Pelatihan BUMDes Angkatan 16 Bumdes.id Digelar 27-28 Maret, Buruan Mendaftar!

Bumdes.id kembali akan menggelar Pelatihan BUMDes Angkatan 16. Ini adalah Pelatihan BUMDes dengan standar Training on Trainer. Jadi para pesertanya dijamin bakal mendapatkan pengetahuan dan kemampuan menjadi Trainer di lingkungan desa maupun wilayahnya.

Pelatihan BUMDes Angkatan-16 akan dihelat pada 27-28 Maret 2019 bertempat di Gedung Syncore Jl. Solo, KM 9,7 Yoyakarta. Pelatihan ini secara digelar Bumdes.id sebagai cara Bumdes.id mendorong pertumbuhan BUMDes di seluruh Indonesia. Soalnya, para peserta akan memiliki kemampuan menjadi trainer di daerahnya.

Materi pada Pelatihan BUMDes ToT ini bakal menyeluruh mulai dari Filosofi BUMDes hingga berkunjung ke desa yang telah dipilih. Tak hanya mendapatkan materi di kelas dan berdikusi di dalam ruangan, ToT yang dikembangkan Bumdes.id akan membawa Anda langsung melihat dan berdiskusi dengan para pegiat BUMDes di desa kunjungan.

Desa yang dikunjungi salahsatunya adalah Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Terletak di sebelah selatan Kota Jogja yang masyhur dengan budayanya, ini adalah Desa Terbaik Nasional 2014. Desa ini memiliki banyak program berkenaan dengan sistem administrasi pemerintahan desa hingga masalah manajemen keuangan.

Dalam hal BUMDes, Panggungharjo yang memiliki BUMDes bernama Panggung Lestari ini, dikenal sebagai Desa yang sangat inovatif dan kreatif. Kenapa Inovatif, karena BUMDes ini mampu menciptakan unit usaha dengan cara yang belum dilakukan desa lain sebelumnya. Misalnya melahirkan Swadesa, toko yang menjual murni produk desa.

Beberapa tahun ini Panggung Lestari juga sukses mengelola Kampoeng Mataraman, sebuah rumah makan bertema tradisional yakni menyuguhkan suasana pedesaan khas Jogja yang dahulu kala adalah Kerajaan Mataram. Tak hanya menyedot orang-orang yang hendak menjamu rekan, keluarga atau temannya, Kampoeng Mataraman juga berhasil membranding diri sebagai tempatnya pada pegiat desa berkumpul mempertemukan berbagai ide kreatif mereka mensejahterakan desa.

Para pembicara Pelatihan ini juga tidak main-main. Rudi Suryanto, Konsultan Senior Syncore yang juga Master Trainer BUMDes bakal menjadi pemateri untuk menjelaskan filosofi BUMDes. Wahyudi Anggoro Hadi, Kepala Desa Panggungharjo akan memapar bagaimana mengelola pemerintah desa-nya sehinga menyabet gelar Terbaik Nasional. Wahyudi juga akan mengungkap kiat mengelola BUMDes sehingga bisa menghasilkan pendapatan Rp 5, 2 Miliar per tahun dan membuka ratusan lapangan kerja bagi warganya.

Keunggulan ToT Bumdes.id lainnya adalah materi Manajemen Keuangan BUMDes. Bumdes.id selama beberapa tahun ini telah merancang bangun program khusus yang akan mempermudah BUMDes mengelola keuangannya sejak awal berdiri. Software keuangan ini bakal dengan cepat dan gamblang menggambarkan berbagai persoalan keuangan BUMDes jika digunakan. Mulai dari menghitung operasional hingga berhitung berapa jumlah keuntungan yang didapatkan BUMDes.

Kenapa Manajemen Keuangan BUMDes menjadi tema penting, karena selama ini ada banyak BUMDes yang tidak menganggap masalah keuangan sebagai bagian yang penting sehingga mereka menjalankan manajemen keuangan dengan cara yang konvensional. Hasilnya?

Ada banyak BUMDes yang baru sadar pada akhir tahun bahwa selama setahun beroperasi mereka bukannya untung melainkan malah buntung. Itu karena manajemen keuangan dianggap mudah dan tak penting. Software keuangan buatan Bumdes.id bisa mencegah BUMDes Anda agar tak perlu disebut merugi.

Jadi, daftarkan segera diri Anda mengikuti pelatihan ini.  Pendaftaran terakhir calon peserta Pelatihan BUMDes Angkatan 16 adalah 23 Maret 2019. Ingat kursi peserta terbatas jadi Anda harus segera mendaftar agar tidak perlu menyesa karena tidak kebagian kursi.  Tunggu apalagi?*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *