Penyebutan BUMDes dalam Payung Hukum Negara

Penyebutan BUMDes dalam Payung Hukum Negara
Penyebutan BUMDes dalam Payung Hukum Negara
Penyebutan BUMDes dalam Payung Hukum Negara

Bumdes.id – Apa itu BUMDes? Bagi kalangan pegiat desa mungkin sudah familiar dengan bentuk badan usaha baru yang didirikan di desa. 

Namun, bagi kalangan publik mungkin belum memahami sepenuhnya bentuk, arti dan fungsi dari badan usaha milik desa secara komprehensif.

Badan usaha milik desa (BUMDes) adalah badan usaha yang didirikan di desa atas amanat undang-undang. Frasa atau kalimat badan usaha milik desa pertama kali muncul dalam Undang-Undang Desa No. 6 Tahun 2014. 

Sejarah kelahiran undang-undang ini sendiri tidak lepas dari keinginan pemerintah Indonesia serta Dewan Perwakilan Rakyat untuk memberikan ruang gerak yang lebih luas bagi desa dalam mensejahterakan warganya. 

Selain itu juga memberikan kesempatan desa dalam mengakses pendanaan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Karena dari payung hukum inilah kemudian muncul amanat dana desa untuk ribuan desa-desa di seluruh Indonesia.

Baca Juga: 4 Faktor Pentingnya SAAB Bagi Perkembangan BUMDes

Lalu apa itu BUMDes? Jika merujuk pada Undang-Undang Desa No. 6 Tahun 2014 pada Bab Pertama, Pasal 1 dan ayat ke 6 disebutkan bahwa BUMDes merupakan badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa.

Melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan guna mengelola aset atau layanan yang digunakan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat desa. 

Secara lebih luas penjelasan apa itu BUMDes dan fungsinya dapat dijabarkan sebagai badan usaha yang mendapat penyertaan modal langsung dari desa. 

Penyertaan modal ini dapat merupakan penyertaan modal aset desa, maupun penyertaan modal dari partisipasi masyarakat desa. 

Ketentuan-ketentuan aturan penyertaan modal, penyusunan peraturan desa dan musyawarah desa diatur dalam pasal dan ayat tersendiri dalam undang-undang yang sama.

Lalu apa fungsi BUMDes dalam sistem perekonomian desa? Tentu sudah jelas dalam penjelasan undang-undang tersebut. 

Baca Juga: Ketahui Enam Sasaran BLT Dana Desa Sesuai Arahan Presiden 

Menjadi badan usaha yang bertujuan mensejahterakan masyarakat desa serta meningkatkan taraf hidup masyarakat desa. 

Bagaimana caranya? Proses menjadikan BUMDes sebagai badan usaha yang bermanfaat bagi perekonomian desa dapat dimulai sejak pendirian BUMDes.

Pendirian BUMDes diatur dalam BAB X Undang-Undang Desa yang terdiri dari empat pasal secara umum menjelaskan proses pendirian BUMDes melalui musyawarah desa dan disahkan dalam peraturan desa. 

Pertanyaan utamanya, mengapa proses pendirian BUMDes ini sangat penting untuk dipahami? 

Pertama, proses pendirian BUMDes melalui musyawarah desa memberi kesempatan dan ruang bagi pemerintah desa dan masyarakat desa untuk mendiskusikan bentuk, arah, karakter, jenis usaha serta permodalan yang akan disuntikkan ke dalam BUMDes. 

Inilah mengapa Musyawarah Desa merupakan forum tertinggi di desa dan juga BUMDes untuk mendesain strategi BUMDes.

Pada musyawarah desa masyarakat dapat memberikan masukan, saran atau kritikan terkait dengan proses pendirian BUMDes, 

Termasuk tidak terbatas mengusulkan adanya penyertaan modal dari masyarakat desa. Jadi, modal dari BUMDes bisa saja dibagi antara modal dari pemerintah desa dan juga investasi dari masyarakat.

Baca Juga: Perhatikan 4 Fokus Utama Penggunaan Dana Desa di Tahun 2022  

Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan bahwa penyertaan modal ini bukanlah penyertaan modal dalam bentuk hitungan saham. 

Melainkan penyertaan modal biasa karena asas BUMDes berbentuk gotong royong dan bukan berbentuk perseroan terbatas.

BUMDes bukanlah perusahaan perseroan terbatas yang modalnya terbagi atas saham, BUMDes adalah badan hukum sendiri khusus yang melibatkan integrasi antara sektor perekonomian desa dengan sistem sosial desa. 

Nantinya kita akan membahas lebih lanjut hal ini dalam Peraturan Pemerintah no 11 Tahun 2021 yang mengatur mengenai status badan hukum BUMDes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *