Jika BUMDes Memiliki Website Sendiri, Ini Keuntungannya

BUMDES.ID – Sepenting apakah website bagi lembaga seperti Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan apa saja keuntungan yang bisa diperoleh jika BUMDes memiliki website? Jika website menjadi sesuatu yang penting, apa saja yang harus dilakukan oleh BUMDes agar website bisa menciptakan manfaat bagi usaha dan warga desa, inilah penjelasannya.

Saat ini website bukan lagi barang baru. Hadir lebih dahulu ketimbang Media Sosial, website memiliki kekuatan yang berbeda dengan media sosial. Website mampu menunjukkan identitas diri si pembuatnya baik itu milik pribadi, lembaga, institusi pemerintah ataupun komunitas tertentu. Website juga memiliki kemampuan unggul mengusung kepentingan si pemilik baik untuk berdagang maupun sebagai website profiliing alias menunjukkan jati diri si pembuatnya.

Berbeda dengan media sosial, website bisa disamakan sebagai sebuah alat mewakili si pembuat secara menyeluruh. Website mampu menciptakan kepercayaan penuh pada khalayak dan mampu pula menciptakan branding yang kuat dimata semua orang terutama klien. Itulah sebabnya semua perusahaan besar sudah wajib hukumnya memiliki website sebagai cara meyakinkan semua orang mengenai kekuatan perusahaannya dan apa yang dikerjakan perusahaan itu bagi semua orang terutama para calon klien. Bagaimana dengan BUMDes?

BUMDes bakal memiliki kekuatan yang hebat jika memilliki website. Sebab, website bekerja 24 jam sehari, 7 hari seminggu, tak pernah mati dan bisa dibaca semua orang di seluruh penjuru bumi. Maka dengan memiliki website, BUMDes Anda akan dikenal semua orang yang membuka web dimanapun si pembaca berada. Dengan membaca isi web maka si pembaca akan tahu apa yang ditawarkan BUMDes, apa yang dikerjakan BUMDes dan kemampuan apa yang dimiliki BUMDes untuk dikerjasamakan dengan mereka.

Masalahnya adalah, untuk menjadi website yang memiliki tingkat kunjungan tinggi maka website itu harus memiliki konten yang menarik dan mengusung pesan yang jelas. Soalnya, dalam dunia website, ada banyak strategi untuk menjadi website yang disukai dan isinya dicari banyak orang. Salahsatunya melalui cara menulis artikelnya. Secara luas teknik itu disebut cara menulis menggunakan Search Engine Optimizer yakni teknik menulis dengan menggunakan kata kunci tertentu, pola tertentu dan ritme tertentu.

Hal penting lainnya adalah, pengelolaan website harus konsisten, kontinyu dan memiliki kekhasan yang kuat. Misalnya web jual beli produk desa, Anda harus secara konsisten terus mengabarkan perubahan harga, jumlah stok dan jenis produk apa saja yang terbaru.

Satu lagi, akan sangat efektif jika website Anda dilengkapi beberapa media sosial untuk membangun komunikasi dua arah. Soalnya pula, setiap orang memiliki media sosial dan aktif membukanya. Maka, materi website Anda harus pula disiarkan secara terus menerus melalui media sosial.

Media sosial yang biasa digunakan antara lain Facebook, Instagram dan WhatAps. Tiga media ssial ini memiliki karakter yang unik dan berbeda. Facebook mampu menyajikan begitu banyak hal untuk langsung dilihat semua orang yang masuk jaringan pertemanan. Instagram dikenal sebagai media sosial yang mampu mengusung sajian artistik pada kontennya semisal foto, video. Maknya Instagram banyak dianfaatkan untuk menawarkan dunia wisata.

WhatAps, semua orang tahun. Inilah media sosial yang memudahkan semua orang bercakap-cakap secara efektif baik secara individu maupun dalam bentuk grup. Ketiganya bakal menjadi kaki-kaki yang hebat jika dijadikan kelengkapan kinerja website Anda. Jangan kawatir, tak perlu mengeluarkan kocek terlalu dalam untuk mewujudkan semua ini. Media digital dikenal sebagai produk yang bisa digunakan dengan cara yang murah. Jadi, tunggu apa lagi? (adji/bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *