Bisnis Perdagangan Sukses, BUMDes Harus Lakukan Ini!

Bisnis Perdagangan Sukses, BUMDes Harus Lakukan Ini!
Bisnis Perdagangan Sukses, BUMDes Harus Lakukan Ini!

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ideal perlu memiliki strategi yang tepat agar menjadi sukses. Tidak hanya Sumber Daya Manusia (SDM)-nya saja yang perlu diperhatikan, tapi juga dalam pengelolaan unit usahanya pun perlu diperhatikan dengan cermat sehingga muncul formula untuk menyukseskan BUMDes. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar usaha BUMDes dapat dijalankan dengan baik. Dalam hal ini tim Bumdes.id memberikan tips untuk unit usaha perdagangan.

Agar unit usaha perdagangan dapat berjalan lancer dan sukses, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan oleh pengelola BUMDes, antara lain:

1. Menjaga nama baik usaha

Menjaga nama baik memang bukan perkara yang mudah. Akan tetapi kita bisa mewujudkan hal tersebut dengan berbagai cara seperti:

  • Menjaga kualitas produk
  • Ramah dalam pelayanan
  • Tepat waktu ketika menyelesaikan orderan
  • Jujur

2. Harga bersahabat dengan kemampuan beli masyarakat desa

Tentu harus diperhatikan pelaku bisnis dagang dalam hal ini BUMDes, jangan sampai memberikan harga tinggi pada produk yang dijual secara tidak wajar. Berilah harga yang sekiranya dapat diterima masyarakat, murah tapi berkualitas.

3. Mulai berjualan dari lingkup desa

Pastikan produk yang dijual sangat dibutuhkan oleh masyarakat desa, sehingga bisa menjualnya ke lingkup desa di mana BUMDes berada terlebih dahulu. Jika sudah memiliki pelanggan tetap di desa, maka produk tersebut bisa diekspansi pemasarannya keluar desa.

4. Menguasai pasar di desa

Agar mampu menguasai pasar, BUMDes harus memiliki reputasi yang baik atau memiliki nama baik terlebih dahulu. Dalam hal ini, menguasai pasar ialah tiap pedagang harus mampu menjadi orang yang dipercaya untuk memasok barang dagangan kepada para pedagang lain. Selain itu, modal besar memang menjadi peranan penting, tapi dengan adanya nama baik, tentu bisnis dagang ini dapat membuat beberapa perjanjian untuk mendorong melaksanakan proses dagang dengan skala yang lebih besar. Tak jarang para pedagang dapat melakukan transaksi dagang tanpa modal besar pada suatu produk, karena mereka sudah mendapatkan kepercayaan dan dipercaya oleh para supplier.

5. Menjadikan pembeli sebagai media promosi

Tentu BUMDes harus memiliki strategi agar pembeli di dagangan BUMDes secara langsung bisa ikut membantu mempromosikan ke masyarakat yang lainnya sehingga masyarakat lainnya tertarik untuk membeli barang dagangan milik BUMDes.

6. Bekerja Cerdas

Para pedagang yang sukses bukan pedagang yang hanya mengandalkan kerja keras saja, tapi mereka juga mampu bekerja cerdas, dalam hal ini para pedagang mampu bekerja dengan memanfaatkan akal dan ilmu pengetahuan mereka.

7. Meningkatkan investasi

Para pedagang sukses tidak akan merasa bangga dengan untung yang telah mereka peroleh, tapi mereka akan terus menambah investasi mereka pada dagangan mereka.

8. Memiliki nilai kreativitas dan inovasi

Sebagai pedagang, sudah tentu dituntut untuk memiliki kreativitas agar bisa membuat inovasi sehingga produk yang dijual bisa memiliki nilai dan keunikan yang berbeda. (Ayuresti/bumdes.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *