BUMDES Ternak Sapi ini Sukses Meningkatan PAD Muara Danau

BUMDES.ID ~ Memulai sebuah unit usaha untuk Badan Usaha Milik Desa ( BUMDES ) tidak harus dengan ide yang wah. Kita bisa memulainya dengan Bumdes Ternak Sapi. Inilah ide sederhana yang bisa dikembangkan disebuah unit usaha BUMDES.

BUMDES Ternak Sapi ini meskipun sederhana idenya, namun bisa menjadi hal luar biasa yang bisa meningkatkan pendapatan desa. Ini merupakan ide yang sudah sangat jelas dikenal oleh masyarakat.

Usaha BUMDES Ternak Sapi ini bisa dilakukan dengan mudahnya oleh warga desa beserta pengelola. Pakan dan berbagai macam kebutuhan lainnya semuanya tersedia di Desa. Jika dikelola secara benar dalam beberapa bulan saja jenis usaha yang satu ini bisa mendapatkan untung yang cukup besar.

Sebagai contoh BUMDES yang sudah sukses melakukan ini adalah BUMDes Rantaman Desa Muara Danau Kecamatan Seginim. BUMDES ini memulai usaha di tahun 2018 dengan adanya dana desa dan dukungan penuh Pemerintah Desa yang berani mengucurkan dana sebesar Rp. 262 Juta, Usaha peternakan sapi ini sukses menjawab kepercayaan dari Pemerintah Desa.

Dikutip dari pedomanbengkulu.com, “Desa kami ini sangat cocok untuk ternak sapi, karena sumber makanan ternak yang melimpah. Masyarakat di sini banyak yang menanam jagung, daun jagung yang sudah dipanen itu akan dimanfaatkan untuk pakan ternak. Selain itu, juga bisa mengembangkan rumput khusus pakan ternak,” jelas Kepala Desa Muara Danau, Murman.

Sebagai tahap awal, BUMDes Muara Danau akan mengolah 20 ekor sapi. Rencana kedepan menurut Kepala Desa Muara Danau akan dibangun kandang sapi dalam skala besar. Sehingga kandang sapi ini nantinya juga bisa digunakan untuk ternak-ternak milik masyarakat.

“Saya punya impian, BUMDes juga menerima mengelolah ternak milik masyarakat. Kandangnya BUMDes yang siapkan, pakannya juga BUMDes, masyarakat yang bayar jasa ke BUMDes. Ini juga sebagai upaya untuk penertiban hewan ternak agar tidak berkeliaraan,” beber Kades.

Selain mengembangkan usaha peternakan sapi, BUMDes Rantaman juga memiliki usaha ‘Warung BUMDes’ yang menyediakan barang-barang kebutuhan pokok masyarakat.

Ke depannya ‘Warung BUMDes’ ini diwacanakan bisa menampung hasil pertanian warga, seperti jagung, gabah dan tanaman palawija lainnya.

“Kami tidak main-main dalam pengembangan BUMDes ini, tidak tanggung-tanggung di tahun 2018 ini 40 persen Dana Desa kami alokasikan untuk pengembangan dan penguatan BUMDes,” jelas Kepala Desa Muara Danau, Murman.

Dengan berbagai macam pertimbangan yang ada, BUMDes Rantaman Muara Danau ini memilih untuk memilih BUMDES Ternak Sapi sebagai unit usahanya diawal pendirian BUMDES.

Mendirikan sebuah unit usaha untuk BUMDES bukanlah hal yang sulit jika dari awal kita sudah benar dalam pemetaan bentang dan mengedepankan apa yang bisa dilakukan oleh masyarakat desa dan apa yang dibutuhkan.

Dengan adanya BUMDES yang mampu menjawab pertanyaan mengenai ekonomi desa, bukan tidak mungkin Kebangkitan Ekonomi Indonesia dari Desa akan bisa segera terwujud. Agar bisa sukses dalam pengelolaan BUMDES ini kamu bisa belajar di Sekolah BUMDES. ( Ahmad / BUMDES.ID )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *