Belum Ikut Traing of Trainer Pendamping Bumdes?

Peserta Training of Traines sedang praktik pemetaan bentang dan potensi usaha.

Bumdes.id Sahabat Bumdes sebagian dari kita tentu tidak asing dengan istilah Training of Trainer, bahkan sebagian dari kita telah atau pernah mengikuti bahkan mengadakan kegiatan training of Trainer.

Training of Trainer dalam bahasa Indonesia jika diartikan secara sederhana berarti Pelatihan untuk Pelatih. Jika kita definisi secara lebih luas adalah adalah pelatihan yang diperuntukkan bagi orang yang diharapkan setelah selesai pelatihan mampu menjadi pelatih dan mampu mengajarkan materi pelatihan tersebut kepada orang lain.

Maka, menjadi penting kita untuk mengikuti Training of Trainer, bagaimana kita melakukan proses pemindahan pengetahuan dan keterampilan dari seseorang kepada orang lain sehingga orang lain tersebut menjadi cakap dalam pekerjaannya. Terutama bagi kita yang selama ini bergerak dalam pemberdayaan masyarakat dalam hal ini Badan Usaha Milik Desa.

Mengapa demikian? Kita ketahui bersama, peningkatan Sumber Daya Manusia masih menjadi konsen utama dalam rencana pemerintah dalam lima tahun mendatang. Sesuai dengan slogan hari kemerdekaan ke 74 SDM Unggul Indonesia Maju. Tentu, ini menjadi tantangan kita bersama untuk dapat memeratakan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat luas.

Bagaimana mungkin ilmu pengetahuan dan teknoliogi dapat merata, ketika para agent perubahan pun belum menguasai materi yang dibutuhkan oleh masyarakat yang dalam hal ini sebagai objek dampingan? Maka, menjadi begitu penting untuk kita menguppgrade ilmu pengetahuan dan teknologi, mengupgrade pengetahuan kita di lingkup keilmuan yang akan kita sampaikan kepada masyarakat.

Misalnya untuk peningkatan Sumber Daya Manusia di desa, yang saat ini sedang tumbuh berkembang melalui berbagai program, salah satunya BUMDes maka kita perlu membekali diri dengan pengetahuan mengenai BUMDes, sehingga kita dapat menjadi Pendamping bumdes yang berkompeten dan mampu menyalurkan ilmu pengetahuan dengan baik.

Pun, belaku bagi pengelola BUMDes agar juga menguasai detail dan seluk belum pendirian, pengembangan dalam memajukan unit usaha BUMDes. Maka perlu untuk mengikuti pelatihan, pengelola BUMDes pun hendaknya menjadi trainer bagi anggoatanya, sehingga rekgenerasi dan rekrutitmen dapat dilakukan dengan baik.

Dalam melaksanakan Training of Trainer, Secara umum ada 3 tahapan untuk Training of Trainer (TOT), masing-masing tahapan pelatihan tersebut mempunyai tujuan yang berbeda. Berikut adalah 3 tahapan dari training of trainer, yaitu antara lain :

  1. Pelatihan ketrampilan melatih (training delivery)
  2. Pelatihan menyusun langkah atau tahapan melatih (session design)
  3. Pelatihan ketrampilan mendisain kurikulum pelatihan (curriculum design).

Ketiga pelatihan di atas, pada dasarnya menjadi satu paket dalam Training of Trainer yang diselenggarakan oleh Bumdes.id dan Sekolah Bumdes, melalui program Training of trainer Pendamping Bumdes. Apa itu Training of Trainer Pendamping Bumdes?

Training Of Trainer Pendamping Bumdes adalah program pelatihan bagi pendamping Bumdes yang diselenggarakan oleh Bumdes.id dan Sekolah Bumdes. Dimana program ini sebagai upaya percepatan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia di Desa dalam hal ini Bumdes. Dengan menciptakan trainer-trainer handal dan berkompeten.

Apa saja materi yang diajarkan dalam Training of Trainer Pendamping Bumdes?

Selama 3 hari kami akan sharing tentang bagaimana Pembentukan, Penguatan dan Pengembangan BUMDES, secara sistematis dan aplikatif.

MATERI secara umum:

  1. Teknik fasilitasi & Filosofi Bumdes ID : bagaimana membina suasana dan relasi dengan warga desa, sehingga pendampingan bisa berjalan dengan lancar dan menyenangkan, serta memahami kaitan BUMDES dengan Pemerintah Desa dan Warga.
  2. Pemetaan Potensi dan Pemilihan usaha : ikuti metode yang dikembangkan Bumdes.id untuk secara cepat dan komprehensif menilai potensi-potensi dan memilih berdasarkan kesepakatan dengan warga.
  3. Penyusunan AD/ART dan Perdes: aspek legal apa yang perlu diperhatikan dalam menyusun AD/ART dan Perdes.
  4. Menyusun Struktur dan menguatkan tata kelola : Bagaimana menyusun struktur, memilih orang dan membangun tata kelola.
  5. Perencanaan dan Penganggaran : bagaiman menghubungkan rencana strategis desa, dengan rencana strategis bumdes, dan rencana kegiatan dan anggaran tahunan.
  6. Showing Software Akuntansi Bumdes ID: bagaimana mencatat dan melaporkan keuangan bumdes dengan aplikasi Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDES (SAAB).
  7. Pengembangan BUMDES – Going Digital (web profile dan e-commerce ): Bagaimana BUMDES dapat mengembangkan pemasaran dengan bantuan teknologi digital.
  8. Studi lapangan ke Bumdes Amarta : Pengelolaan Sampah, Pupuk Kompos Organik, Batik, Budi daya domba, perikanan.

FASILITAS yang akan didapat:

  1. Sertifikat
  2. Modul
  3. Coffee break dan makan siang selama pelatihan
  4. Buku Peta Jalan Bumdes Sukses

Kapan waktu terdekat pelaksanaan Training Of Trainer?
Dapat cek update pelaksanaan di : https://www.facebook.com/sekolahbumdesSMB/ dan www.bumdes.id

Di mana pelaksanaan Training Of Trainer tersebut?
Bertempat di Sekolah BUMDes, Jalan Nogotirto Nomor 15 B, Yogyakarta 55293.
Bagaimana cara mendaftarnya?
Telp/SMS/WA 0857 72 900 800 (tim bumdes.id) atau 0877 38 900 800 (Bu Diana)
Klik WA: https://wa.me/6285772900800

Bagi Anda Akademisi, Pendamping Desa, Pendamping BUMDes, tunggu apa lagi, mari menjadi bagian dalam upaya pengembangan peningkatan Sumber Daya Manuisa, dengan menjadi Master Bumdes yang berkompeten. (Aryanto/Bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *