Pentingnya Pelatihan Digital Marketing

Pentingnya Pelatihan Digital Marketing
Pentingnya Pelatihan Digital Marketing

Bumdes.id, apa kabar sahabat BUMDes? Berbicara digital marketing atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek baik produk atau jasa dengan menggunakan atau memanfaatkan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, bersifat pribadi, dan relevan.

Keberadaan digital marketing begitu penting, seperti telah dibahas dalam artikel sebelumnya Pentingnya Strategi Digital Marketing Bagi BUMDes   tim Sekolah Bumdes telah melakukan kajian tentang marketing dan digital marketing bagi BUMDes, kajian yang kami lakukan berdasarkan riset atau studi lapangan dari berbagai BUMDes yang telah menerapkan cara-cara pemasaran dengan teknik digital marketing, BUMDes yang merupakan mitra kerja BUMDes.id dan Sekolah Bumdes.

Perlu diketahui model digital marketing mencakup beragam teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran dengan menggunakan internet. Sehingga penerapannya dilakukan melalui berbagai perangkat dan platform digital; website, sosial media, dan lain sebagainya.

Di era  baru ini, atau kita sebut sebagai era digital, kita tidak dapat lepas untuk ikut terlibat di dalamnya, terutama ketika kita adalah pelaku usaha, seperti halnya Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes), pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah, dan pelaku usaha pada umumnya. Kenapa? Karena ini adalah pasar baru, era di mana pengenalan dan pemasaran produk atau jasa tidak lagi terbatas ruang dan waktu.

Unit usaha BUMDes desa wisata sebagai contoh, jika tidak melakukan pemasaran digital, maka akan sulit menarik pengunjung, hal ini terjadi karena masyarakat atau pasar pada dasarnya akan mencari terlebih dahulu referensi dari lokasi wisata yang akan dikunjungi. Sehingga untuk menarik pengunjung, unit usaha BUMDes ini perlu melakukan strategi digital marketing, maka ketika ada yang mencari referensi tujuan wisata akan mendapatkan lokasi atau destinasi wisata dari BUMDes tersebut.

Ketika seseorang melakukan kunjungan ke suatu tempat, tidak lagi heran jika kemudian melakukan foto-foto, dan kemudian akan mengunggah foto tersebut ke media sosial milik mereka. Dengan mengunggah foto, berarti pengunjung desa wisata telah memberi testimonial ataupun sekedar check-in, dan akan dibaca atau dilihat oleh jaringan sosial media miliknya, yang tidak menutup kemungkinan dari sekian banyak jaringan media sosial tersebut akan ada yang tertarik untuk juga mengunjungi  desa wisata.

Begitulah kekuatan  media sosial, tidak terbatas ruang dan  waktu. Karenanya menjadi begitu  penting sebagai pelaku BUMDes harus memikirkan tim digital marketing. Tim ini kemudian yang akan menjadi ujung tombak dari proses pemasaran atau pengenalan unit usaha BUMDes. Sehingga segala informasi dan pertanyaan terkait unit usaha BUMDes dapat diberikan dan dijawab untuk masyarakat umum.

Secara umum di bawah ini adalah hal-hal yang harus dilakukan dari tim digital marketing unit usaha BUMDes, dalam menjalankan strategi digital marketing.

1. Lakukan secara konsisten

Ketika akan menjalankan digital marketing maka ketika sudah aktif membuat saluran atau akun, maka seterusnya harus aktif. Artinya, kegiatan posting di media sosial harus terus dilakukan, aktivitas ini diantaranya: posting status dan berinteraksi dengan pengikut atau pasar dengan menjawab pertanyaan atau komentar yang ada.

2. Buat Perencanaan dan Tujuan

Biar tidak kehabisan ide, buatlah perencanaan konten untuk kegiatan media sosial Anda. Konten untuk hari pertama, kedua, dan seterusnya. Tetapkan tujuan tertentu, semisal untuk publikasi diskon, hadiah ataupun sukseskan ulang tahun perusahaan.

3. Gunakan Akun Khusus

Media sosial pada dasarnya memiliki dua jenis akun, pertama adalah akun yang bersifat personal atau pribadi, kedua adalah akun yang bersifat mewakili lembaga, kelompok, atau unit usaha, disebut sebagai akun bisnis. Maka jangan sampai mencampung akun, harus jelas jenis akun yang digunakan.

4. Lakukan Komunikasi Dua Arah dan Follow Up

Ketika telah aktif melakukan digital marketing, maka akan mendapatkan respons komentar dari masyarakat. Respons ini bisa dalam bentuk pertanyaan, testimonial ataupun komplain. Maka balaslah setiap komentar dengan baik, dan lakukan follow up, sehingga dapat menjadi potensi pasar.

5. Hindari Hard Selling

Tujuan dari marketing digital adalah terjualnya produk atau jasa, siapa yang pasarnya? Pasarnya adalah follower dan masyarakat luas yang ada di internet. Maka agar pengikut media sosial tetap betah, jangan melakukan hard selling, coba untuk memberi informasi yang bermanfaat, menghibur dan tidak melulu soal produk atau jasa yang kita jual. Ketika kita terus menerus jualan akan membuat mereka bosan.

6. Pahami Target

Target dari unit usaha selalu berbeda, maka buatlah target unit usaha BUMDes yang ada. Target berarti sasaran. Apa saja yang harus dipahami? Meliputi target pasar, target penjualan, target fans atau follower. Dengan memahami sasaran, maka akan terpola jenis konten dan waktu publikasi konten.

7. Ragam Tampilan dan Manajemen Konten

Dalam mengunggah atau membuat status postingan harus variatif. Buat tampilan teks, gambar atau video pada status akun media sosial sekreatif mungkin. Lakukan kombinasi, dan tetapkan ciri khas yang mewakili dari unit usaha yang kita tawarkan. Kemudian lakukan manajemen konten, sehingga jelas konten-konten yang akan diunggah.

8. Gunakan Iklan

Melakukan pemasaran tentu membutuhkan dana, nah jika ada dana marketing yang cukup maka tidak ada salahnya untuk melakukan iklan di media sosial. Mengapa iklan penting? Karena akan tertarget dan sesuai dengan produk atau jasa yang akan diiklankan.

9. Lakukan Evaluasi

Evaluasi adalah kunci, namun sering kali dilupakan. Evaluasi ini bertujuan untuk melakukan koreksi dan memberikan solusi. Sehingga dalam periode selanjutnya dapat dilakukan lebih maksimal lagi.

10. Bentuk Tim yang Kompeten

Membentuk tim digital marketing adalah yang terpenting, karena hal-hal di atas akan dapat dijalankan ketika sudah ada tim digital marketing yang kompeten.

Membentuk tim media digital adalah investasi jangka panjang di era digital ini. Sehingga dapat menjawab seluruh pertanyaannya bagaimana cara yang tepat dalam membangun media sosial sebagai bentuk saluran digital marketing? Bagaimana tim digital marketing milik BUMDes dapat menciptakan konten yang menarik? Jawabannya  adalah pengetahuan yang cukup mengenai digital marketing, maka perlu mengadakan pendidikan dan pelatihan yang serius dan khusus.

Kami di Sekolah Bumdes memiliki program khusus untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia dalam bidang digital marketing, yaitu Workshop Digital Marketing, dalam workshop ini akan membahas materi

1. Membangun Narasi dan Teknik Copywriting
2. Teknik Fotografi Menggunakan Handphone
3. Menjadi Viral di Sosial Media
4. Teknik SEO, Facebook Ads dan Instagram Ads

Mau tahu lebih lanjut tentang digital marketing? Ayo kunjungi Sekolah BUMDes, selain pendidikan dan pelatihan mengenai digital marketing, Sekolah Bumdes juga fokus pada materi perihal usaha BUMDes dan juga Cek Kesehatan Usaha (CKU) BUMDes.

Selain itu, Sahabat BUMDes juga bisa melakukan kunjungan ke BUMDes-BUMDes terbaik di Jogjakarta bersama Bumdes ID sehingga bisa mengadopsi berbagai ilmu dari BUMDes-BUMDes tersebut dan transfer ilmu serta mampu menerapkannya di BUMDes masing-masing. Bagi Anda yang memerlukan pelatihan baik individu atau kelompok, dapat menghubungi kami; Informasi pendaftaran Sekolah BUMDes lebih lanjut silakan hubungi nomor 0857 72 900 800. Salam bumdes.id ( Aryanto Bumdes.id)

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *