Keberhasilan Desa Pujon Kidul Dengan Target Pendapatan Asli Desa Hingga 2,5 Milyar


Indonesia kembali memiliki satu desa yang berhasil dalam upaya pembangunan Indonesia melalui pinggiran. Desa Pujon Kidul, adalah desa yang patut menjadi contoh dan mendapat penghargaan atas keberhasilan mengelola dan mengangkat potensi desa dengan memanfaatkan dana desa. Letak Desa Pujon Kidul yaitu di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Desa Pujon Kidul adalah satu di antara banyak desa di Indonesia yang mencoba mengangkat potensi alam desa, budaya masyarakat dalam balutan wisata. Cerita ini bermula melalui dana desa, kemudian mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan bergerak mengelola potensi desa menjadi lokasi wisata yang ramai pengunjung.

Desa Pujon Kidul, atau yang kini lebih dikenal dengan sebutan Desa Wisata Pujon Kidul ini memiliki luas 330 Hektar, dan telah berubah menjadi berbagai wahana wisata dengan menonjolkan nuansa alam yang asri pedesaan lengkap dengan budaya dan adat masyarakat.

Wisata yang ditawarkan Desa Wisata Pujon Kidul ini adalah berbagai kegiatan seperti memerah susu sapi, wisata berkuda, kolam renang anak-anak, kafe sawah, hingga membeli panen hasil pertanian. Kegiatan yang sehari-hari menjadi aktivitas warga desa, kemudian menjadi bagian dari wisata dan meningkatkan pendapatan perekonomian masyarakat desa.

Cerita keberhasilan Desa Pujon Kidul dalam upaya mengembangkan potensi asli desa tidak lepas dari peran pendirian BUMDes. Badan Usaha Milik Desa Sumber Sejahtera, adalah BUMDes yang didirikan oleh Desa Pujon Kidul, melalui BUMDes ini kemudian berhasil meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PADes) mencapai lebih dari Rp. 1,3 Miliar pada tahun 2018.

Desa Pujon Kidul tidak memiliki bayangan sebelumnya mampu memiliki Pendapatan Asli Daerah mencapai angka 1 Miliar, mengingat PADes sebelumnya rata-rata berkisar antara Rp. 30 Juta – Rp. 40 Juta. Namun melalui inovasi dan pengelolaan BUMDes yang baik, peningkatan PADes alah suatu hal yang mungkin. Maka pada tahun 2019, Pemerintah Desa Pujon Kidul menargetkan memiliki PADes Rp 2,5 miliar.

Dengan beragam wahana yang ditawarkan, inovasi yang terus ditingkatkan, pengelolaan yang baik, serta angka kunjungan yang terus meningkat tidak menutup kemungkinan bahwa PADes Desa Pujon akan terus meningkat bahkan mampu melebihi angka yang ditargetkan.

Misalnya dengan Nuansa pedesaan yang ditawarkan melalu; cafe sawah, panen hasil pertanian, memerah susu sapi, kolam renang untuk anak-anak, off road, hingga wisata berkuda. Kemudian ditambah inovasi yang kekinian menciptakan banyak spot selfie yang sangat menarik. Telah mampu mendatangkan pengunjung rata-rata 6.000 pengunjung saat hari libur, dan 3.000 pengunjung saat hari kerja.

Angka kunjungan yang tinggi ini pada akhirnya memberi manfaat lebih, tidak hanya bagi Pendapatan Asli Desa yang dikelola melalui BUMDes akan tetapi juga secara langsung berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat, melalui berbagai kegiatan perekonomian seperti; homestay, sewa kuda, wisata pertanian, wisata ternak, dan sebagainya, yang dikelola secara kelompok atau mandiri oleh masyarakat.

Selain itu industri oleh-oleh, suvenir dan warung makan juga tumbuh seiring berkembangnya Desa Wisata Pujon Kidul. Dalam hal ini pemerintah Desa telah berhasil tidak hanya sekedar dalam upaya meningkatkan PADes melalui BUMDes, akan tetapi juga turut meningkatkan perekonomian masyarakat dan menciptakan beragam peluang usaha dan lapangan kerja baru.

Semoga Desa Pujon Kidul dapat menjadi contoh dan memotivasi kita semua pegiat desa untuk terus berupaya meningkatkan dan mengangkat potensi yang dimiliki oleh desa kita. Selama ada kemauan, niat, usaha, selama itu peluang selalu terbuka. [ Ryanstori ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *