Jenis Usaha Bumdes yang Simple namun Menguntungkan

Bumdes.id – Menentukan jenis usaha bumdes untuk dijalankan memang bukanlah hal yang mudah. Berbagai macam persoalan timbul untuk menentukan sebuah usaha untuk Bumdes.

Salah satu Ide Usaha BUMDes yang paling efektif dalam meningkatkan dan mengembangkan BUMDes adalah dengan membangun sebuah sentralisasi ekonomi Desa.

Sebagai contoh, membangun sebuah sentra perdagangan yang dapat mengakomodasi hasil produktivitas warga Desa.

Dengan begitu Masyarakat Desa tidak akan lagi ditindas oleh para tengkulak, yang mana sering membeli hasil bumi Masyarakat Desa dengan harga rendah.

Selain itu, Sentralisasi Ekonomi Desa juga dapat menghasilkan produk unggulan baru dari hasil pengolahan hasil bumi masyarakat Desa dengan memanfaatkan Teknologi Tepat Guna.

Berikut ini adalah beberapa Jenis Usaha Bumdes yang bisa dengan mudah dijalankan :

1. Pengolahan Hasil Pertanian

Pengolahan Hasil Pertanian Masyarakat Desa seperti padi menjadi produk beras dengan kualitas yang bagus serta pengemasan yang baik sehingga banyak dicari oleh pasar luas.

2. Pengolahan Hasil Bumi

Pengolahan Hasil Bumi menjadi produk makanan, pakaian, kerajinan dengan kualitas serta pengemasan yang siap untuk pasar Ekspor.

3. Pengolahan Sampah

Pengolahan Sampah Organik maupun Non-Organik menjadi produk yang lebih bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi yang lebih. Seperti pupuk ataupun cacahan plastik yang siap untuk daur ulang.

4. Membentuk Kelompok Industri Pengolahan Buah Maupun Sayur

Pengolahan Buah Maupun Sayur hasil dari masyarakat Desa menjadi produk yang memiliki nilai lebih dan dapat menarik minat calon konsumen.

5. Membentuk Kelompok Peternak Desa

Membentuk Kelompok Peternak Desa serta memberikan ilmu dan metode beternak yang baik dengan memanfaatkan teknologi tepat guna.

6. Mengelola Lingkungan

Pengelolaan Lingkungan Desa yang dapat dikembangkan menjadi desa wisata, kampung industri, kampung edukasi, kampung ekonomi, ataupun kampung kampung jenis lainnya. Yang dapat menghasilkan nilai materil yang lebih serta menjadikan contoh yang baik bagi desa desa lainnya.

7. Mendirikan Marketplace Digital Dengan mengikuti Zaman Dan Selalu Berinovasi

Dan pastinya adalah dengan memanfaatkan perkembangan zaman, yakni dengan menerapkan teknik Marketing Digital disemua lini usaha BUMDes. Serta jangan berhenti dalam berinovasi, karena Inovasi merupakan salah satu kunci sebuah usaha dapat bertahan lama sekaligus berkembang.

Itu tadi, merupakan Jenis Usaha BUMDes yang sangat cocok diterapkan di BUMDes dalam proses mengembangkan serta menggerakkan ekonomi sebuah Desa.

Semua hasil bumi dari Desa manapun, Insyaallah jika dekelola serta diproses dengan sistem serta cara yang benar ditambah lagi tersedianya teknologi yang memadai. Sehingga dapat menghasilkan produk unggulan desa yang Insyaallah dapat meningkatkan perekonomian Desa dan Masyarakatnya.

Untuk itu dibentuknya BUMDes di suatu Desa dengan pengelolaan serta sistem yang benar dapat mengembangkan Desa tersebut. Ingin berhasil mengelola Bumdes bisa Sekolah dulu di Sekolah Bumdes. [ Ahmad / Bumdes.id ]

4 Komentar

    1. Kami Bumdes.id menyediakan berbagai macam pelatihan yang sahabat bumdes dapat ikuti mulai dari :
      1. Pelatihan Revitalisasi BUM Desa Paska PP 11 Tahun 2021
      2. Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan BUM Desa
      3. Pelatihan Tatakelola dan Manajemen BUM Desa
      4. Pelatihan Penyusunan SOP Unit Usaha BUM Desa
      5. Pelatihan Digital Marketing BUM Desa

      Untuk informasi dan pendaftaran hubungi kami di 085-772-900-800

  1. Bumdes kami udah berjalan 1 tahun ,tepatnya unit Hipam ,dan pada tahun depan akan menambah unit pertanian yang berkenaan dengan Pembelian hasil pertanian antara lain padi dan jagung, mohon pencerahanya

    1. Kami sarankan agar Sahabat Bumdes dapat berkonsultasi langsung dengan konsultan kami di layanan Konsultasi Halo Desa yang kami laksanakan setiap hari Jum’at. Untuk informasi dan pendaftaran hubungi kami di 085-772-900-800

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *