Konsultasi Bumdes 2022

Pusat Konsultasi Bumdes Jogja
Konsultasi Bumdes 2022
Konsultasi Bumdes 2022

Ikuti konsultasi Bumdes 2022 oleh Bumdes.id yang dilakukan secara offline dan gratis.

Kasus Kasus Bumdes 

Banyak kasus-kasus yang membelit Bumdes dalam setahun terakhir yang memerlukan perhatian serius.

Mulai dari pengurus Bumdes terjerat pidana karena menyalahgunakan uang Bumdes. 

Disusul banyaknya Bumdes-Bumdes mangkrak tak terurus. Masalah-masalah ini dapat terselesaikan jika pengurus Bumdes dan pemerintah desa mau dan mampu belajar untuk mengurus tata kelola Bumdes melalui konsultasi Bumdes.

Program konsultasi Bumdes akan membantu pengurus Bumdes dan pemerintah desa dalam memitigasi risiko yang terjadi dengan pengelolaan Bumdes. 

Sistem ini sama halnya dengan perlakukan pengawasan yang dilakukan oleh Badan Pengawas Keuangan (BPK) dan Inspektorat yang mengawasi pengelolaan keuangan negara dari ranah hulu hingga hilir.

Bumdes juga bisa melakukan yang sama dengan melalui konsultasi Bumdes.

Menurut Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), perangkat pengurus Bumdes dan desa dapat berkonsultasi terlebih dahulu kepada BPKP dalam menjalankan program kerja di desa.

Selain itu konsultasi Bumdes juga dapat dilakukan kepada Kementerian Desa PDTT atau konsultan-konsultan berpengalaman dari Bumdes.id.

Agregator dan pusat pelatihan Bumdes yang telah berpengalaman dalam mendampingi ribuan Bumdes di Indonesia. 

Penyelesaian Masalah Bumdes

Bagaimana menyelesaikan masalah Bumdes agar terhindar dari kasus korupsi dan penyalahgunaan wewenang pengurus di bidang kelembagaan, usaha dan keuangan? Jawabannya adalah melakukan re-skilling atau up-skilling pengurus Bumdes dan aparatur pemerintah desa.

Pemerintah desa adalah roda eksekutif yang menjalankan pemerintahan di desa, sementara di bidang legislatif terdapat Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Kedua badan ini perlu mendapat pendidikan dan pelatihan mengenai Bumdes melalui konsultasi Bumdes agar pengawasan terhadap roda Bumdes bisa berjalan dengan baik.

Ketika melalui konsultasi Bumdes, pengurus BPD dapat memahami roda pengelolaan Bumdes. Maka program pengawasan BPD terhadap Bumdes dapat berjalan dengan baik.

Anggota-anggota BPD dapat memahami program kerja Bumdes, alur keuangan Bumdes dan bahkan sop penyusunan keuangan Bumdes. 

Konsultasi Bumdes melayani program pelatihan dan pendidikan seluk-beluk Bumdes yang dapat diakses oleh siapapun termasuk pengurus BPD, masyarakat desa yang concern dengan pengembangan Bumdes dan bahkan aktivis masyarakat.

Bumdes adalah organ badan usaha yang memliki kepentingan publik dan bertanggungjawab kepada publik, maka sudah seharusnya diawasi oleh publik.

Maka melalui konsultasi Bumdes, publik dapat memahami Bumdes dan melakukan pengawasan dengan baik.  

Pusat Konsultasi dan Pelatihan Bumdes

Agar pengetahuan pengurus Bumdes, perangkat desa dan masyarakat desa dapat berkembang dengan baik mengenai tata kelola Bumdes. Maka mengikuti konsultasi Bumdes oleh Bumdes.id merupakan sebuah pilihan rasional. Anda bisa mengikuti program konsultasi Bumdes dengan dua jenis pilihan:

  1. Konsultasi Bumdes melalui Halo Desa/Halo Bumdes. Konsultasi Bumdes dengan jenis ini dapat dilakukan melalui aplikasi zoom setiap hari jum’at di akhir pekan bersama dengan Konsultan-Konsultan Bumdes.id yang berpengalaman mendampingi ribuan Bumdes di Indonesia. reservasi konsultasi Bumdes melalui Halo Bumdes dapat melalui nomor berikut ini: 085772900800.
  2. Pelatihan Training of Trainers (TOT) yang merupakan konsultasi Bumdes secara tatap muka di Sekolah Bumdes Nogotirto Sleman. Peserta akan mendapat serangkaian materi dan sharing bersama praktisi Bumdes antara lain Pendiri Bumdes.id, Direktur Bumdes di Yogyakarta dan Lurah Desa yang sukses mengelola Bumdes. TOT reguler diadakan setiap bulan dan cara mendaftarnya melalui nomor berikut ini: 085772900800.

Bagi anda yang berminat untuk melakukan konsultasi BUMDes dapat menghubungi Tim Sekretariat Bumdes.id di: 0857-7290-08000878-0590-0800.

Download PDF Proposal Pendampingan Bumdes Di Sini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *