Haruskah Akta Notaris Untuk Pendirian Bumdes?

Pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) diatur dalam Permendesa No 4 Tahun 2015 Tentang Bumdesa. Pasal 4 dari permendes ini berisimenyatakan bahwa:

Pasal 3

Desa dapat mendirikan BUM Desa berdasarkan Peraturan Desa tentang Pendirian BUM Desa
(2) Desa dapat mendirikan BUM Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dengan mempertimbangkan:
a. inisiatif Pemerintah Desa dan/atau masyarakat Desa;
b. potensi usaha ekonomi Desa;
c. sumberdaya alam di Desa;
d. sumberdaya manusia yang mampu mengelola BUM Desa; dan
e. penyertaan modal dari Pemerintah Desa dalam bentuk pembiayaan dan kekayaan Desa yang diserahkan untuk dikelola sebagai bagian dari usaha BUM Desa.

Pasal ini mengemukakan bahwa pendirian Bumdes maupun unit-unit usaha dari Bumdes tidak mengharuskan adanya akta notaris, yang diperlukan hanya Perdes (Peraturan Desa). Akta notaris hanya diperlukan jika Bumdes akan berbentuk badan hukum Perseroan Terbatas (PT), jika tidak Perdes saja sudah cukup untuk mendirikan Bumdes beserta unit-unit usahanya.

5 Komentar

  1. Bumdes kami punya unit yg ingin mengelolah bbm bersubsidi.apa syarat dan ketentuan yg hrs di lengkapi dan seperti apa proses mendapatkan ijin bbm bersubsidi.unit usaha kami dulu bernama spbu mini sehingga sngat sulit proses mndapat ijin..sekarang di ganti pom mini.

    1. Bisa kunjungi website pertamina pak. PT Pertamina (Persero) itu pny program, ada Pertashop, dan ini baru d lingkup BUMDes-BUMDes di Sukabumi. Pertamina hadir mendukung program pemberdayaan masyarakat di sejumlah daerah terpencil di Sukabumi melalui Pertashop. Keberadaan Pertashop diharapkan memudahkan masyarakat mendapatkan akses terhadap layanan One Stop Pertamina Product yaitu BBM, LPG dan Pelumas Pertamina. Salah satu BUMDes yang sudah mengelola pertashop adalah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Terus Jaya Sehati di Desa Sukajaya, Sukabumi. Jadi, untuk pertashop saat ini lingkupnya masih di Sukabumi.

    2. Dan klu utk unit usaha BBM yg dkelola BUMDes, alangkah lebih baikny kerjasama dgn Pertamina pak. Contohny seperti Pertashop td. krn Pertamina mmng menggandeng BUMDes.tp memang saat ini lingkupnya Sukabumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *