Keuntungan dalam Pengelolaan BUMDes yang Tepat

Mengelola Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes tentu memiliki tujuan, salah satu tujuannya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatnya perekonomian. Pengelolaan BUMDes yang tepat akan memberi banyak keuntungan dari tercapainya tujuan berdirinya BUMDes, keuntungan yang akan didapatkan adalah meningkatnya pendapatan desa.

Pendapatan desa dari hasil usaha BUMDES sangat penting, karena dengan pendapatan tersebut desa akan memiliki kemudahan dana dalam melakukan pembangunan tanpa bergantung dari pendanaan pemerintah di atasnya atau pemerintah daerah dan pusat. Sehingga desa dapat mandiri dalam pendanaan.

Selain keuntungan secara langsung dalam bentuk pendapatan desa, BUMDES juga memberikan keuntungan bagi masyarakat desa pada umumnya yaitu terbantunya masyarakat desa untuk berinovasi, menciptakan produk, mengangkat potensi desa, menciptakan lapangan kerja, dan menjadi lebih produktif, hal ini tentu saja akan berpengaruh terhadap meningkatnya perekonomian masyarakat.

Keterlibatan masyarakat dalam menyambut BUMDES dengan adanya lapangan pekerjaan dan peluang usaha turunan BUMDES akan mengurangi angka pengangguran, masyarakat dapat bekerja dan mendapatkan pendapatan tetap, sehingga dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga atau bahkan memiliki tabungan lebih untuk masa mendatang.

Memang begitu penting keberadaan BUMDES, dengan berbagai keuntungan yang akan didapatkan baik oleh desa secara khusus dan masyarakat desa pada umumnya. Sehingga pengelolaan BUMDES yang tepat adalah wajib hukumnya, BUMDES harus dikelola dengan cara yang tepat dan profesional sehingga benar=benar dapat memberikan manfaat dan keuntungan bagi desa dan masyarakat.

Pengelolaan BUMDES yang tepat akan memberikan keberlangsungan perekonomian desa yang lebih stabil dan berkelanjutan, hal ini akan memudahkan desa dalam meningkatkan terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan mendasar dan kebutuhan umum masyarakat desa. Kebutuhan yang dimaksud misalnya tersedianya fasilitas-fasilitas yang diperlukan oleh masyarakat sesuai dengan karakteristik, potensi dan kebutuhan masyarakat desa.

Ketersediaan fasilitas umum, sarana dan prasarana tentu dapat memberikan kesejahteraan desa, misalnya pembangunan jalan, sarana ibadah, sarana pelatihan, tempat olah raga, dan lain sebagainya. Fasilitas umum, sarana dan prasarana dapat diwujudkan ketika desa memiliki pendanaan yang cukup, salah satunya bisa didapat dari keuntungan usaha BUMDES.

Kesimpulannya, aset desa perlu dimanfaatkan demi kepentingan umum. Salah satunya adalah memanfaatkannya sebagai badan usaha yang dianggap bisa mengalami perkembangan. Namun begitu, hal tersebut harus dibarengi dengan pengelolaan yang tepat dari pemerintah setempat.

Kesimpulannya, pengelolaan BUMDES yang baik, tepat dan berkelanjutan sangat penting untuk memberikan manfaat dan keuntungan yang maksimal bagi desa dan masyarakat desa. Dengan adanya BUMDES yang dikelola secara profesional tersebut, akan memberikan keuntungan baik pendanaan dan kesejahteraan masyarakat secara umum, sehingga upaya pembangunan desa dapat diwujudkan dari dana hasil usaha BUMDES yang tersedia. [ Aryanto Bumdes.ID ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *