4 Manfaat Bergabung Menjadi Member Bumdes.id

4 Manfaat Bergabung Menjadi Member Bumdes.id
4 Manfaat Bergabung Menjadi Member Bumdes.id
4 Manfaat Bergabung Menjadi Member Bumdes.id

Bumdes.id – Ketika orang memutuskan bergabung ke dalam sebuah komunitas, maka langkah pertama yang dipikirkan sebelumnya adalah mengenai tujuan. 

Kemudian baru berlanjut kepada untung dan rugi bergabung serta dalam jangka panjang akan berbicara mengenai aktualisasi dan apresiasi.

Profil aggregator dan komunitas Bumdes.id sebagai satu-satunya komunitas BUMDes terbesar di Indonesia juga memiliki banyak keunggulan untuk menjadi tempat bergabung pengurus dan pegiat BUMDes. 

Bumdes.id merupakan wadah atau sarana bertemunya ribuan pengurus BUMDes dalam rangka memperkuat kelembagaan BUMDes.

Bumdes.id sendiri didirikan oleh Komunitas BUMDes untuk memperingati Undang-Undang Desa, peringatan ini didahului dengan diskusi lintas sektoral antara akademisi kampus-kampus di Jogja, pegiat desa, pegiat BUMDes, praktisi keuangan dan ekonomi di Joglo Sekolah BUMDes di Nogotirto Sleman. 

Baca juga: Apa itu BUMDes Bersama?

Kemudian juga menjadi pemrakarsa mengumpulkan ribuan pegiat BUMDes untuk mendeklarasikan Piagam Panggungharjo sebagai piagam komitmen membangkitkan ekonomi Indonesia dari desa melalui organisasi badan usaha bernama BUMDes.

Dari sejarahnya sendiri, dapat dilihat bahwa apabila pengurus-pengurus BUMDes bergabung ke dalam jaringan keanggotaan Bumdes.id.

Maka akan mendapat akses bertemu dan berkomunikasi dengan ribuan pengurus dan pegiat BUMDes se-Indonesia. 

Tidak hanya itu saja, Bumdes.id juga memiliki jaringan multisektor di pemerintah pusat khususnya Kementerian Desa PDTT, Pemerintah Daerah di berbagai tempat di Indonesia.

Akademisi dari ratusan kampus terbaik di Indonesia, praktisi ekonomi dan keuangan dari lembaga-lembaga keuangan terbaik, pekerja media yang siap siaga mendukung dan mendorong BUMDes naik kelas ke tingkat nasional. 

Selain itu Bumdes.id juga memiliki pengalaman panjang dalam proses pendampingan BUMDes-BUMDes di Indonesia, jumlahnya tidak main-main mencapai ribuan. 

Tidak hanya berfokus di Pulau Jawa saja tetapi menyebar dari Sumatera sampai ke Pulau Papua. Bumdes.id pernah ditunjuk Surfaid Nusatani untuk memberikan pendampingan BUMDes di Kabupaten Sumba dan Kepulauan Nias. 

Ditunjuk Bank BRI menjadi pendamping dan penilai Kompetisi Desa Brilian Batch 1,2 dan 3 Tahun 2021 yang melibatkan ribuan desa dari Sabang sampai Merauke. 

Selain itu Bumdes.id juga menjadi pendamping BUMDes dan Desa Kemudo Prambanan, ditunjuk oleh PT. Sarihusada (Danone) untuk menyusun rencana pengembangan badan usaha milik desa. 

Kini BUMDes Kemudo Makmur memiliki omset pendapatan mencapai 3 miliar dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Cerita Pendampingan BUM Desa Sumber Mulyo Desa Sumberejo Kulon Pemenang Desa Brilian Batch 3

Nah, apa saja sih manfaat-manfaat lain jika bergabung ke dalam keanggotaan Bumdes.id? selain manfaat-manfaat jaringan dan pengalaman yang sudah diceritakan di atas? Berikut beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan:

  1. Akses jaringan ke ribuan pengurus BUMDes se-Indonesia. Jaringan adalah ilmu yang sangat mahal. Dengan bertemu jaringan besar anda tidak akan merasa sendirian dalam membangun BUMDes. Anda bisa berkomunikasi dengan BUMDes-BUMDes lain yang telah sukses dan mampu bangkit menumbuhkan ekonomi desanya.
  2. Konsultasi pendampingan kemajuan BUMDes. Bumdes.id memiliki konsultan-konsultan ahli yang berpengalaman dalam mendampingi ribuan BUMDes di Indonesia. Konsultasi meliputi pengembangan tata kelola kelembagaan dan revitalisasi unit usaha, pelatihan penyusunan laporan keuangan BUMDes menggunakan Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDes (SAAB) milik Bumdes.id, pelatihan penyusunan pemetaan bentang potensi alam, sumber daya manusia desa, pelatihan penyusunan proyeksi usaha hingga studi lapangan ke BUMDes-BUMDes sukses dengan omset miliaran rupiah. 
  3. Akses terhadap referensi rujukan berupa buku, data, electronic book yang menyajikan data keberhasilan BUMDes-BUMDes sukses di Indonesia. Sehingga anda bisa belajar dari kegagalan BUMDes lain saat menapak menuju tempat yang lebih tinggi. 
  4. Dukungan tim digitalisasi. Ini adalah salah satu komponen yang sangat dibutuhkan di era pandemi dan transformasi digital. Bumdes.id memiliki tim yang siap melatih pengurus BUMDes untuk go digital melalui berbagai pelatihan. Tim ini sendiri memiliki banyak jam terbang melatih BUMDes, UMKM hingga industri selama masa-masa pandemi hingga sekarang. 

Gimana? Tertarik bergabung dengan Bumdes.id? langsung aja klik tombol login dan isi data-data yang dibutuhkan. Nantinya Anda akan langsung terhubung dengan tim konsultan Bumdes.id. selamat bergabung. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *