Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi Desa

Perekonomian suatu negara menjadi salah satu tolak ukur kemakmuran dan kesejahteraan. Pun, di desa perekonomian menjadi bagian tak terpisahkan dari tolak ukur kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat desa.

Karenanya, diperlukan upaya untuk membangun perekonomian di desa. Hal, ini ditandai dengan kewenangan desa dalam mengatur pemerintahan dan perekonomian secara mandiri. Melalui UU Desa, masyarakat desa memiliki kewenangan untuk melakukan usaha-usaha sebagai upaya pembangunan ekonomi desa. Sebenarnya seperti apa  konsep pembangunan ekonomi desa dan indikator pembangunan ekonomi desa?

Pembangunan ekonomi desa dapat dimaknai sebagai upaya dan proses untuk memperbaiki kondisi kehidupan di suatu wilayah, dengan tujuan terjadi pemerataan di wilayah tersebut. Pembangunan ini meliputi kondisi kehidupan sosial dan ekonomi.

Pembangunan ekonomi desa identik dengan pembangunan sarana dan prasarana pendukung sektor pertanian. Hal ini, menjadi wajar mengingat sektor pertanian menjadi sektor ekonomi andalan masyarakat di pedesaan.

Akan tetapi, dalam upaya pembangunan ekonomi desa, sebaiknya tidak hanya menjadikan sektor pertanian sebagai tolak ukur pembangunan. Hal ini, harus juga menyesuaikan dengan kondisi dan perkembangan di masa mendatang, mengingat banyak sektor yang mulai menjadi lapangan pekerjaan di desa yang perlu mendapat perhatian.  Karenanya diperlukan indikator dalam pembangunan ekonomi desa, berikut adalah indikator yang dapat digunakan.

Infrastruktur Desa Yang Baik

Infrastruktur menjadi indikator pertama dalam pembangunan ekonomi desa. Hal ini meliputi akses jalan di sekitar desa dan menuju desa. kemudahan akses jalan ini menjadikan desa mendapatkan akses berkegiatan ekonomi lebih mudah dengan desa lain atau wilayah lain, dalam mengangkut atau memasarkan produk mereka.

Karenanya pembangunan infrastruktur yang baik, menjadi indikator penting dalam usaha pembangunan ekonomi desa.

Fasilitas Umum Yang Memadai

Guna mendukung pertumbuhan ekonomi desa, maka fasilitas umum di desa harus memadai. Fasilitas umum yang dimaksud adalah fasilitas yang mendukung dan menunjang aspek kehidupan masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi. Fasilitas ini di antaranya adalah; keberadaan pasar desa sebagai wadah terjadinya transaksi ekonomi.

Selain fasilitas yang mendukung keberlangsungan ekonomi, fasilitas lain yang berperan penting dalam pembangunan ekonomi adalah ketersediaan fasilitas seperti sekolah, puskesmas, balai pelatihan dan lain sebagainya.

Kemudahan Dalam Akses Informasi

Informasi menjadi sangat penting dalam erak digitalisasi dan keterbukaan. Maka, akses informasi yang baik bisa menjadi langkah dalam memajukan perekonomian desa, karena melalui informasi yang tersedia masyarakat dapat belajar dan mengembangkan potensi yang mereka miliki.

Maka, indikator pembangunan ekonomi desa bisa dilihat dari bagaimana informasi masuk di desa tersebut. Apakah sudah baik atau belum. Bagaimana upaya, memberikan informasi kepada masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah desa. bagaimana mereka mengelola informasi yang baik untuk masyarakat desa, dan lain sebagainya.

Kualitas Sumber Daya Manusia

Kualitas sumber daya manusia, adalah indikator dalam pembangunan ekonomi. Sumber Daya Manusia yang unggul, dapat dilihat dari tingkat pendidikan, tingkat keterampilan dalam pekerjaan, tingkat pemahaman terhadap informasi.

Dengan sumber daya yang unggul, desa akan lebih mudah melakukan inovasi baik inovasi oleh warga masing-masing, atau inovasi bersama dalam membangun desa. Maka, menjadi penting meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan.

Tingkat Pendapatan Penduduk

Tingkat pendapatan penduduk, tentu saja menjadi indikator dari keberhasilan dalam pembangunan ekonomi desa. Pendapatan penduduk apakah sudah sesuai dengan kebutuhan, atau masih berada di bawah rata-rata.

Tingkat pendapatan penduduk yang merata, menjadi contoh keberhasilan pembuangan ekonomi yang merata di sebuah desa.

Dari kelima indikator tersebut, bisa menjadi acuan bagaimana melihat proses pengembangan ekonomi desa di desa Anda. Sejauh mana keberhasilan desa Anda dalam indikator tersebut. Semoga bermanfaat. [ Ryan Stori ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *