Desa Silau Rakyat Berhasil Memproduksi Gula Merah dari Pohon Sawit

Desa Silau Rakyat yang terletak di Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, adalah salah satu kawasan industri perkebunan kelapa sawit. Sejak lama warga desa telah menggantungkan perekonomian mereka dengan bekerja menjadi buruh di perkebunan kelapa sawit, ada juga masyarakat yang memiliki perkebunan kelapa sawit secara mandiri atau secara berkelompok.

Pohon kelapa sawit memiliki masa produktif, ketika tidak lagi produktif maka pohon kelapa sawit akan dilakukan proses penanaman kembali atau replanting. Proses ini dengan cara melakukan penebangan pohon tua yang sudah tidak produktif, dengan bibit baru.

Di Desa Silau Rakyat, industri perkebunan kelapa sawit mulai memasuki masa tua atau masa tidak produktif, sehingga mulai dilakukan replanting. Umumnya proses ini hanya dengan melakukan penebangan dan kemudian melakukan penanaman kembali. Sehingga batang pohon kelapa sawit tidak dimanfaatkan lebih jauh, hanya dibiarkan hancur terurai.

Ketersediaan pohon kelapa sawit tua dari proses replanting ini kemudian memunculkan ide untuk melakukan inovasi yang lebih bermanfaat dan berdaya guna. Masyarakat di Desa Silau Rakyat kemudian mencoba berinovasi dengan memanfaatkan batang pohon sawit sebagai bahan baku gula merah.

Pengetahuan masyarakat akan kandungan pada batang pohon sawit yang kaya kadar air yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan gula merah, menjadikan Desa Silau Rakyat sebagai desa penghasil gula merah yang dapat memasok tidak hanya wilayah kabupaten, tapi sampai luar provinsi.

Keberadaan pohon sawit tua yang akan direplanting cukup melimpah, dari satu batang pohon sawit dapat menghasilkan 600 liter bahan baku gula merah. Sehingga dari sisi bahan baku dalam proses produksi cukup murah dan mudah didapatkan. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan, dan bermanfaat dibanding dengan sebelumnya yang hanya dibiarkan begitu saja tanpa ada upaya pemanfaatan.

Proses pengolahan gula merah berbahan utama air batang kelapa sawit cukup mudah. Pertama yaitu dengan melakukan penyadapan terhadap pohon kelapa sawit yang telah memasuki masa tidak produktif dan siap untuk direpalnting. Selanjutnya air kelapa sawit tersebut direbus sampai mengental, kemudian ditambah air tebu atau gula pasir sebagai penguat rasa manis, setelah mengental dan siap, kemudian dicetak, lalu menunggu proses pengeringan atau pengerasan. Setelah siap, kemudian dikemas dan siap di kirim ke pemasar.

Inovasi pemanfaatan batang pohon sawit menjadi gula merah ini, telah menciptakan setidaknya 30 industri rumahan gula merah sawit. Hal ini kemudian mendorong Pemerintah Desa untuk  fokus mengembangkan industri rumah merah sawit sebagai produk unggulan desa.

Inovasi ini juga dinilai sebagai inovasi kreatif yang berkelanjutan. Mengingat sebagai wilayah industri perkebunan kelapa sawit yang juga telah menyerap tenaga kerja kemudian menghasilkan produk baru di masyarakat dan menciptakan peluang usaha serta lapangan pekerjaan baru. Sehingga dalam keseluruhan proses saling memberikan manfaat.

Demikian, hasil dari inovasi masyarakat yang mampu menyelesaikan masalah dan menjadikan sebagai produk dengan nilai ekonomi. Begitu penting kemampuan melihat peluang, kemampuan mencipta inovasi dalam masyarakat guna meningkatkan perekonomian. Semoga cerita dari Desa Silau Rakyat ini bermanfaat dan memotivasi kita semua, untuk terus berinovasi.

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀. (Aryanto/Bumdes.id)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *