Manfaat Training Of Trainer (TOT) BUMDes di Sekolah BUMDes

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai manfaat Training of Trainer  (ToT) Pendamping BUMDes, kita perlu memahami definisi dari training atau pelatihan terlebih dahulu. Secara umum, training atau pelatihan dapat didefinisikan sebagai proses pemindahan pengetahuan dan keterampilan dari seseorang kepada orang lain sehingga orang tersebut menjadi cakap dalam pekerjaannya.

Diselenggarakannya TOT Pendamping BUMDes di Sekolah BUMDes ini memiliki tujuan mulia. Bumdes.id dengan dedikasi penuh menyelenggarakan TOT dengan harapan:

  1. Peserta memahami proses belajar dan faktor – faktor yang mempengaruhi tercapainya sasaran pelatihan.
  2. Peserta mampu menyusun rancangan mengajar dan mengembangkan teknik mengajar partisipatif dengan menggunakan metode yang tepat.
  3. Peserta mampu memberikan pelatihan dan pembinaan di tempat tinggal atau asalnya dan memantau perkembangan kinerjanya.

Lalu, apa manfaat peserta ikut dalam ToT Pendamping BUMDes? Peserta ToT Pendamping BUMDes akan mendapatkan beragam materi yang mengupas tuntas tentang BUMDes, mulai dari filosofi BUMDes perihal konsepsi yang melatarbelakangi kelahiran BUMDes sebagai dari visi Pemerintah Republik Indonesia, yakni membangun Indonesia dari desa. Jika peserta sudah memahami filosofi BUMDes, maka langkah selanjutnya adalah pemetaan potensi Desa sebagai bahan pembentukan usaha yang akan dibangun oleh BUMDes. Beberapa poin pentingnya pada sesi ini adalah bagaimana mengidentifikasi potensi desa yang bisa menjawab peluang pasar usaha yang ada. Karena potensi tanpa peluang tidak akan menjadi kekuatan ekonomi yang handal.

Selanjutnya, unit usaha yang telah terpilih nantinya diharapkan dapat memperkuat BUMDes. Oleh karena itu, perlu adanya peraturan yang mendasari, yaitu dengan menyusun AD/ART, Struktur BUMDes, dan Manajemen Tata Kelola yang bertujuan memperjelaskan tugas dan tanggungjawab pengurus pengelola BUMDes sehingga alur dan aturan mainnya jelas. Perencanaan Penganggaran adalah tema penting pada sesi berikutnya, yakni membahas manajemen penganggaran yang harus dijalankan desa dalam menentukan kebijakan penganggaran untuk BUMDes. Sekaligus bagaimana BUMDes membangun fondasi yang kuat bagi sistem manajemen keuangan yang akan dijalankan dalam mengelola usaha nantinya.

Setelah mengikuti materi classing dan diskusi, selanjutnya peserta TOT Pendamping BUMDes akan diajak studi lapangan atau kunjungan ke BUMDes – BUMDes yang telah berhasil menjalankan BUMDes dengan baik dan sukses. Bagi anda yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah BUMDes. Sekolah BUMDes adalah tempat belajar BUMDes yang paten dan menyenangkan. Di dalamnya terdapat kombinasi Teori, Simulasi, Praktik, dan Kunjungan Lapangan.

Jadi, belum lengkap rasanya belajar BUMDes kalau belum ke Sekolah BUMDes SMB Bumdes.id. Sekolah BUMDes SMB berada di Jalan Nogotirto Nomor 15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Jika anda sedang berada di Jogja, silakan untuk berkunjung ke Sekolah BUMDes SMB yang selalu terbuka untuk anda. (wanda/bumdes.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *