Mengapa Laporan Keuangan BUM Desa itu Penting?

Laporan keuangan secara sederhana adalah informasi keuangan sebuah entitas yang dapat digunakan sebagai bahan monitoring dan evaluasi atas kinerja entitas dalam suatu periode tertentu. BUM Desa sebagai Badan Usaha Milik Desa harus membuat laporan keuangan yang akuntable dan transparan. Dengan adanya laporan keuangan, para pemimpin atau manajemen dapat melihat lebih jelas kondisi keuangan BUM Desa berdasarkan data-data aktual mengenai kondisi BUM Desa. BUM Desa yang baik tentunya harus memiliki sistem pelaporan keuangan yang baik dan tertata. Mengapa? Karena laporan keuangan tersebut yang nantinya sebagai bahan pertimbangan atas kinerja dari pengelola BUM Desa. Bagaimana laporan keuangan yang baik untuk BUM Desa?

Umumnya sistem pelaporan keuangan BUM Des memiliki kesamaan dengan lembaga usaha atau UMKM. BUM Desa harus mencatat dengan runtut setiap transaksi-transaksi yang di input kedalam sistem akuntansi yang sederhana.

Sistem akuntansi yang seperti apa agar sederhana?

Sistem akuntansi dapat diartikan sebagai suatu pola yang saling berkaitan sebagai suatu sistem yang input dan output laporannya dapat di pahami dengan mudah. Sistem akuntansi tersebut dinamakan SAAB. sistem akuntansi SAAB merupakan aplikasi berbasis kas. Oleh sebab itu sistem ini sangat user friendly yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

Dengan adanya sistem laporan keuangan yang sederhana diharapkan masyarakat desa sebagai pengelola bumdes dapat membuat laporan keuangan yang baik dan jujur. Mengapa demikian? Karena laporan keuangan BUM Desa akan digunakan oleh berbagai pihak. Laporan keuangan BUM Desa umumnya terdiri dari laporan laba rugi, laporan arus kas, neraca, dan catatan atas laporan keuangan (calk).

Mengapa Laporan Keuangan BUM Desa itu penting?

  1. Laporan keuangan dapat menginformasikan setiap perkembangan omzet dari setiap periode tertentu.
  2. Informasi laporan keuangan dapat digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan atas capaian yang ditargetkan pada suatu periode tertentu.
  3. Laporan keuangan penting untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dana BUMDes sudah baik atau belum.

Kesimpulannya laporan keuangan dapat dikatakan sebagai suatu informasi yang sangat penting dalam pengelolaan BUM Desa. Maka setiap bumdes wajib menyediakan laporan keuangan setiap periodenya.

Salam Bumdesa!

1 Komentar

  1. Saya sedang melakukan penelitian yang berhubungan dengan laporan keuangan bumdes.. tapi belum ada bumdes yang bersedia untuk menginformasikan data laporan keuangan karena alasan tertentu. Mohon informasi… BUMDes mana di Jateng dan DIY yg bersedia memberikan data laporan keuangan.
    Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *