Unit Usaha BUMDes ini bisa Menjadi Alternatif Usaha BUMDes

Bumdes.ID – Dalam membangun kemandirian sebuah desa, diperlukan sebuah Badan Usaha Milik Desa ( BUMDES ) yang kuat sehingga menjawab tantangan itu. Kemandirian sebuah desa bukan tidak mungkin akan terwujud jika memiliki BUMDes yang kuat.

Dalam peraturan yang ada untuk mewujudkan bumdes yang kuat harus mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah desa. BUMDes adalah Badan Usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari Kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk kesejahteraan masyarakat Desa.

Bisa diartikan bahwa BUMDes ini dibentuk untuk tujuan mensejahterakan Masyarakat Desa. Nah untuk memujudkan itu dibutuhkan sebuah BUMDes yang kuat, namun untuk memulainya tentunya diperlukan Unit Usaha BUMDes yang bisa menjawab tantangan dan paling mungkin untuk secepatnya meningkatkan kesejahteraan Rakyat.

Untuk itu Tim BUMDES.ID merangkum berbagai macam ide Unit Usaha BUMDes yang bisa lakukan atau terapkan untuk BUMDES yang akan kita bangun.

Unit Usaha BUMDes

1. Bidang Layanan ( Service )

BUMDes digunakan untuk melayani kebutuhan warga? Kenapa tidak. Dalam hal ini BUMDes bertindak sebagai penyedia layanan publik bagi masyarakat. Dengan kata lain BUMDes memberikan layanan kepada masyarakat dalam hal sosial, meskipun dengan keuntungan yang tidak terlalu besar.

Contoh Unit Usaha BUMDes yang bisa lakukan dalam hal ini adalah layanan air minum desa. Baik untuk pengelolaan air bersih maupun pengelolaan air minum dan berbagai layanan social lainnya yang dibutuhkan masyarakat.

2. Bidang Keuangan ( Finance )

Unit Usaha BUMDes selanjutnya yang bisa dilakukan adalah Unit Keuangan. Dalam hal ini BUMDes menjalankan usaha simpan pinjam untuk memenuhi kebutuhan keuangan masyarakat desa dengan bunga pinjaman usaha yang lebih rendah ataupun tanpa bunga. Yang mana sering didapatkan masyarakat desa dari para rentenir desa atau bank-bank konvensional pada umunya.

Contoh Nyata Ide Usaha BUMDes dibidang keuangan yakni : Bank Desa atau Koperasi serta Lembaga Keuangan Desa yang memberikan pinjaman usaha kepada Masyarakat Desa dengan bunga rendah bahkan tanpa bunga. Menarik kan, selain bisa menyelesaikan keuangan masyarakat, Desa juga diuntungkan dengan bunga yang didapatkan dari unit usaha ini.

3. Bidang Penyewaan ( Rent )

BUMDes menjalankan usaha Bidang Penyewaan dengan tujuan untuk melayani kebutuhan masyarakat setempat dan sekaligus untuk memperoleh pendapatan desa. Kegiatan usaha di bidang Ini sudah lama berjalan di banyak sekali desa, terutama desa-desa yang berada di Pulau Jawa.

Contoh Ide Usaha BUMDes bidang Penyewaan yakni : Penyewaan Peralatan Pertanian, Penyewaan Peralatan Peternakan, Perkakas Pesta, Gedung, Rumah, Tanah, Dan Lain Sebagainya.

4. Bidang Perantara ( Brokering )

BUMDes bisa juga menjadi “lembaga perantara” yang menghubungkan antara hasil dari produktivitas Masyarakat Desa dengan pasar luas.

Atau bisa juga BUMDes menjual jasa pelayanan kepada Masyarakat Desa ataupun unit-unit usaha dari masyarakat Desa.

Contoh Ide Usaha BUMDes dibidang Brokering adalah seperti : Jasa pembayaran listrik, PAM, Telp, Jasa Pembayaraan Pajak Kendaraan Bermotor dan lain sebagainya. BUMDes bisa juga mendirikan pasar desa untuk memasarkan atau memperkenalkan produk-produk unggulan yang dihasilkan oleh masyarakat Desa.

5. Bidang Perdagangan ( Trade )

BUMDes dapat menjalankan bisnis perdagangan dengan menjual hasil produksi Masyarakat Desa atau barang-barang tertentu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Desa. Atau pun bisa juga memasarkan produk tersebut pada pasar dengan sekala pasar yang lebih luas.

Contoh Ide Usaha BUMDes dibidang Perdagangan antara lain : Sentra Hasil Bumi Desa, Sentra Kerajinan Desa, Sentra Makanan Olahan Desa, dan lain sebagainya.

6. Induk Usaha ( Holding )

BUMDes sebagai ”usaha bersama”, atau sebagai Induk Usaha dari unit-unit usaha yang ada di desa. Yang mana tiap-tiap unit berdiri sendiri, namuan diatur dan ditata kelolanya berinduk pada BUMDes agar dapat bertumbuh dan berkembang bersama.

Nah itu tadi adalah beberapa jenis unit usaha bumdes yang bisa dilakukan oleh sebuah BUMDES untuk meningkatkan keuntungan dalam menjalankan Usaha. Dari beberapa jenis unit usaha diatas mungkin ada yang cocok untuk dijadikan unit usaha.

Nah buat yang ingin sukses membangung sebuah BUMDES bisa langsung datang ke Sekolah BUMDES SMB dari bumdes.id, ada banyak hal yang bisa dipelajari dari sekolah ini seperti cek kesehatan bumdes, sistem akuntansi bumdes dan bagaimana membangun sebuah BUMDES yang kuat dan berdaya saing. Yuk ikuti Sekolah BUMDES. [ Ahmad / Bumdes.ID ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *