Trainer Sukses Hanya Ada di Jawa, Siapa Bilang?

BUMDES.ID – BUMDes Pematang Johar terletak di Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli  Serdang  sebagai  Desa Terbaik, masuk 5 (lima) besar tingkat Regional Sumatera dan maju dalam perlombaan tingkat Nasional. BUMDes Pematang Johar merupakan laboratorium lapangan dari para trainers Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), yang mana bekerjasama dengan Sekolah BUMDes untuk meningkatkan kapabilitas Trainers Pendamping BUMDes yang dimiliki oleh UMSU melalui Program Training of Trainers (TOT) Pendamping BUMDes Universitas.

Maka bukan tanpa sebab BUMDes Pematang Johar mampu bersaing dan berbicara di kancah nasional. Hal ini tentunya karena BUMDes Pematang Johar didampingi oleh trainers yang memiliki kualitas, baik dalam pemahaman maupun implementasi dalam mendampingi BUMDes. BUMDes Pematang Johar  menawarkan edukasi budaya  dimana mereka memiliki unit usaha Wisata Sawah, yang mana jika ada pengunjung atau tamu di sana nantinya akan diajak untuk praktek menggambar batik dengan nuansa persawahan.

Yang menarik adalah nantinya trainers UMSU yang merupakan alumni TOT akan menggunakan segala inovasinya dalam mengembangkan unit usaha yang dimiliki oleh BUMDes Pematang Johar. Banyak potensi yang dimiliki oleh BUMDes, bahkan BUMDes ini juga sudah melek akan pentingnya teknologi, hal ini dibuktikan dengan BUMDes Pematang Johar mulai mengembangkan unit usaha “Hotspot Area”, kalau bahasa anak Millenial kerap menyebutnya dengan istilah “Co-Working Space Area”.

Pendekatan ini memutus anggapan bahwa BUMDes adalah unit usaha yang kolot dan konvensional atau bisa disebut gagap teknologi. Namun tidak untuk BUMDes yang satu ini, jika selama ini masyarakat desa dalam menerima atau mengakses informasi melalui dunia maya sering terhalang atau terganggu, dengan adanya  Hotspot Area ini, warga desa baik kalangan muda maupun kalangan dewasa dapat mengakses internet sehingga mereka dapat merasakan dampak dari keberadaan BUMDes. Hal ini sesuai dengan nilai saripati kenapa BUMDes itu didirikan dan kehadirannya bisa bermanfaat untuk masyarakat warga desanya.

Kemajuan yang dimiliki BUMDes Pematang Johar dapat menjadi sebuah momentum lonjakan agar BUMDes se-Sumatera Utara dapat berkembang. Salah satunya telah muncul di Sumatera Utara sebuah BUMDes yang dapat dijadikan contoh atau kiblat tentang bagaimana pengelolaan BUMDes itu seharusnya, yaitu BUMDes Pematang Johar. Tentunya BUMDes Pematang Johar dapat dijadikan sebagai BUMDes Percontohan di Sumatera Utara yang didampingi oleh alumni Training of Trainers (TOT) Sekolah BUMDes di UMSU. (Santyo/Bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *