Bisnis Sosial BUMDes

Unit Usaha Pengelolaan Sampah BUMDes Amarta

Bumdes.id Jenis-jenis usaha atau bisnis yang dapat dikembangkan oleh BUMDes adalah sebagai berikut: Usaha penyewaan (renting), Usaha perantara (brokering), Usaha berproduksi dan/atau berdagang (trading), Usaha bisnis keuangan (financial business), Usaha bersama (holding, Usaha sosial (social business).

Usaha sosial (social business) sederhana yang memberikan pelayanan umum (serving) kepada masyarakat dengan memperoleh keuntungan finansial. Usaha ini bersifat usaha ekonomi pelayanan publik yang sifatnya sosial namun bernuansa bisnis kepada masyarakat meskipun kurang memberikan keuntungan secara maksimal. Contoh dari jenis usaha ini misalnya;

  1. pengelolaan air minum desa,
  2. pengelolaan sampah
  3. irigasi desa
  4. listrik desa,
  5. lumbung pangan,
  6. usaha-usaha terkait sumber daya lokal dan teknologi tepat guna.

Dalam pengertian umum usaha  sosial atau bisnis sosial adalah sebuah organisasi atau perusahaan yang menggunakan strategi komersial untuk meningkatkan kesejahteraan finansial, sosial, dan lingkungan—untuk memaksimalkan profit sekaligus dampak baik bagi setiap elemen yang terlibat di dalam usahanya.

Salah satu perbedaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan badan usaha yang lain, terletak pada kemauan dan kemampuannya dalam menjalankan bisnis sosial. Esensi bisnis sosial adalah menyelesaikan masalah-masalah sosial yang ditangani dengan manajemen bisnis. BUMDes dalam tataran bisnis sosial tidak menekankan pada sisi profit, akan tetapi benefit. Ukurannya adalah berapa masalah sosial di desa yang mampu ditangani secara bisnis.

Setiap layanan dasar sosial di desa yang mampu dikelola secara profesional dengan menekankan nilai manfaat daripada surplus, itulah bisnis sosial. Yang seyogyanya dilakukan oleh BUMDes. Ini artinya kehadiran BUMDes dalam menyelesaikan masalah sosial dengan tetap memperhatikan kemampuan operasional menjadi tujuan yang diharapkan. (Aryanto/bumdes.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *