Peningkatan Usaha BUM Desa Melalui Pelatihan BUMDes

Bumdes.id – Peningkatan usaha BUM Desa melalui pelatihan BUMDes yang bisa diikuti oleh para pengurus BUM Desa seluruh Indonesia

Beberapa BUM Desa memiliki kebingungan dan permasalahan yang cenderung sama terkait dengan keberlangsungan badan usaha milik BUM Desa. 

Banyak desa mendirikan BUM Desa hanya sebatas memenuhi peraturan pemerintah yaitu Undang-Undang Desa tahun 2014. 

Selanjutnya BUM Desa yang telah berdiri ini belum dikelola dengan maksimal sehingga tidak bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. 

Ikuti HALO BUMDes Konsultasi Masalah BUM Desa Gratis

Pada proses inilah Bumdes.id kemudian membuat peta jalan dalam membantu desa-desa dalam melahirkan BUM Desa agar tidak mati suri.

Bumdes.id sebagai aggregator dan komunitas BUM Desa terbesar di Indonesia memiliki program pelatihan BUM Desa, pendampingan pengurus BUMDes dan juga konsultasi BUMDes.

Program-program ini ditujukan bagi pengurus BUM Desa, pemerintah desa, kalangan industri hingga akademisi yang ingin bahu-membahu dalam menyehatkan BUM Desa. 

Pada pelatihan BUMDes, Bumdes.id akan memberikan beberapa materi dasar, manajerial hingga operasional langkah-langkah menyehatkan kembali BUM Desa sehingga bisa lebih optimal. 

Mengembangkan menjadi lebih berkembang, maju dan kemudian tumbuh berkelanjutan .

Pada pelatihan BUM Desa bulan April 2022 ini, Bumdes.id akan mengadakan pelatihan TOT Pendamping BUMDes pada tanggal 21 dan 22 April 2022.

Acara dilakukan secara offline melalui aplikasi Zoom Meeting bersama dengan narasumber berpengalaman dari Tim Bumdes.id. 

Materi-materi yang akan didapat saat pelatihan BUM Desa antara lain:
  1. Materi tata kelola kelembagaan BUM Desa Pasca PP 11 Tahun 2021 yang langsung diberikan oleh Founder Bumdes.id, Rudy Suryanto, materi ini sangat penting mengingat pemerintah telah menerbitkan aturan hukum baru terkait BUM Desa.
  2. Selain itu materi pemetaan bentang alam, bentang usaha dan design thinking proyeksi usaha. Materi ini akan diberikan oleh konsultan Bumdes.id yang berpengalaman dalam mendampingi desa-desa mendirikan BUM desa dari nol hingga berdiri aktif. 
  3. Diberikan juga materi penyusunan SOP Keuangan dan kelembagaan. Materi ini penting bagi pengurus BUM Desa dalam menyusun laporan keuangan BUM Desa sesuai PP 11 Tahun 2021. Selain itu juga akan mendapat pengetahuan penggunaan Sistem Akuntansi Aplikasi BUMDes (SAAB).
  4. Studi lapangan ke BUM Desa-BUM Desa yang telah sukses berdiri. Memiliki unit usaha yang aktif dan mampu memberikan sumbangsih pada Pendapatan Asli Desa (PADes). 

Para peserta pelatihan BUMDes juga akan mendapat satu buku “Peta Jalan BUMDes” yang dapat digunakan sebagai pedoman pendampingan. 

Jika berminat mendaftar pelatihan TOT Pendamping BUMDes periode April 2022 dapat menghubungi melalui nomor berikut ini: https://wa.me/6285772900800  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *