Wisata Embung Koto Ranah Menjawab Kebutuhan Rekreasi Masyarakat Koto Ranah

Berbeda dengan masyarakat di Nagari (Desa) Koto Ranah, Kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, bukan lah hal yang sulit bagi sebagian orang untuk menemukan sarana rekreasi terdekat yang dapat dikunjungi di kota-kota besar. Untuk dapat mencapai sarana rekreasi terdekat masyarakat Koto Ranah setidaknya harus menempuh perjalanan selama 1,5 jam itu pun sarana rekreasinya hanya berupa kolam renang umum.

Berangkat dari besarnya keinginan masyarakat akan hiburan yang tidak disertai dengan adanya sarana rekreasi di desa membuat pengurus Bumnag Koto Ranah Sakti menjadikan kekurangan ini sebagai sebuah kesempatan untuk membangun sebuah bisnis. Hanya dengan memanfaatkan sebuah rawa terbengkalai di pinggir jalan Bumnag Koto Ranah Sakti berhasil memenuhi kebutuhan rekreasi masyarakat desa yang selama ini ditunggu-tunggu. Pada pertengahan 2016 dengan memanfaatkan momen libur lebaran, Bumnag Koto Ranah Sakti mencoba melihat seberapa besar antusiasme masyarakat dengan menghadirkan wahana sepeda air. Tercatat dalam 10 hari libur lebaran 2016 tiket wahana saat itu terjual sampai 1.700 tiket dengan harga yang cukup murah yaitu Rp 10.000,00 saja.

Yang menarik dari pembangunan kawasan wisata ini adalah penanaman modal tidak sepenuhnya berasal dari Pemerintah Desa. Berdasarkan penuturan Agus Wirawan, Ketua Bumnag Koto Ranah Sakti, dalam membangun kawasan wisata ini masyarakat desa diajak untuk turut menanamkan modalnya dengan sistem pembelian saham yang dijual seharga Rp 50.000,00 per lembar. Proporsi nya pun juga cukup besar yaitu 20% berasal dari masyarakat desa dan 80% berasal dari Pemerintah Desa. Selain mengajak masyarakat untuk menanamkan modalnya, Bumnag Koto Ranah Sakti juga menggandeng Pemuda Karang Taruna dan Linmas untuk menjaga keamanan dan ketertiban kawasan wisata.

Melihat keberhasilan Wisata Tirta Koto Ranah membuat “rawa” ini dilirik oleh Pemerintah Pusat hingga kini tempat yang dulu dikenal sebagai rawa biasa bertransformasi menjadi sebuah embung. Kini, wisata yang terkenal sebagai Wisata Embung Koto Ranah pun mulai mengembangkan usahanya dengan menghadirkan wahana-wahana seru lainnya seperti water ball, kolam renang anak, dan kolam pemancingan. Fasilitas umum seperti toilet dan musholla juga mulai dibangun demi kenyamanan para pengunjung. Berkat pembangunan tersebut embung ini pun kini dijadikan lokasi “Mancing Mania Sumbar Jambi”. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 8 Januari 2018 lalu dimana pesertanya mencapai 350 orang dan direncanakan akan menjadi agenda tahunan di Embung Koto Ranah. Tidak berhenti sampai di situ, rencananya pada tahun 2018 ini Bumnag Koto Ranah Sakti juga akan menambahkan wahana outbond, balon udara, dan penambahan kolam renang dewasa.

Sukses untuk Bumnag Koto Ranah Sakti!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *