Prinsip Akuntabilitas Laporan Keuangan BUM Desa

Prinsip Akuntabilitas dalam Laporan Keuangan BUM Desa
Prinsip Akuntabilitas dalam Laporan Keuangan BUM Desa
Prinsip Akuntabilitas dalam Laporan Keuangan BUM Desa

Bumdes.id – BUM Desa memiliki kewajiban untuk melaporkan kondisi keuangannya. Dalam penyusunan laporan keuangan tersebut, harus memenuhi beberapa prinsip. 

Salah satunya adalah prinsip akuntabilitas. Prinsip yang pertama ini berkaitan dengan peraturan, yaitu sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat dan juga kepada pemangku kepentingan. 

Melalui laporan keuangan tersebut, dapat menunjukkan apa yang telah dilakukan BUM Desa atau pertanggungjawaban BUM Desa atas sumber daya yang dipercayakan. 

Baca juga: Ambil Peluang Bisnis BUMDes Melalui Toko Tani!

Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan harus memenuhi empat karakteristik dalam pelaporan untuk dapat dijadikan sebagai pedoman.

Bagi pengguna laporan keuangan dalam membaca, memahami, atau menginterpretasikan laporan keuangan yang disajikan oleh BUM Desa. 

Adapun empat karakteristik laporan keuangan yang harus dipenuhi antara lain yaitu:

  1. Relevan, yaitu informasi yang disajikan dalam laporan keuangan BUM Desa harus dapat mempengaruhi keputusan ekonomi para pengguna laporan.
  2. Andal, yaitu informasi yang disajikan dalam laporan keuangan BUM Desa harus berupa fakta yang jelas dan jujur. Selain itu, informasi yang disajikan sudah terverifikasi sehingga terbebas dari kesalahan, baik itu material maupun non material.
  3. Dapat Dipahami, yaitu informasi yang disajikan dalam laporan keuangan BUM Desa harus dapat dimengerti dan mudah untuk dipahami oleh para pengguna laporan.
  4. Dapat Dibandingkan, yaitu informasi yang disajikan dalam laporan keuangan BUM Desa harus dapat dibandingkan 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *