6 Prinsip Pengelolaan BUMDes

BUMDES.ID Sahabat BUMDes dalam menjalankan sebuah unit usaha atau perusahaan, pasti ada prinsip-prinsip yang dijadikan pegangan dan panduan guna mencapai tujuan perusahaan. Hal ini juga berlaku dalam menjalankan Badan Usaha Milik Desa, bagi sahabat BUMDes yang saat ini menjadi pengelola BUMDes tentu dalam pengelolaan BUMDes berpegang teguh pada prinsip-prinsip yang telah disepakati sebagai prinsip BUMDes.

Dalam menjalankan BUMDes setidaknya ada 6 prinsip yang wajib menjadi pegangan bagi pengelola, pemerintah dan warga masyarakat secara umum sebagai bagian dari BUMDes. Keberadaan prinsip-prinsip dalam pengelolaan BUMDes ini sangat penting agar dipahami dan dipersepsikan secara bersama-sama.

Mari kita membahas satu persatu dari 6 prinsip yang menjadi pegangan dalam mengelola BUMDes melalui pembahasan di bawah ini:

1. Kooperatif

Prinsip Kooperatif memiliki arti bersifat kerja sama. Maka dalam menjalankan dan mengelola BUMDes pihak-pihak yang terlibat di dalam BUMDes harus melakukan kerja sama yang baik. Prinsip kooperatif ini sangat penting demi lancarnya pengembangan dan kelangsungan usah BUMDes.

2. Partisipatif

Prinsip Partisipatif berarti bersifat partisipasi. Maka semua yang menjadi bagian atau pihak yang terlibat di dalam pengelolaan BUMDes memiliki kewajiban dan kesadaran untuk berpartisipasi penuh dalam memberikan dukungan dan kontribusi dalam upaya mendorong kemajuan usaha BUMDes.

3. Emansipatif

Prinsip emansipatif berarti bersifat emansipasi, Maka dalam menjalankan dan mengelola BUMDes pihak-pihak yang terlibat di dalam BUMDes memiliki hak yang sama, karenanya harus diperlakukan secara sama tanpa memandang golongan, suku, agama atau strata sosial dan jabatan. 

4. Transparan

Prinsip transparan berarti dilakukan secara terbuka. Maka dalam menjalankan dan mengelola BUMDes, mereka yang dipercaya sebagai pengelola harus berlaku terbuka dalam setiap aktivitas yang dilakukan, yaitu keterbukaan dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan dan keterbukaan dalam mengemukakan informasi.

Prinsip transparan dalam pengelolaan BUMDes menjadi sangat penting, hal ini agar semua aktivitas atau keputusan yang diambil BUMDes dan berpengaruh terhadap kepentingan masyarakat desa secara umum dapat diketahui informasinya atau terbuka untuk masyarakat.

5. Akuntabel

Prinsip Akuntabel berarti dapat dipertanggungjawabkan, yaitu kejelasan fungsi, pelaksanaan dan pertanggungjawaban organisasi.. Maka aktivitas atau kegiatan yang dilakukan unit usaha BUMSes harus dapat dipertanggungjawabkan. Pertanggungjawaban yang dimaksud adalah pertanggungjawaban secara teknis dan administratif.

6. Sustainabel

Prinsip Sustainabel berati kegiatan usaha yang dijalankan harus dapat dikembangkan dan dilestarikan oleh masyarakat dalam wadah BUMDes. Hal ini berarti kegiatan tersebut harus kegiatan usaha yang berkelanjutan.

Prinsip-prinsip di atas, hendaknya menjadi pegangan yang wajib bagi pegiat dan pengurus BUMDes, terutama setelah undang-undang desa resmi disahkan.

Saat ini desa memiliki keleluasaan dalam membangun desa dan disokong dengan adanya dana desa yang dapat digunakan untuk pendirian atau pengembangan BUMDes. Keberadaan Dana Desa ini memungkinkan ketersediaan permodalan atau modal finansial yang cukup untuk mendirikan BUMDes.

Keberadaan BUMDes yang saat ini telah disokong dengan dana desa, jika dikelola dengan baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip di atas, maka tujuan BUMDes untuk meningkatkan pendapatan asli desa PEADes dan peningkatan perekonomian masyarakat dapat terwujud dan berjalan lebih cepat.

Karenanya menjadi penting adanya kolaborasi dari berbagai elemen atau pihak dalam upaya membangun dan mengembangkan BUMDes. Salah satu pendukung terciptanya kolaborasi ini yaitu dengan memperkuat kerja sama atau prinsip kooperatif.

Kerja sama yang dibangun melalui BUMDes ini akan menjadi modal sosial dalam upaya pembangunan sosial-ekonomi bagi desa dan warga desa. Semoga sahabat BUMDes dan pengelola BUMDes dapat menerapkan 6 prinsip di atas dalam menjalankan unit usaha desa. Semoga bermanfaat, salam BUMDes. [ Aryanto Bumdes.ID ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *