Filosofi BUMDES dan Teknik Fasilitasi

Training of Trainers Pendamping Bumdes
Training of Trainers Pendamping Bumdes

 

TOT BUMDES angkatan 3 yang diadakan di Ruang Tengah Syncore yang dilaksanakan pada tanggal 24 sampai 26 Agustus 2017 dengan materi yang diberikan berkaitan dengan pembentukan dan penguatan BUMDES. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai filosofi dan teknik fasilitasi oleh Bapak Rudy Suryanto.SE.,M.Acc.,Ak.,CA yang antara lain membahas mengenai:

  1. Apa itu BUMDES? Badan Usaha Milik Desa yang selanjutnya disebut BUM Desa adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa.Selama masih ada orang didalam desa maka desa tersebut masih memiliki potensi. Potensi tersebut dapat berupa, makanan, minuman, baju atau keperluan yang dibutuhkan manusia. Pengelola BUMDES harus mempunyai jiwa bisnis yang dapat melihat potensi dari setiap permasalahan, karena BUMDES sudah memiliki pasar dan aset. Pilihlah usaha yang berpotensi lokal karena bahan baku dapat didapat dari desa dan desa memiliki sumberdaya lokal (SDM) yang dapat diberdayakan
  2. Mengapa desa belum membentuk BUMDES? hal tersebut dapat disebab kan karena: Bingung untuk memulai, trauma, kesulitan SDM, tidak terdapat potensi, dan tidak tahu.
  3. Proses pendirian BUMDES: Sosialisasi warga pendirian BUMDES, Pembentukan tim persiapan pendirian BUMDES, Pemetaan potensi dan pemelihan jenis usaha, Penyusunan rancangan PERDES, AD/ART dan BUMDES, Persiapan pelaksanaan MUSDES.
  4. Filosofi BUMDES  menggunakan pilar ekonomi pancasila yang antara lain: Nilai-nilai luhur, kemanusiaan, persatuan, musyawarah dan sosial.

Kami, bumdes.id dan Sekolah Bumdes, selalu terbuka untuk sahabat sekalian, sebagai upaya percepatan pembangunan desa, pengembangan BUMDes, sahabat sekalian dapat berkunjung ke Sekolah Bumdes. Kami juga memiliki berbagai program Kelas yang dapat menjadi upaya percepatan pembangunan dan pengembangan Desa dan Bumdes.

Mendirikan BUMDes bukanlah suatu perkara yang mudah. Ada step by step yang harus dilalui, mulai dari Musyawarah Desa, terbitnya Peraturan Desa, membuat AD/ART, dan juga mengembangkan potensi atau masalah di desa menjadi peluang usaha BUMDes. Lantas, bagaimana agar BUMDes bisa survive dan berkembang sukses? Jawabannya adalah pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk seputar BUMDes, maka perlu mengadakan pendidikan dan kelas yang serius dan khusus.

Kami di Sekolah BUMDes memiliki program khusus untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan BUMDes dengan materi-materi yang sudah kami bagikan ke dalam beberapa kelas yang telah tersedia, antara lain: 1. Kelas Peta Jalan Bumdes , 2. Kelas Tipologi dan Model Bisnis Bumdes (Seri Penguatan Manajemen Bumdes), 3. Kelas Pola Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi Bumdes.

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀. (Ariyanto/Bumdes.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *