Tipe BUMDes Berdasarkan Unit Usaha Yang Dijalankan

Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes, memiliki tipe berdasarkan unit usaha. Tipe BUMDes ini sebagai ciri atau fokus, sehingga BUMDes yang dijalankan memiliki tujuan yang jelas dalam usaha. Setidaknya ada 4 tipe BUMDes yang berjalan di Indonesia yaitu sebagai berikut;

Serving atau Pelayanan

BUMDes menjalankan unit usaha dalam bidang serving atau pelayanan ”bisnis sosial” untuk melayani warga masyarakat, yakni berupa melakukan pelayanan publik kepada masyarakat.

Contoh dari tipe usaha BUMDes Serving adalah Usaha air minum desa, usaha listrik, usaha jasa transportasi desa, usaha jasa pengiriman dan lain sebagainya .

Banking atau Keuangan

BUMDes menjalankan unit usaha keuangan ”bisnis uang”, untuk memenuhi kebutuhan keuangan masyarakat desa dengan bunga yang lebih rendah dari pada bunga uang yang didapatkan masyarakat desa dari para rentenir desa atau bank-bank konvensional. Melalui unit BUMDes di bidang keuangan ini, diharapkan masyarakat dapat terhindar dari lilitan hutang.

Contoh dari tipe usaha BUMDes Banking adalah Bank desa atau lembaga perkreditan desa atau lembaga keuangan mikro desa.

Brokering atau Perantara

BUMDes dapat menjadi unit usaha di bidang brokering “lembaga perantara” yang dapat menghubungkan komoditas pertanian dengan pasar atau agar para petani tidak kesulitan menjual produk mereka ke pasar. Atau BUMDes menjual jasa pelayanan kepada warga dan usaha-usaha masyarakat.

Contoh dari tipe usaha BUMDes Brokering adalah Jasa pembayaran listrik, atau Pendirian Pasar Desa; desa mendirikan pasar desa untuk memasarkan produk-produk yang dihasilkan masyarakat sehingga menjadi perantara perdagangan. BUMDes juga dapat membangun jaringan dengan swasta atau pasar yang lebih luas guna memasarkan produk-produk lokal, sehingga produk masyarakat memiliki jangkauan pasar yang lebih luas.

Holding atau Usaha Bersama

BUMDes sebagai ”usaha bersama”, atau sebagai induk dari unit-unit usaha yang ada didesa, di mana masing-masing unit yang berdiri sendiri-sendiri ini, diatur dan ditata sinerginya oleh BUMDes agar tumbuh usaha bersama.

Contoh dari tipe BUMDes Holding adalah Desa Wisata, yang mengorganisir berbagai jenis usaha dari kelompok masyarakat: makanan, kerajinan, sajian wisata, kesenian, penginapan, dan lain sebagainya.

Nah, dari ke lima jenis usaha BUMDes, Anda sebagai calon pelaksana atau pengurus BUMDes dapat memilih salah satunya, yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan potensi yang dimiliki oleh desa. Semoga pembahasan mengenai Tipe BUMDes Berdasarkan Unit Usaha Yang Dijalankan dapat bermanfaat  dan memberi motivasi untuk menjalankan BUMDes yang lebih baik. Salam BUMDes. [ Aryanto Bumdes.ID ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *