Kenal Lebih Dekat dengan Menteri Desa Abdul Halim Iskandar

Abdul Halim Iskandar (lahir di Jombang, 14 Juli 1962; umur 57 tahun) terhitung sejak tanggal 23 Oktober 2019 adalah Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Sejak 1999, Ia memulai karier politiknya sebagai Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jombang, dan kemudian menjadi Ketua DPW PKB Jatim. Ia merupakan cicit dari Bisri Syamsuri dan kakak dari Muhaimin Iskandar. Ia menikah dengan Lilik Umi Nashiah dan memiliki 3 anak.

Masa kecilnya banyak dihabiskan di Pesantren Manbaul Maarif Denanyar Jombang, Jawa Timur. Dia menempuh pendidikan formal di MI, MTs dan MAN Mambaul Maโ€™arif Denanyar, Jombang dan melanjutkan pendidikan ke Ikip Jogyakarta. Selain pendidikan formal, Halim juga pernah menjadi santri di Pesantren Manbaul Maarif Denanyar dari tahun 1968 hingga tahun 1980. Ia pernah menjadi guru BP di MAN Manbaul Maarif Denanyar, Jombang, Kepala SMK Sultan Agung Tebuireng, serta dosen di Institut Keislaman Hasyim Asy`ari.

Berikut profil selengkapnya Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar

  1. Pendidikan
    Riwayat pendidikan Abdul Halim Iskandar, dari tingkat dasar hingga tingkat atas (SMA) dijalani di Pondok Pesantren Mambaul Maarif. Setelah dinyatakan lulus, ia melanjutkan pendidikan di IKIP Yogyakarta. Selama menempuh pendidikan di “Kota Pelajar” tersebut, Halim mulai mengasah bakat organisasinya. Dia aktif di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)
  2. Keluarga
    Pria kelahiran 1962 ini besar dari keluarga religius, kakeknya merupakan pendiri NU, Bisri Syamsuri. Abdul Halim Iskandar juga telah menikah dengan perempuan bernama Lilik Umi Nashiah.
  3. Politikus PKB
    Abdul Halim Iskandar merupakan politikus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia memulai karier politiknya sejak 1999 sebagai Ketua DPC PKB Jombang, kemudian saat ini menjadi Ketua DPW PKB Jatim.
  4. Anggota DPRD Jatim
    Abdul Halim Iskandar merupakan anggota di DPRD Jatim dari Dapil VIII. Ia dipercaya sebagai Ketua DPRD Jatim periode 2014-2019.
  5. Dosen
    Selain berpolitik, Abdul Halim Iskandar dikenal sebagai pengajar. Ia pernah menjadi guru BP di MAN Manbaul Maarif Denanyar, Jombang, Kepala SMK Sultan Agung Tebuireng, serta dosen di Institut Keislaman Hasyim Asy’ari.
  6. Gabung Kabinet
    Abdul Halim Iskandar menerima panggilan dari Jokowi untuk membantu di Kabinet Kerja periode 2019-2024. Hanya, ia belum membuka jabatan apa yang akan disandangnya.
  7. Menteri Desa PDTT
    Pada tanggal 23 Oktober 2019, ia ditunjuk dan dilantik untuk membantu tugas presiden Joko Widodo pada posisi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Terhubung dengan Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar dapat melalui media sosial Twitter: https://twitter.com/halimiskandarnu

Semoga dalam periode 2019 – 2024, di dalam kepemimpinan Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, pembangunan desa, daerah tertinggal dapat lebih baik lagi, membangun Indonesia dari desa, menuju Desa Mandiri Indonesia Maju!

Kami, bumdes.id dan Sekolah Bumdes, selalu terbuka untuk sahabat sekalian, sebagai upaya percepatan pembangunan desa, pengembangan BUMDes, sahabat sekalian dapat berkunjung ke Sekolah Bumdes. Kami juga memiliki berbagai program Kelas yang dapat menjadi upaya percepatan pembangunan dan pengembangan Desa dan Bumdes.

Mendirikan BUMDes bukanlah suatu perkara yang mudah. Ada step by step yang harus dilalui, mulai dari Musyawarah Desa, terbitnya Peraturan Desa, membuat AD/ART, dan juga mengembangkan potensi atau masalah di desa menjadi peluang usaha BUMDes. Lantas, bagaimana agar BUMDes bisa survive dan berkembang sukses? Jawabannya adalah pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk seputar BUMDes, maka perlu mengadakan pendidikan dan kelas yang serius dan khusus.

Kami di Sekolah BUMDes memiliki program khusus untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan BUMDes dengan materi-materi yang sudah kami bagikan ke dalam beberapa kelas yang telah tersedia, antara lain: 1. Kelas Peta Jalan Bumdes , 2. Kelas Tipologi dan Model Bisnis Bumdes (Seri Penguatan Manajemen Bumdes), 3. Kelas Pola Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi Bumde. Informasi Lengkap Klik Kelas Sekolah Bumdes โ€“ Pendaftaran Training of Trainers Pendampingan Bumdes Angkatan 20

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
๐—•๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ท๐—ฎ๐—ฟ ๐—•๐˜‚๐—บ๐—ฑ๐—ฒ๐˜€ ๐—ฌ๐—ฎ ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฆ๐—ฒ๐—ธ๐—ผ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—•๐˜‚๐—บ๐—ฑ๐—ฒ๐˜€ โ€“ ๐—ฃ๐˜‚๐˜€๐—ฎ๐˜ ๐—ฃ๐—ฒ๐—ป๐—ฑ๐—ถ๐—ฑ๐—ถ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ฃ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐˜๐—ถ๐—ต๐—ฎ๐—ป ๐—•๐˜‚๐—บ๐—ฑ๐—ฒ๐˜€. (Aryanto/Bumdes.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *