Kelas Digital Marketing Desa

Sekolah BUMDes bersama dengan bumdes.id membuka kelas digital marketing desa yang bisa digunakan untuk meningkatkan tingkat pendapatan asli desa melalui pemasaran online melalui internet.

Pemasaran merupakan salah satu hal penting dalam sebuah usaha, bahkan dalam lingkup desa sekalipun pemasaran sangatlah penting untuk dilakukan karena akan bisa meningkatkan pendapatan sebuah usaha. Apalagi BUMDes yang baru tumbuh sangat memerlukan sistem pemasaran untuk menunjang penjualannya.

Kelas Digital Marketing Desa ini wajib untuk anda ikuti. Bukan hanya untuk anda yang sedang ingin meningkatkan keuntungan usahanya, namun juga buat anda yang baru akan memulai sebuah usaha / unit usaha baru untuk bumdes.

Di Era Digital seperti sekarang ini semua yang akan kita tawarkan atau yang akan kita kerjakan sebaiknya kita bagikan ke berbagai macam media sosial yang kita miliki guna menjangkau lebih banyak orang. Dalam kelas digital marketing desa ini kita bisa menargetkan pasar apa yang sebaiknya kita tuju. Kita bisa mengetahui keinginan dan kebutuhan target konsumen kita.

Dengan cara mengetahui keinginan dan kebutuhan pasar kita maka besar kemungkinan usaha atau bisnis yang kita lakukan akan gagal. Dengan mengetahui kedua hal tersebut maka kita sebagai pelaku usaha akan memiliki referensi yang cukup untuk keberlangsungan usaha yang akan kita jalani kelak.

Di Era kecanggihan teknologi seperti sekarang ini, pemasaran tidak lagi hanya dilakukan dengan cara face to face dengan konsumen. Dengan adanya era industri 4.0 ini digital marketing sangat berperan penting dalam mengembangkan dan memasarkan barang ataupun jasa yang akan kita jual.

Digital Marketing ini sendiri adalah pemasaran yang dilakukan melalui dunia internet yang dilakukan secara komputerisasi atau menjadikan produk-produk yang kita jual menjadi sebuah bahan / foto yang menarik untuk dilihat oleh calon konsumen. Selain itu juga manfaat utama dari digital marketing ini sendiri adalah menghemat tenaga dan lebih menghemat pengeluaraan perusahaan.

Lalu yang menjadi pertanyaan buat kita yang tinggal di desa bagaimana ? Apa pengaruh Digital Marketing ini terhadap perekonomian di Desa? Apa Pentingnya Kelas Digital Marketing Desa ini untuk BUMDES?

Dengan adanya Undang-undang Desa tahun 2014 ini desa bisa menjadi pusat perekonomian. Undang-undang yang mengatur untuk membuat ekonomi di pedesaan menjadi lebih maju ini bisa terwujud dengan adanya salah satu usaha milik desa yang mampu menjawab semua kebutuhan warga dan memilih skala prioritas mana yang ingin dikembangkan.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa desa merupakan salah satu tempat yang menghasilkan sumber daya alam lewat berbagai macam hasil pertanian yang bisa mensuplai berbagai macam kebutuhan orang yang tinggal di kota. Bahkan di desa sendiripun sudah banyak ditemukan usaha-usaha oleh sebagian warga desa yang sukses dan merebut pasar domestik.

Maka untuk mewujudkan tingkat kemajuan ekonomi dari desa ini diperlukan adanya sebuah pelatihan digital marketing desa untuk meningkatkan jumlah pendapatan warga masyarakat yang hidup di desa atau untuk meningkatkan pendapatan bumdesnya.

Kelas Digital Marketing Desa

Materi Kelas Digital Marketing Desa

  1. Membangun Narasi dan Teknik Copywriting
  2. Teknik Fotografi Menggunakan Handphone
  3. Menjadi Viral di Sosial Media
  4. Teknik SEO dan FB Ads

Ke empat materi tersebut diatas akan di kupas tuntas dalam waktu sehari, dan peserta akan mendapatkan bimbingan langsung dengan mentor dengan adanya grub diskusi. Dengan demikian maka jika peserta masih ada yang kebingungan diharapkan bias langsung berkonsultasi langsung dengan mentor di grub diskusi.

Namun tetap saja yang menjadi sebuah masalah utama yang ada di Desa adalah mengenai tingkat pengetahuan masyarakat tentang digital marketing ini masih rendah. Orang yang ada di desa masih jarang yang menggunakan computer secara langsung atau berbagai alat seperti smartphone pun masih bias dihitung dengan jari.

Ini merupakan salah satu penghambat utama guna meningkatkan ekonomi dari desa, namun tentunya dengan pemilihan kader-kader desa yang kompeten dan dilatih digital marketing bukan tidak mungkin ini bias tercapai lebih cepat. Dari kader desa selanjutnya akan diteruskan ke pemuda desa akan membuat percepatan peningkatan perekonomian desa ini akan semakin meningkat.

Hal lain yang mungkin bias menjadi penghambat adalah adaya budaya dari masyarakat ini sendiri yang sulit untuk diubah. Minimnya Pendidikan dan susahnya mereka menerima hal yang baru kadang masih menjadi hambatan utama. Maka dari itu kita bisa menyiapkan kader-kader muda yang melek dengan perkembangan teknologi.

Maka dari itu perlunya Pelatihan Digital Marketing Desa ini perlu dilakukan guna mempercepat produk asli desa dikenal di luar desa. Kelas Digital Marketing Desa ini tidak hanya bisa mengenalkan produk desa di kancah nasional, namun bisa internasional juga.

Bagi Desa yang sudah menerapkan Digital Marketing dari pemasaran yang dilakukan ini tentunya bisa kita lihat tingkat Pendapatan Asli Desanya yang jauh lebih besar dibandingkan dengan Desa yang tidak menggunakan pemasaran digital ini.

Sebagai contoh misal sebuah desa di Kawasan Wonosobo lebih tepatnya di Dusun Dukuh Desa Dempel Kalibawang ini menjual Oyek / Tiwul ini per liter biasanya dijual di tengkulak dengan harga Rp. 10.000/liter. Lewat Pemasaran Digital dengan membranding ulang dan membuat kemasan yang lebih menarik bisa menjual seharga Rp. 27.000 / liter.

Mereka menggunakan media marketplace dan tingkat penjualannya pun meningkat. Dengan harga yang hamper tiga kali lipat ini nyatanya mereka bisa menjualnya setiap hari dan mendapatkan omset yang meningkat jika dibandingkan dengan dijual ke tengkulak secara langsung.

Nah itu baru sebagian contoh kecil yang bisa dilakukan lewat pemasaran digital. Oleh sebab itu mari ikuti Kelas Digital Marketing Desa untuk lebih meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa.

Bukan tidak mungkin semakin banyak warga desa yang melek teknologi ini maka bisa meningkatkan kesejahteraan warga desa. Tentunya ini yang diinginkan pemerintah, sebuah desa bisa mandiri dan kedepan bukan tidak mungkin pembangunan infrastruktur di desa ini bisa dibangun lewat hasil kerja keras para pengurus BUMDES yang benar-benar peduli nasib desanya.

Yuk Segera Ikuti Pelatihan Digital Marketing Desa / Kelas Digital Marketing Desa ini untuk mewujudkan hal itu. Informasi pendaftaran bisa langsung menghubungi nomor 085 772 900 800.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *