Pelatihan BUMDes Indonesia

Pelatihan BUMDes Menyelesaikan Masalah Utama Tata Kelola BUM Desa
Pelatihan BUMDes Menyelesaikan Masalah Utama Tata Kelola BUM Desa
Pelatihan BUMDes Menyelesaikan Masalah Utama Tata Kelola BUM Desa

Bumdes.id – Pelatihan BUMDes ditujukan kepada pengurus BUM Desa yang ingin menjadikan badan usaha desa naik kelas ke skala nasional.

Hadirnya Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2021 dan juga Permendesa No 3 Tahun 2021 mewajibkan BUM Desa yang ada harus menyesuaikan diri. 

Peraturan ini sejatinya telah disahkan sejak pertengahan pandemi untuk merespon merosotnya ekonomi desa, dengan menjadikan BUM Desa sebagai lokomotif perubahan ekonomi desa.

Pelatihan BUM Desa [ Badan Usaha Milik Desa ] 2022

Melalui pelatihan BUMDes pengurus BUM Desa diharapkan dapat menjadikan BUM Desa sebagai agregator kebangkitan kembali ekonomi desa yang terpuruk. 

Pelatihan ini penting mengingat banyak BUM Desa banyak yang belum maksimal terutama di masa pandemi seperti sekarang. 

Rahasia sukses BUM Desa yang mampu bertahan di masa pandemi antara lain: mampu melakukan adaptasi diri dengan hal-hal baru. 

Memahami hadirnya peraturan pemerintah sebagai sarana mempermudah mengembangkan ekonomi desa, serta mampu menciptakan potensi-potensi usaha baru sebagai sumber penghasilan.

Salah satu BUM Desa sukses yang mampu bertahan di era pandemi adalah BUM Desa Amarta Pandowoharjo Sleman. 

Melalui serangkaian pelatihan BUMDes yang dihelat Bumdes.id, pengurus BUM Desa diberikan.

Pembekalan mengenai wawasan payung hukum, pemahaman mengenai filosofi dan tata kelola BUM Desa.

Serta materi dasar paling penting dalam pelatihan BUMDes adalah pemetaan potensi bentang alam dan bentang usaha, penyusunan SOP keuangan dan laporan keuangan. 

Kemudian tak lupa pula praktek kerja melalui kertas kerja agar pengurus BUM Desa langsung bisa mempraktekkan dengan kondisi lapangannya.

Pengurus BUM Desa Amarta Pandowoharjo kini memiliki berbagai unit usaha yang berkembang pesat justru di masa pandemi. 

Pelatihan BUMDes dari Bumdes.id sukses mendorong Desa Pandowoharjo melejit melalui berbagai anak usaha di bawah kendali BUM Desa antara lain peternakan.

Unit usaha kolam renang hingga terbaru Gapoktan Pendowo Mulyo berhasil memproduksi beras unggulan Sleman yang dijual dalam rantai pasokan produksi nasional. 

Pelatihan BUMDes yang digelar Bumdes.id ditujukan bagi pengurus BUM Desa yang ingin memperbaiki (merevitalisasi) BUM Desanya

Sehingga mampu menjadi akselerator ekonomi desa. 

Apa saja materi-materi yang diberikan dalam pelatihan BUMDes yang diadakan oleh Bumdes.id:

  1. Pelatihan pemahaman filosofi dan tata kelola BUM Desa agar sesuai dengan PP 11 Tahun 2021 dan juga Permendesa No 3 Tahun 2021. Materi ini langsung diberikan oleh Founder Bumdes.id, Rudy Suryanto, M.Acc., Ph.D.
  2. Pelatihan Pemetaan desain thinking, pemetaan bentang alam dan unit usaha BUM Desa. Materi ini bertujuan agar pengurus BUM Desa dapat mengembangkan potensi-potensi unggulan desa.
  3. Pelatihan penyusunan SOP Keuangan dan Laporan Keuangan serta pengenalan Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDes (SAAB). Materi pelatihan BUMDes ini bertujuan agar pengurus BUM Desa dapat menyusun laporan keuangan sesuai dengan PP 11 Tahun 2021. 
  4. Studi lapangan ke lokasi BUM Desa Sukses seperti BUM Desa Amarta Sleman dan BUM Desa Kemudo Prambanan yang berhasil menjadikan BUM Desa sebagai agregator ekonomi desa.

Pelatihan BUMDes yang diadakan Bumdes.id ini digelar setiap bulan di Sekolah BUMDes Nogotirto secara online. 

Peserta akan mendapat satu buah buku “Peta Jalan BUMDes Sukses” karya Rudy Suryanto. 

Jika berminat mengikuti pelatihan BUMDes dapat menghubungi kontak berikut ini atau langsung klik link berikut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *