Pentingnya Pendidikan dan Pelatihan Pengurus BUMDes

Bumdes.id Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) memiliki peranan yang begitu penting dalam upaya membangun perekonomian desa. BUMDes menjadi wadah dalam pengelolaan usaha yang berkembang di desa, baik usaha yang dijalankan secara kolektif atau individu di sebuah desa akan menjadi maksimal. Karenanya BUMDes memiliki tugas dalam hal ini untuk melakukan pendampingan dan pengawasan.

Pendampingan dan pengawasan BUMDes terhadap keberlangsungan usaha di desa di sini diartikan sebagai mitra, yang mana BUMDes dapat menjadi wadah terjalinnya usaha bersama di desa. BUMdes menjadi pusat pendidikan dan pelatihan dalam upaya mengembangkan produk atau unit usaha yang ada.

Misalnya, ketika di sebuah desa memiliki potensi budidaya jamur, dan saat ini sudah ada pelaku usaha jamur di desa tersebut, maka keberadaan BUMDes dapat menjadi mitra dalam menyelesaikan persoalan yang selama ini dihadapi pelaku usaha budidaya jamur, misalnya dengan mencari pasar yang lebih luas, ketika pangsa pasar sudah didapat kemudian ada kejelasan kerja sama dengan pihak lain dalam penjualan, maka permintaan akan semakin meningkat.

Ketika permintaan meningkat, maka kebutuhan untuk budidaya juga meningkat, maka desa melalui BUMDes dan pelaku budidaya jamur yang sudah ada dapat melakukan pendidikan dan pelatihan usaha jamur kepada masyarakat, kemudian BUMDes dapat menjadikan warga yang belum memiliki usaha dan telah menjalani serangkaian pendidikan dan pelatihan untuk menjadi mitra dengan menyertakan modal atau prasaran budidaya jamur.

Maka, satu desa bisa dijadikan sentra jamur, tentu akan menarik dan untuk pasar tidak lagi perlu khawatir karena sudah dikelola BUMDes, begitu pula dengan olahan dari jamur yang dapat lebih variatif dengan memberdayakan masyarakat dari unit mitra usaha BUMDes.

Kondisi di atas tidak mungkin dapat tercapai jika dalam tubuh BUMDes sendiri belum memiliki kapasitas dan kualitas yang mumpuni. Karenanya perlu menjadi perhatian adalah meningkatkan sumber daya manusia di dalam kepengurusan BUMDes, sehingga dapat memberikan atau menularkan semangat wirausaha, ilmu pengetahuan dan teknologi dunia usaha ke warga desa secara menyeluruh untuk menjadi bagian dari lahirnya desa wirausaha.

Tidak dapat dipungkiri, belum maksimalnya pelatihan bagi pengelola BUMDes pada akhirnya menjadikan BUMDes yang dikelola tidak berjalan sebagaimana mestinya, oleh sebab itu menjadi penting untuk mengadakan pendidikan dan pelatihan bagi pengelola BUMDes agar dapat menjalankan unit usaha BUMDes sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Pendidikan dan Pelatihan BUMDes akan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan yang memadai bagi pengelola sehingga dapat menjalankan BUMDes dengan baik. Selain kemampuan teknik seperti akuntansi dan manajerial, pelatihan yang bersifat pendalaman karakter juga diperlukan agar melahirkan pengelola staf BUMDes yang jujur dan amanah.

Sangat penting bagi pengurus BUMDes memiliki kemampuan dan kemampuan yang mumpuni serta karakter yang baik, agar BUMDes yang dijalankannya dapat mengelola dana dari masyarakat dan pemerintah dengan tepat, sehingga tidak lagi ada cerita dana yang diselewengkan untuk kepentingan pribadi maupun kelompok, karenanya setiap kegiatan di BUMDes jika dikelola dengan baik pasti akan dapat dipertanggung jawabkan.

Dalam hal pendidikan dan pelatihan guna meningkatkan kapasitas sumber daya manusia untuk pengelolaan BUMDes, bumdes.id dan Sekolah Bumdes adalah lembaga yang memiliki komitmen untuk memberikan pendidikan dan pelatihan pengelola BUMDes menuju BUMDes Maju.

Apa itu sekolah BUMDes? Sekolah BUMDes merupakan sebuah layanan yang kami tawarkan dengan berbagai kurikulum di dalamnya yang mana disesuaikan dengan permasalahan – permasalahan yang kami temukan dalam perjalanan kami mendampingi desa dan BUMDes di seluruh Indonesia.

Kami telah melakukan pengelompokan masalah dan predikat dari BUMDes Bintang 1 hingga 3 dengan berbagai permasalahan yang dihadapi. Melalui Sekolah BUMDes ini, BUMDes akan dipetakan permasalahannya, diberikan materi-materi sesuai kebutuhan atau permasalahan dan dilengkapi dengan tol – tol agar dapat langsung diterapkan dan memecahkan masalah yang ada. BUMDes harus bangkit, BUMDes harus aktif dan bisa segera berperan besar bagi desa untuk mewujudkan desa yang maju, desa yang berdaulat, dan masyarakat desa yang sejahtera.

Sekolah Bumdes menerima kunjungan setiap hari kerja, untuk memberikan layanan seputar update informasi BUMDes, jika Anda sedang berada di Yogyakarta maka tidak salah jika Anda menyempatkan waktu luang Anda untuk berkunjung  ke Sekolah Bumdes sebagai pusat pendidikan dan pelatihan BUMDes di Indonesia.

Sekolah Bumdes beralamat di  Jalan Nogotirto No 15 B Gamping Sleman, Area Sawah, Banyuraden, DIY, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Informasi lebih lanjut perihal jadwal pendidikan dan pelatihan serta jadwal kunjungan dapat menghubungi Telepon: 0857-7290-0800. [ Aryanto Bumdes.ID ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *