BARU”. Tentu akan menjadi salah satu isu yang menarik untuk dibahas. Karena Kebudayaan merusakan salah satu unsur yang melekat di Masyarakat Indonesia.

Desa menjadi tempat yang unik dalam memahami kebudayaan. Setiap desa punya aturan yang memengaruhi kebudayaan dan tata laku antar manusia maupun manusia dengan alam. Warga desa yang masih menjaga hubungan dengan alam mengaitkan COVID-19 dengan hukuman. Sopo nandur bakal ngunduh, siapa yang menanam akan menuai. Karena manusia dianggap tidak berbuat baik kepada alam, sehingga alam membalasnya dengan penyakit.

Webinar Seri 10 akan membahas tentang bagaimana COVID-19 memengaruhi budaya desa. Mulai bagaimana strategi kebudayaan yang tepat untuk beradaptasi dengan COVID-19, hingga apa program strategis pemerintah desa selama COVID-19. Karena kini, dalam keseharian telah banyak yang berubah. Bahkan sekedar jabat tangan sebagai simbol keakraban pun kini tidak bisa lagi dilakukan.

Narasumber:

  1. Dr. Anwar Sanusi, Ph.D (Sekjen Kemendesa)
  2. Prof. Rachmi Diyah Larasati (University of Minnesota, Minneapolis)
  3. Iman Budhi Santoso (Budayawan)
  4. Nirwan A. Arsuka (Pemerhati Budaya)
  5. Irfan Afifi (Langgar.co)
  6. Hairus Salim (LKIS)

Moderator:
Lukman Solihin (Peneliti LITBANG Kemendikbud)

Registrasi peserta:
https://learning.co.id/webinar/kkd09

Info Lebih Lanjut :
Instagram/Twitter @kongresdesa
Fans Page FB Kongres Kebudayaan Desa
Website: https://kongreskebudayaandesa.id/
Live Youtube: kongres kebudayaan desa

#kongreskebudayaandesa
#desamelawancovid
#membacadesamengejaindonesia

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *