Cadas Ngampar, Rekreasi Asyik dan Murah Meriah Dari Ciamis

Cadas Ngampar, Rekreasi Asyik dan Murah Meriah Dari Ciamis
Cadas Ngampar, Rekreasi Asyik dan Murah Meriah Dari Ciamis
Cadas Ngampar, Rekreasi Asyik dan Murah Meriah Dari Ciamis


BUMDES.ID – Destinasi wisata telah lama menjadi primadona bisnis di kalangan masyarakat Indonesia. Destinasi wisata kini cukup mudah dijumpai di berbagai wilayah Indonesia. Bermacam-macam objek wisata ditawarkan kepada para wisatawan lokal maupun asing, seperti wisata pantai, hutan, dan tak kalah bagus ialah wisata sungai dan bebatuan. Ada satu wilayah yang menyuguhkan wisata sungai yang dihiasi pemandangan bebatuan yang tidak kalah keren, seperti yang terdapat di Ciamis, Jawa Barat. Seperti apakah objek wisatanya?

Tempat wisata yang menyuguhkan sungai dan hamparan bebatuan ini terbilang unik. Mengapa? Karena, tempat wisata di Ciamis ini tidak hanya dikelola oleh Pemerintah Daerah (Pemda) seperti Situ Lengkong dan Karangkamulyan, namun objek wisata ini sudah dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan tentunya ramai dipadati pengunjung. 

Salah satu wisata sungai yang terkenal di Ciamis adalah Wisata Cadas Ngampar yang dikelola oleh BUMDes Desa Gunungsari Kecamatan Sadananya. Seperti dilansir Harapan Rakyat Online pada Minggu (9/06/2019), lokasi wisata Cadas Ngampar yang berada di bantaran Sungai Cileeur nampak padat dikunjungi banyak pengunjung. Selain menikmati berbasah-basahan di area sungai, para wisatawan ini juga sengaja datang bersama keluarga mereka untuk makan bersama (botram), ada juga yang dengan sengaja membuat menu makanan dengan memasak liweutan di pinggir sungai.

Tempat wisata Cadas Ngampar ini ramai didatangi wisatawan karena harga tiket masuk yang ditawarkan terbilang sangat murah, yakni Rp 3.000 untuk dewasa dan Rp 1.500 untuk anak anak. Hal ini yang membuat wisata Cadas Ngampar ini tidak hanya dikunjungi oleh masyarakat Ciamis saja, tapi juga dikunjungi oleh wisatawan dari luar Ciamis, Jawa Barat.

Kepala Desa Gunungsari Yoyo Komarudin menyebutkan, wisata alam Cadas Ngampar ini terletak di Dusun Cikatomas Desa Gunungsari. Letak wisata ini berada sekitar 15 Km dari pusat Kota Ciamis. Tempat wisata Cadas Ngampar ini bisa ditempuh dengan alat transportasi seperti mobil maupun dengan sepeda motor. Untuk sampai ke lokasi, masyarakat harus melewati jalan bantaran sawah sekitar 50 Meter dari jalan raya.

Yoyo mengakui, saat ini lokasi Cadas Ngampar kian ramai dipadati pengunjung. Terlebih ketika momen liburan lebaran, banyak sekali anak sekolah beserta guru-gurunya yang menghabiskan waktu liburannya di Cadas Ngampar untuk menikmati aktivitas botram atau ngaliweut, berenang serta foto selfie. 

Yoyo juga menambahkan, sejak dulu lokasi Cadas Ngampar sering dijadikan lokasi ngaliweut dan rekreasi gratis masyarakat. Seiring berjalannya waktu, setelah tempat rekreasi ini dikelola oleh BUMDes, kini Cadas Ngampar semakin lebih dikenal, terlebih banyak pengunjung Cadas Ngampar yang memposting suasana berwisata di Cadas Ngampar melalui internet dan media sosial. Dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang, maka semakin banyak pula pendapatan yang dihasilkan oleh wisata Cadas Ngampar ini. Terbukti, Cadas Ngampar saat ini menjadi salah satu penyumbang dan penghasil Pendapatan Asli Desa (PADes) Gunungsari.

Perlu diketahui, Cadas Ngampar memiliki makna yang berarti, Cadas adalah lapisan tanah yang keras atau batu yang terjadi dari padatan pasir atau tanah, dan Ngampar yang berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti lesehan, tergeletak atau berserakkan. Jadi, Cadas Ngampar merupakan sebuah tempat wisata yang dipenuhi bebatuan yang bertebaran di area sekitar sungai. Tunggu apalagi! Kamu warga Ciamis? Jangan lupa untuk berkunjung ke Wisata Cadas Ngampar. (ayuresti/bumdes.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *