Bagaimana Cara Melihat Sisa Kas BUMDes di Laporan Arus Kas?

Bagaimana Cara Melihat Sisa Kas BUMDes di Laporan Arus Kas
Bagaimana Cara Melihat Sisa Kas BUMDes di Laporan Arus Kas

Laporan arus kas atau juga disebut dengan statment of cash flow merupakan bagian dari suatu laporan keuangan, yang berfungsi untuk memberikan informasi mengenai penerimaan dan pengeluaran uang kas dalam suatu periode. Pembuatan laporan arus kas ini wajib dilakukan di dalam suatu organisasi, usaha ataupun entitas dengan membuat dua laporan yang berbeda antara catatan kas penerimaan dan kas pengeluaran.

BUMDes didirikan bertujuan Meningkatkan perekonomian Desa, mengoptimalkan aset desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan desa, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa, mengembangkan rencana kerja sama usaha antar desa dan/atau dengan pihak ketiga, menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum warga, membuka lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa dan meningkatkan pendapatan masyarakat desa dan pendapatan asli desa. dari tujuan Bumder bahwa bumdes harus meningkatkan pendapatan asli desa, BUMDes harus memiliki laporan arus kas, dikarenakan laporan arus kas melihat penerimaan kas dan pengeluaran kas yang baik. Manfaat laporan arus kas yaitu :

1. Melihat posisi keuangan perusahaan dengan mudah

Dengan adanya laporan arus kas, perusahaan bisa mengetahui posisi keuangan perusahaan dengan cepat dan sangat mudah. Arus kas memperlihatkan angka positif atau arus kas bersih, artinya perusahaan memperoleh laba. Dan sebaliknya jika arus kas memperlihatkan angka negatif, maka perusahaan mengalami kerugian atau defisit. Laporan arus kas menjadi salah satu penting karena dapat menjadi dokumen pendukung dalam menilai jalannya sebuah perusahaan.

2. Meningkatkan kas perusahaan di masa mendatang

Laporan arus kas berguna untuk melihat hubungan dengan investor maupun kreditor dalam kegiatan perusahaan. Dengan melihat laporan arus kas bisa mendapatkan info mengenai penurunan dan kenaikan kas. Sehingga investor atau kreditor dapat melihat dengan mudah bagaimana kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas untuk masa depan atau bisa memprediksi kas yang akan diperoleh pada periode selanjutnya.

3. Menilai kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban

Manfaat laporan arus kas lainnya yang biasanya dibantu dengan manfaat laporan laba rugi bagi perusahaan adalah mengetahui kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban perusahaan seperti menggaji karyawan, melunasi hutang perusahaan dan lain sebagainya. Laporan arus kas berisi mengenai dari mana saja kas berasal dan untuk apa saja kas akan digunakan, sehingga baik investor maupun kreditor dapat mengetahui dengan pasti bagaimana arus kas yang ada di dalam perusahaan.

4. Membedakan laba bersih dengan arus kas bersih

Pada suatu perusahaa, angka dari laba bersih menjadi hal yang penting karena dapat menentukan apakah suatu perusahaan mengalami kegagalan atau kesuksesan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengamati laporan arus kas dari satu periode dengan periode yang lain, sehingga jika ada perbedaan antara keduanya dapat diketahui penyebabnya.

Infografik: Bagaimana Cara Melihat Sisa Kas BUMDes di Laporan Arus Kas?

Mari bersama kita membangun desa menuju Desa Mandiri dengan BUMDes Sukses. Bagi sahabat BUMDes sekalian, jangan ragu untuk memulai, mari terus tingkatkan keterampilan dan kemampuan mengelola BUMDes.

Kami, bumdes.id dan Sekolah Bumdes, selalu terbuka untuk sahabat sekalian, sebagai upaya percepatan pembangunan desa, pengembangan BUMDes, sahabat sekalian dapat berkunjung ke Sekolah Bumdes. Kami juga memiliki berbagai program Kelas yang dapat menjadi upaya percepatan pembangunan dan pengembangan Desa dan Bumdes.

Mendirikan BUMDes bukanlah suatu perkara yang mudah. Ada step by step yang harus dilalui, mulai dari Musyawarah Desa, terbitnya Peraturan Desa, membuat AD/ART, dan juga mengembangkan potensi atau masalah di desa menjadi peluang usaha BUMDes. Lantas, bagaimana agar BUMDes bisa survive dan berkembang sukses? Jawabannya adalah pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk seputar BUMDes, maka perlu mengadakan pendidikan dan kelas yang serius dan khusus.

Kami di Sekolah BUMDes memiliki program khusus untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan BUMDes dengan materi-materi yang sudah kami bagikan ke dalam beberapa kelas yang telah tersedia, antara lain: 1. Kelas Peta Jalan Bumdes , 2. Kelas Tipologi dan Model Bisnis Bumdes (Seri Penguatan Manajemen Bumdes), 3. Kelas Pola Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi Bumde. Informasi Lengkap Klik Kelas Sekolah Bumdes – Pendaftaran Training of Trainers Pendampingan Bumdes Angkatan 20

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀. (surya/bumdes.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *