Apa itu AD/ART dan apa manfaatnya dalam BUM Desa?

Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga atau yang biasa disebut AD/ART adalah suatu dokumen yang menjadi landasan operasional dalam BUM Desa. Di dalam AD/ART mencakup segala hal yang dibutuhkan dalam pembentukan suatu BUM Desa seperti nama BUM Desa, Visi, Misi, Tujuan Pokok, Fungsi, Struktur Organisasi, sampai ke bidang usaha apa yang dijalankan dan dari mana saja yang memberikan modal dalam usaha tersebut. AD/ART dibentuk sebelum diadakan nya musyawarah desa dan AD/ART akan sah apabila telah di sah kan dalam musyawarah desa.

Anggaran Dasar (AD) berisikan pasal-pasal umum yang mengatur tentang sebuah BUM Desa. Misalnya saja landasan BUM Desa, tata cara pemilihan pengurus BUM Desa, sumber dana BUM Desa, Tujuan dan fungsi BUM Desa, sampai keuangan harus tercantum dalam Anggaran Dasar (AD). Pada Anggaran Dasar akan di paparkan semua permasalahan yang terkait definisi dan menjadi acuan dasar dalam pembentukan BUM Desa.

Anggaran Rumah Tangga (ART) lebih mengarah atau menjadi petunjuk teknis dalam BUM Desa. Dalam ART berisikan penjelasan – penjelasan yang lebih rinci dari Anggaran Dasar (AD), isi dalam Anggaran Rumah Tangga (ART) biasanya berupa wewenang ketua BUM Desa, pembubaran BUM Desa, syarat – syarta keanggotaan BUM Desa, atribut BUM Desa dan lain – lain. Anggaran Rumah Tangga (ART) menjadi sebuah peraturan yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pada BUM Desa.

Manfaat dalam pembentukan AD/ART adalah sebagai landasan dimana setiap kegiatan yang dilakukan dalam BUM Desa terdapat dalam AD/ART yang telah dibuat sebelumnya. AD/ART juga dapat disebut sebagai acuan kita dalam bekerja, AD/ART menjadi panduan dasar dan batasan yang akan dilakukan oleh para anggota dan pengurusnya.

Acuan ini berlaku sampai setiap anggota BUM Desa tersebut menyepakati untuk merubah AD/ART yang telah ada menjadi AD/ART yang baru. Pembaruan AD/ART biasanya dilakukan setiap satu tahun sekali. Sebagai landasan, segala sesuatu yang dikerjakan dalam BUM Desa jangan sampai melenceng dari AD/ART, agar BUM Desa mencapai tujuan yang telah direncanakn.

Sahabat BUMDes dapat mencari refrensi tentang AD/ART jika masih bingung, dapat Mendowload Contoh AD ART BUMDes namun perlu diingat, AD/ART dibuat dari musyawarah bersama, sehingga jangan melakukan duplikasi atau meniru utuh dari contoh AD/ART yang ada di internet.

Mari mengembangkan Desa Kita, melalui Badan Usaha Milik Desa, kami melalui Sekolah BUMDes memberikan pelatihan dan pendidikan untuk peningkatan Sumber Daya Manusia, yang siap mengelola Badan Usaha Milik Desa, untuk Informasi program dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀. (Ariyanto/Bumdes.id)

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *