Pentingnya Promosi Bagi BUMDes melalui Media Sosial

Bumdes.id, sahabat BUMDes dalam upaya menjalankan unit usaha yang dimiliki BUMDes tentu kita memiliki tujuan dan target layaknya perusahaan-perusahaan umum. Karenanya, selain melakukan inovasi pada produk; keunikan, kemasan, branding dan lain sebagainya. Perlu langkah lanjutan, untuk memperkenalkan produk yang telah kita buat agar dikenal oleh masyarakat luas. Proses memperkenalkan produk biasa disebut dengan promosi.

Sahabat BUMDes, kita sebagai pengurus BUMDes pasti telah melakukan promosi terhadap produk atau jasa yang menjadi unit usaha BUMDes di desa kita. Baik itu promosi secara langsung atau pun promosi secara tidak langsung, baik itu yang bersifat promosi terhadap warga desa/lokal, atau promosi secara masal untuk masyarakat luas.

Dalam perkembangan dunia usaha, termasuk usaha milik desa, di era keterbukaan teknologi dan informasi luas dari pangsa pasar tidak lagi terbatas. Satu produk di desa A dapat menjadi kebutuhan seorang warga di desa Z, dari satu provinsi ke provinsi lain, bahkan bisa diakses oleh seluruh pasar di dunia, melalui jaringan internet.

Karenanya, menjadi penting memahami promosi yang akan kita lakukan. Pertama kita perlu tahu apakah produk kita hanya untuk skala lokal, atau skala tak terbatas. Siapa yang akan menjadi pembeli dari produk kita, dan infrastruktur dalam pengiriman produk apakah sudah tersedia dan memenuhi standar.

Jika keseluruhan unsur telah mendukung untuk melakukan pemasaran secara luas, maka menjadi penting untuk memasarkan secara luas, dan hal ini perlu adanya kesiapan dan kematangan dalam membuat ‘penawaran’ atau promosi agar produk dari unit Badan Usaha Milik Desa dapat diketahui secara luas.

Mengenal Promosi

Promosi dapat diartikan sebagai strategi dalam menjalankan dan mengombinasikan variabel periklanan untuk mencapai tujuan atau target dari penjualan. Promosi berfungsi sebagai media memperkenalkan produk dan menarik pasar/pembeli agar mau memakai atau membeli produk atau jasa yang kita tawarkan.

Media yang digunakan dalam promosi dapat menggunakan berbagai macam media yang ada; baik itu iklan surat kabar, iklan radio, iklan televisi, atau iklan di internet dan sosial media. Dalam hal ini, tidak sedikit yang menggunakan media secara mandiri atau melakukan promosi secara  langsung melalui acara, penyebaran brosur, atau mengelola akun media sosial dan web.

Dari pengertian di atas, menjadi sangat penting peranan sebuah promosi. Kemudian dapat kita pahami bagaimana media promosi sangat beragam. Dalam pembahasan kali ini, kita akan fokus pada melakukan promosi dengan memanfaatkan jaringan internet yaitu melalui media sosial dan web. 

Memahami Media Sosial

Sahabat BUMDes.id tentu sebagian besar dari kita telah memiliki media sosial seperti; Facebook, Instagram, Twitter, whatsapp dan banyak lagi yang lainnya. Hampir setiap hari kita menggunakan salah satu dari media sosial tersebut, entah untuk update informasi, mencari hiburan, atau berkomunikasi.

Dalam pemakaian sosial media sehari-hari, apakah sahabat bumdes.id memperhatikan bahwa ada iklan atau tawaran produk yang kadang muncul di beranda atau akun media  sosial kita? Entah itu yang berasal dari iklan berbayar, atau dari akun atau daftar teman yang menawarkan produk atau jasa yang mereka miliki.

Kemunculan sebuah penawaran atau informasi dari produk atau jasa di beranda atau akun media sosial kita, itu adalah salah satu bentuk promosi di media sosial. Promosi di media sosial seperti telah disebutkan sebelumnya ada dua; 1. promosi iklan berbayar 2. promosi mandiri tidak berbayar. Dalam melakukan promosi kita bisa memilih, apakah akan berbayar atau melakukan secara mandiri.

Hal dasar dalam membuat media sosial sebagai media promosi dari BUMDes yang kita jalankan adalah melalui beberapa hal di bawah ini:

Memilih Media Sosial

Sahabat BUMDes.id, kita telah memahami bagaimana promosi di media sosial dapat dikerjakan. Maka, kita perlu  memilih di media sosial mana promosi akan kita jalankan, apakah bertumpu pada satu media sosial, atau menggunakan lebih dari satu media sosial.

Memilih media sosial yang akan kita gunakan untuk promosi menjadi penting, hal ini tentu disesuaikan dengan target dan keberadaan calon pembeli dari produk kita. Apakah calon pembeli kita berada di Instagram, Facebook, Twitter atau di whatsapp.

Citra Produk

Setelah menentukan media sosial mana saja yang akan kita gunakan untuk mempromosikan produk, langkah selanjutnya tentu saja membuat akun untuk media sosial tersebut. Dalam  proses membuat akun ini, perlu diperhatikan bagaimana citra produk atau unit usaha yang kita jalankan.

Citra Produk menjadi sangat penting dalam membuat akun media sosial. Misalnya, ketika membuat akun Facebook atau halaman Facebook bisnis, dan produk dari BUMDes kita adalah biji kopi, maka dari perwajahan, foto profil, sampul, perlu menjelaskan dan menggambarkan bahwa BUMDes kita memiliki produk kopi dengan keunikan atau keunggulan tertentu.

Membuat perwajahan, sebagai bagian dari citra merek di media sosial terlihat sepele, namun hal ini adalah kesan pertama yang akan dilihat oleh calon pembeli ketika membuka atau melihat promosi dari akun yang kita tawarkan.

Kelengkapan Informasi

Sahabat Bumdes.id, dalam membuat akun media sosial, yang bertujuan untuk melakukan promosi dari unit usaha Badan Usaha Milik Desa, perlu kelengkapan informasi yang jelas. Kelengkapan ini meliputi; alamat, nomor kontak, dan deskripsi dari usaha.

Hal ini menjadi penting, karena pembeli tentu mencari informasi tentang usaha kita, dan membutuhkan kontak atau nomor telepon yang bisa dihubungi ketika ingin mengajukan pembelian atau kerja sama.

Kelengkapan informasi ini, juga berlaku ketika mempublikasikan posting atau promosi. Gambar yang digunakan harus jelas dan menarik, kemudian keterangan dari gambar harus detail dan disertai kontak pembelian.

Konsisten dan Fokus

Menggunakan media sosial sebagai wadah dalam memperkenalkan produk atau jasa dari BUMDes yang kita kelola bukan perkara mudah. Tidak jarang kita melihat BUMDes memiliki media sosial namun mati suri, tidak pernah update informasi, hanya sekedar ada.

Karenanya, menjadi penting BUMDes kita memiliki konsep dalam pengelolaan media sosial, sehingga dapat memberikan informasi yang berkelanjutan, dan memberi manfaat kepada masyarakat luas dari informasi yang kita berikan, sehingga ketika menawarkan promosi dari produk atau jasa, masyarakat akan percaya karena kondisi atau status akun kita aktif.

Hal-hal di atas yang telah kita bahas adalah hal dasar, namun hal dasar ini sering kali luput dan tidak dikerjakan dengan optimal, sehingga tidak memberikan atau menjadi media promosi yang baik. Kunci utama dalam membuat promosi adalah tersampainya informasi dan tumbuhnya kepercayaan dari konsumen, dan hal di atas adalah upaya awal mewujudkan hal tersebut.

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kita dalam upaya membangun dan mengembangkan desa, dengan mengangkat potensi yang dimiliki desa melalui Badan Usaha Milik Desa. Salam desa membangun, salam bumdes.id, terima kasih. [ Aryanto Bumdes.ID ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *