Membangun Desa dari Meningkatkan Kualitas SDM, begini Caranya

Bumdes.id – Bagaimana membangun Indonesia sudah menjadi sebuah wacana yang menarik dewasa ini. Pemerintah lewat UU Desa sudah gencar melakukan penyuluhan tentang dana desa dan bagaimana mengelolanya.

Namun masih banyak ditemukan dan pikiran masyarakat bahwa keberhasilan sebuah kepala desa dilihat dari jumlah pembangunan infrastruktur yang dikerjakan / didapatkan saat menjabat kepala desa.

Ada satu hal yang dilupakan yaitu tentang kualitas SDM di Desa.

Dengan adanya UU Desa ini banyak kisah sukses tentang desa dari Bumdes yang dibangun namun hal itu juga masih banyaknya Bumdes yang tidak sukses. Bumdes yang sukses kebanyakan berada di kawasan yang sudah dibilang kawasan kota. Masih banyak Bumdes di daerah yang belum maju karena masih terkendala dengan SDM.

Bagaimana mengatasi SDM yang lemah ini?

Mungkin sudah banyak Bumdes yang keluar dari zona rintisan? Market sudah steady, system sudah jalan, cashflow lancar, tetapi anda bakalan nemuin masalah-masalah baru. Riset kita menemukan 80% masalah bisnis terkait mansia atau SDM.

Terus bagaimana solusinya?

Kita harus menerapkan teknik tepat. Bumdes.id dan tim Syncore Consulting mengusung pendekatan integratif Strategic Human Resource Management (SHRM). SHRM menekankan pada strategic alignment atau keselarasan antara strategi dengan kebijakan dan pratik pengelolaan SDM.

Apakah itu sudah cukup? Tentu belum.

Ada teknik yang sekarang populer dengan nama CMC ( Coaching Mentoring Counseling ) untuk merawat talenta berkinerja unggul dan mengangkat staff-staff yang kurang perform. Nah kita beruntung pakarnya Ibu Veny Hidayat mau meluangkan waktu berbagi dengan kita-kita.

Catat ya waktunya Sabtu 10 Agustus 2019. Tempatnya di Co-Creative Space Meravi.id

Upaya ini kami maksudnya untuk memberikan pemahaman dan layanan konsultasi dan pelatihan SDM yang berkualitas dengan harga terjangkau. Bentuk kontribusi nyata kami membangun negeri.

Nah dengan mengikuti CMC ( Coaching Mentoring Counseling ) ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas SDM yang mengelola BUMDES sehingga Bumdes yang ada di Desa bisa terus berkembang. [ Ahmad / Bumdes.id ]  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *