Pelatihan BUMDes Angkatan 17 Bumdes.id dan Lahirnya Sekolah BUMDes

Bumdes.id, lembaga Pelatihan dan Pendampingan dan Konsultan Desa yang bermarkas di Yogyakarta,  kembali menggelar Training of Trainer (ToT) alias Pelatihan Badan Usaha Milik Desa. Lebih dari sepuluh orang menjadi peserta Pelatihan BUMDes yang digelar Bumdes.id. Pelatihan yang digelar tiga hari (11-13 Juli 2019) ini adalah para peserta pelatihan BUMDes angkatan ke-17.

Beragam materi mengupas BUMDes menjadi materi pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini. Mulai dari Filosofi BUMDes, materi ini membahas konsepsi yang melatari kelahiran BUMDes sebagai bagian dari visi Nawacita yang menjadi visi Pemerintah Republik Indonesia yakni membangun Indonesia dari desa. 

Pemateri adalah Rudy Suryanto, SE, M.Acc, AK.,CA, Master Trainer BUMDes yang juga pendiri Bumdes.id. Dalam paparannya Rudy menegaskan bahwa semua desa memiliki potensi untuk membangun kekuatan ekonomi.

Hanya saja itu belum terolah dengan baik oleh SDM yang ada di desa. Sesi ini banyak membahas mengenai ide dasar, pemahaman umum BUMDes dan berbagai regulasi yang menguatkan lahirnya gerakan desa membangun ini. 

Materi lainnya adalah Pemetaan Potensi Desa sebagai bahan pembentukan usaha yang akan dibangun BUMDes. Beberapa poin pentingnya pada sesi ini adalah bagaimana meingidentifikasi potensi desa yang bisa menjawab peluang pasar usaha yang ada. Soalnya, potensi tanpa peluang tidak akan menjadi kekuatan ekonomi yang handal. 

Penyusunan AD/ART dan struktur BUMDes menjadi materi selanjutnya. Pada sesi ini dibahas berbagai masalah yang muncul pada desa-desa ketika mulai menyusun nama-nama yang akan masuk dalam struktur pengurus BUMDes.

Materi ini membahas tuntas bagaimana membangun partisipasi sosial warga desa sehingga bisa menghasilkan struktur pengurus BUMDes yang didukung warga sekaligus memiliki visi yang kuat membangun ekonomi desanya. 

Manajemen Tata Kelola BUMDes adalah pembahasan penting selanjutnya. Ini adalah materi yang masuk pada operasional BUMDes sebagai lembaga usaha yang memiliki aturan main yang jelas. Tata kelola akan menjadi tulang punggung bagi berlangsungnya kehidupan BUMDes sebagai unit usaha milik desa. 

Perencanaan Penganggaran adalah tema penting pada sesi berikutnya, membahas manajemen penganggaran yang harus dijalankan desa dalam menentukan kebijakan penganggaran untuk BUMDes. Sekaligus bagaimana BUMDes membangun fondasi yang kuat bagi sistem manajemen keuangan yang akan dijalankan dalam mengelola usaha nantinya. 

Pada Pelatihan Angkatan ke-17 ini, untuk pertamakali diselenggarakan di Komplek Sekolah BUMDes, sebuah tempat milik Bumdes.id yang dirancang khusus sebagai pusat pendidikan BUMDes.

Berbagai kegiatan pendidikan, pelatihan dan konsultasi menjadi aktivitas sehari-hari komplek ini. Berada di Jalan Nogotirto No 26 Banyuraden, Gamping, Sleman, 55392, Yogyakarta.

Setelah dua hari mengikuti materi Classing dan diskusi, Hari Ketiga bakal berupa kunjungan ke Desa Pandowoharjo, Sleman, sebuah desa di bagian utara Kota Yogyakarta yang berhasil mengembangkan usaha pengolahan sampah dan pengembangan pertanian organik.

BUMDes Amarta Desa Pandowoharjo menjadi desa tempat banyak desa berkunjung karena memiliki manajemen usaha yang sangat terstruktur dan melahirkan berbagai unit usaha lain kemudian.

Pada kesempatan kali ini Peserta TOT akan melakukan studi lapangan di unit usaha BUMDes Amarta yaitu; Pengelolaan Sampah dan Pupuk Kompos Organik, Rumah Produksi Batik Ayu Arimbi, serta Budidaya Domba.

Salahsatu uniknya pelatihan yang digelar Bumdes.id adalah, para peserta pelatihan bukan hanya para pengurus BUMDes dan perangkat desa. Melainkan juga para akademisi yang datang dan mengikuti pelatihan karena tertarik terlibat lebih menyeluruh pada pengembangan BUMDes pada desa-desa dampingan yang telah dibina para akademisi berbagai perguruan tinggi. 

Jadi, Pelatihan BUMDes bukan hanya dibutuhkan oleh para pengurus BUMDes, perangkat desa ataupun pegiat desa yang lain. Tetapi juga sangat penting diikuti oleh para akademisi dan berbagai lembaga yang konsen pada pengembangan potensi desa.

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan.

Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda. 

Yogyakarta, 15 Juli 2019

Pengelola Bumdes.id dan Sekolah BUMDes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *