BUMDes Cipta Mandiri: Terus Berinovasi Untuk Kemajuan Desa

Bumdes Cipta Mandiri

Bumdes Cipta Mandiri

BUMDes.id Mari memetik pelajaran dari inovasi yang dilakukan oleh Bumdes Cipta Mandiri. Bumdes Cipta Mandiri adalah salah satu BUMDes yang berasal dari Desa Hanum, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap. BUMDes ini memiliki prestasi yang patut dibanggakan dan dijadikan inspirasi bagi BUMDes lain.

BUMDes  yang resmi berdiri pada Maret 2017 ini menjalankan berbagai usaha, mulai dari perdagangan, penyewaan (tratag, alat pesta dan pernikahan, stemper molen, mesin kontruksi, hingga traktor dan alat pertanian), pertanian, hingga pelayanan jasa pembayaran fotocopy. Tidak berhenti sampai disitu, tahun ini BUMDes Cipta Mandiri juga akan membuka unit usaha baru berupa Bumdesamart dan Wisata Edukasi Pertanian.

Salah satu usaha yang membawa manfaat besar adalah usaha bidang pertanian. Hal ini terbukti dari keikutsertaan BUMDes Cipta Mandiri dalam beberapa acara pameran produk unggulan desa, dengan membawa produk-produk unggulan hasil pertanian seperti gula aren dan cabe merah. Dalam acara Pameran Dan Lelang Hasil Pertanian di Suropadan Temangung, Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sanjojo bahkan telah melihat langsung produk unggulan BUMDes Cipta Mandiri.

Keberhasilan BUMDes ini tentu saja tidak dirasakan sendiri oleh BUMDes, tetapi juga oleh warga desa. Dalam menjalankan bisnis pertanian BUMDes Cipta Mandiri bekerjasama dengan kelompok tani yang sudah lebih dulu ada di desa. Saat kelompok tani melakukan pengolahan lahan dan penanaman, BUMDes i mengambil peran dalam pengadaan pupuk, benih, dan promosi serta pengelolaan kawasan. Dengan demikian, BUMDes tidak mengambil alih usaha warga, tetapi justru memaksimalkan hasilnya.

Melalui wawancara singkat tim Bumdes.id kepada, bendahara BUMDes Cipta Mandiri, Bapak Agus Triadhi, dikemukakan bahwa keberhasilan ini dapat dicapai karena adanya keseriusan pendamping desa, kepala desa, dan pengurus BUMDes dalam melakukan upaya meningkatkan perekonomian desa.

Bapak Agus Triadhi juga mengemukakan bahwa pendirian BUMDes tidak selalu berjalan mudah. Salah satu alasannya adalah adanya anggapan bahwa BUMDes akan berakhir seperti program-program pemberdayaan desa sebelumnya, mengingat rekam jejak KUD dan simpi UPK yang gagal. Tetapi dengan adanya komitmen yang kuat dari BUMDes, pendamping desa dan Kades dalam meyakinkan masyarakat, bahwa dengan jiwa muda yang berjiwa usaha dan pemanfaatan teknologi BUMDes dapat berhasil.

Bapak Agus Triadhi juga mengungkapkan harapannya agar BUMDes Cipta Mandiri bisa benar benar mencapai tujuannya, yaitu jadi motor ekonomi desa. Selain itu, beliau juga mengemukakan harapan untuk pemerintah untuk lebih serius lagi dalam memberi keleluasan bUMDes dalam bergerak.

Wah, salut ya untuk BUMDes Cipta Mandiri, Pemerintah Desa, dan Pendamping Desa yang berjuang dengan sepenuh hati untuk kemajuan desa. Hasilnya? Desa Hanum memiliki predikat desa inovasi di kabupaten cilacap! Hal ini menunjukkan bahwa BUMDes dapat dijadikan sarana inovasi yang tentunya dapat secara nyata mengangkat ekonomi masyarakat!

Kami, bumdes.id dan Sekolah Bumdes, selalu terbuka untuk sahabat sekalian, sebagai upaya percepatan pembangunan desa, pengembangan BUMDes, sahabat sekalian dapat berkunjung ke Sekolah Bumdes. Kami juga memiliki berbagai program Kelas yang dapat menjadi upaya percepatan pembangunan dan pengembangan Desa dan Bumdes.

Mendirikan BUMDes bukanlah suatu perkara yang mudah. Ada step by step yang harus dilalui, mulai dari Musyawarah Desa, terbitnya Peraturan Desa, membuat AD/ART, dan juga mengembangkan potensi atau masalah di desa menjadi peluang usaha BUMDes. Lantas, bagaimana agar BUMDes bisa survive dan berkembang sukses? Jawabannya adalah pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk seputar BUMDes, maka perlu mengadakan pendidikan dan kelas yang serius dan khusus.

Kami di Sekolah BUMDes memiliki program khusus untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan BUMDes dengan materi-materi yang sudah kami bagikan ke dalam beberapa kelas yang telah tersedia, antara lain: 1. Kelas Peta Jalan Bumdes , 2. Kelas Tipologi dan Model Bisnis Bumdes (Seri Penguatan Manajemen Bumdes), 3. Kelas Pola Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi Bumdes.

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀. (Ariyanto/Bumdes.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *