Potensi yang Dimiliki Desa di Era Pandemi

Potensi yang Dimiliki Desa di Era Pandemi

Potensi yang Dimiliki Desa di Era Pandemi

Di Era Pandemi Covid-19 yang sampai sekarang masih melanda negeri ini, ada sebuah potensi besar yang dimiliki Desa yang bisa dimanfaatkan untuk bisa keluar dari Krisis.

Potensi besar ini adalah Desa yang kembali ke Jati Diri. Dimana Desa bisa mencukupi berbagai macam kebutuhan Pangan yang dibutuhkan warganya. Tentu ini tidak mudah untuk dilakukan. Butuh kolaborasi dari berbagai pihak untuk bisa mewujudkan Desa Tangguh yang menjadi tulang punggung.

Tentu untuk melanjutkan hal tersebut diatas perlu dilakukan adanya sebuah gerakan yang mengajak berbagai elemen masyarakat untuk Menanam apa yang kita Makan dan Tanam apa yang kita makan. Desa harus menjadi basis produksi, dimana kita bisa memanfaatkan BUMDes untuk menjembatani berbagai macam keperluan warga lewat pemanfaatan lahan yang sebelumnya tidak digunakan.

Selain itu juga, Kami BUMDES.ID mengajak para sahabat BUMDes sekalian untuk melakukan gerakan Bela Beli Produk BUMDES. Dimana sahabat bisa melakukannya menggunakan portal yang kami sediakan. Sahabat bisa mendaftar melalui profil.bumdes.id dan menambahkan produk yang dijual oleh BUMDes disana. Kemudian berbagai macam Produk yang ada tersebut semua ada di Katalog.bumdes.id.

BUMDes di era Pandemi harus terus bergerak demi mempercepat keberhasilan Pemerintah untuk Mensejahterakan Masyarakat. BUMDes harus memprioriaskan kebutuhan pangan Masyarakat Desa dibandingkan dengan berbagai macam kebutuhan lainnya. Karena di Era Pandemi ini setiap orang mungkin bisa menunda membeli berbagai macam kebutuhan lain, tapi tidak dengan kebutuhan Pangan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan Desa/BUMDES di tengah Pandemi ;

  1. Menyediakan Produk Organik
    Produk Organik ini berfungsi untuk meningkatkan Daya Tahan Tubuh, dimana produk-produk Organik sekarang banyak dicari oleh Orang-orang. Sehingga kalau BUMDES yang bisa mengajak warga Desa untuk menanam berbagai kebutuhan sayur mayur dengan cara organik tentu akan memiliki potensi pasar yang besar.
    Selain bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan warga sendiri, ini bila ada surplus tentu bisa dijual keluar daerah dengan memanfaatkan jejaring dengan Pemerintah Daerah dan berbagai elemen Masyarakat.
  2. Froozen Food
    Froozen Food disini bukan hanya makanan yang seperti dijual dipasaran, Froozen Food disini bisa memanfaatkan berbagai macam budidaya ikan yang biasanya dikelola oleh Warga. Kita bisa melakukan tahapan awalnya misal ikan Lele dibuang kotorannya kemudian di bikin Froozen. Tentu ini akan menjadi nilai tambah yang bisa dilakukan berbagai macam warga atau BUMDES untuk dipasarkan ke warga yang membutuhkan.

Di Era Pandemi ini kita harus bisa memanfaatkan potensi lokal desa yang memiliki banyak sekali Potensi. Tentu gerakan ini tidak mudah untuk dilakukan, namun dengan samangat Gotong Royong dan ingin keluar dari Masalah di tengah Pandemi ini kita harus bisa terus bergerak untuk memajukan Desa lewat BUMDES. BUMDES harus Tangguh di era pandemi seperti sekarang ini dan terus bergerak mencari berbagai macam peluang. Salam BUMDES Tangguh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *