Membangun Jejaring yang Kuat Kunci BUMDes Sukses

Bumdes.id Dalam menjalankan sebuah bisnis yang sukses, pelaku usaha memerlukan sebuah jaringan atau networking sebagai bagian dalam upaya mengembangkan usahanya. Setiap bisnis selalu memerlukan jaringan karena sebuah bisnis tidak dapat berdiri sendiri, selalu memerlukan pihak lain untuk saling memberi dan mengambil peran. Sama halnya dengan menjalankan unit usaha BUMDes, tentu tidak dapat berjalan sendiri, memerlukan pihak lain untuk berjalannya dan keberhasilan dari unit usaha BUMDes.

Banyak manfaat yang dapat diperoleh jika sebuah BUMDes memiliki banyak jaringan  atau networking, diantaranya mampu meningkatkan penjualan, menambah koneksi dan relasi, menjadi solusi bagi persoalan bisnis, dapat menambah wawasan atau memperluas pengetahuan BUMDes dan unit usaha atau bisnis.

Karenanya sebagai pengurus BUMDes jika kita ingin mengembangkan unit usaha BUMDes lebih jauh, maka perlu memperkuat jaringan BUMDes kita, karenanya kita perlu untuk melakukan hal-hal berikut:

1. Perbanyak Kenalan

Banyak pelaku bisnis sukses dalam membangun jaringan bisnis yang kuat yang berawal dari sebuah perkenalan. Mengikuti acara seminar, workshop, atau berbagai acara lain di mana memberikan kita peluang untuk bertemu banyak orang dari latar belakang yang berbeda merupakan kesempatan kita untuk memperbanyak kenalan dan membuka jaringan baru untuk mengembangkan bisnis.

Keuntungan dari memiliki banyak kenalan bisnis, adalah kita akan memahami perkembangan bisnis yang sedang terjadi baik secara mikro dan makro. Selain itu kita akan mudah dalam upaya mengembangkan unit usaha karena banyak kenalan yang dapat dijadikan rekanan untuk menjalankan unit usaha BUMDes kita.

2. Lakukan Duplikasi

Duplikasi adalah proses meniru langkah dan strategi orang-orang sukses yang berjaya pada bisnis yang sama untuk memperoleh jaringan bisnis dengan diiringi pengembangan keahlian dalam diri kita. Ingin jaringan bisnis kita berkembang dengan baik? Lakukan duplikasi dengan benar dan bertahap.

BUMDes di setiap daerah memiliki unit usaha yang berbeda beda, maka kita dapat belajar dan melakukan duplikasi model unit usaha dari BUMDes lain dalam jaringan kita. Ketika kita sudah saling berjaring, kita akan memiliki banyak kesempatan belajar secara langsung yang kemudian kita dapat aplikasikan pada unit usaha BUMDes kita.

3. Tukar Kartu Nama

Bertukar kartu nama sering kali dilupakan oleh pengurus BUMDes. Meski terlihat simpel, ternyata kartu nama memiliki peran penting ketika kita ingin melakukan networking bisnis. Di mana, kartu nama merupakan alat penting yang menjadi identitas kita untuk memperluas jaringan bisnis.

Saat berkenalan dengan rekan bisnis yang baru ditemui, jangan pernah lupa memberikan kartu nama. Kegiatan bertukar kartu nama walau tampak sederhana tetap akan memberikan dampak yang sangat besar. Kartu nama merupakan sumber informasi yang akan memudahkan orang lain untuk menghubungi kita.

4. Beri Dukungan ke Rekan Bisnis

Dalam bisnis, adakalanya kita akan menemui beberapa masalah yang tidak bisa diselesaikan sendiri, begitu pula dengan rekan bisnis kita. Jika kita ingin membuat sebuah jaringan bisnis yang kuat, maka sediakan waktu untuk saling memberi dukungan pada partner kita. Dengan saling membantu, secara otomatis, kita akan memperoleh kedekatan.

Kedekatan, saling mendukung, dan menciptakan relasi bisnis merupakan satu kekuatan yang dapat menjadi ‘penyelamat’ ketika usaha yang BUMDes kita rintis mengalami permasalahan. Akan ada banyak pihak yang datang memberikan bantuan atau solusi, begitu timbal balik dari saling memberikan dukungan dalam rekanan bisnis.

5. Miliki Aktivitas Sharing

Tidak semua orang memiliki pengetahuan yang sama, utamanya pengetahuan dalam dunia bisnis. Karenanya, melakukan sharing dari ilmu dan pengalaman dalam menjalankan unit usaha BUMDes menjadi penting untuk dilakukan.

Karena sejatinya sharing atau berbagi tak akan pernah membuat kita merugi. Kita dapat berbagi dalam sebuah workshop, forum yang sifatnya online, social media dan di mana pun tempat yang memungkinkan bagi kita untuk berbagi dengan baik. Dengan begitu, kita akan membangun jaringan dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama dengan apa yang kita bagikan.

6. Gunakan Sosial Media

Di era digital seperti saat ini, setiap orang terhubung lebih dekat melalui sosial media. Kita juga bisa menggunakan sosial media sebagai salah satu alat untuk memperoleh jaringan bisnis. Cobalah menjaring networking dengan orang-orang yang ada di luar lingkaran pertemanan, namun relevan dengan bisnis kita.

Misalnya jika BUMDes kita menjalankan unit usaha Desa Wisata, kita bisa mengikuti komunitas blogger wisata, komunitas pemandu wisata, komunitas travel, dan komunitas lain yang berhubungan dengan unit usaha BUMDes. Komunitas tersebut biasanya memiliki media sosial

Karenanya, jangan ragu untuk menggunakan sosial media untuk saling terhubung, membuat jejaring kerja sama. Selain kita dapat menemukan insight baru mengenai bisnis, kita juga bisa mengetahui apa saja yang sebenarnya diinginkan dan dibutuhkan target audience kita.

7. Ikuti Perkumpulan

Sebuah peluang akan lebih banyak didapatkan saat memutuskan untuk mengikuti suatu perkumpulan atau organisasi. Bergabung dalam komunitas maupun perkumpulan merupakan cara yang dinilai efektif untuk membangun jaringan bisnis. Melalui sebuah perkumpulan maupun forum bisnis, kita akan memiliki peluang untuk mengenal banyak pelaku bisnis dengan berbagai jenis bisnisnya.

Sebagai contoh, bumdes.id merupakan wadah perkumpulan pengurus BUMDes yang beranggotakan dari seluruh Indonesia, yang mana di setiap Kabupaten memiliki jaringan, dengan adanya bumdes.id pengurus BUMDes, pegiat desa, dan orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan BUMDes dan Desa dapat dipertemukan dan saling bertukar informasi dalam upaya membangun BUMDes menuju Desa Mandiri.

Infografik: Membangun Jejaring yang Kuat Kunci BUMDes Sukses

Dari tujuh hal yang dapat dilakukan dalam upaya membangun jejaring bisnis di atas, perlu dipahami bahwa kesuksesan membangun jejaring tak bisa diukur dengan sejumlah transaksi jangka pendek. Suksesnya jejaring yang terawat justru ada pada bagaimana kualitas hubungan kita secara organisasi dengan mitra-mitra kita. Bila terjadi perawatan yang baik terhadap jejaring organisasi kita, maka ukurannya harus dilihat juga pada kualitas kemitraan secara organisasi maupun secara individual.

Hal yang terpenting dalam menilai kualitas jejaring kita adalah mitra-mitra kita bukan lagi hanya jadi konsumen atau donor kita, tapi mereka berdiri menjadi advocate (pembela) kita di tengah-tengah hiruk pikuk kompleksitas hubungan yang ramai. Bila jejaring kita sampai kemudian berubah menjadi advocate, maka bersyukurlah kita, berarti sebagian misi kita membangun jejaring terlihat hasilnya.

Membangun jejaring tidak cukup dengan satu atau dua pihak saja. Kita membutuhkan puluhan, ratusan bahkan kalau perlu ribuan jejaring untuk bisa membantu kita mencapai sebuah tujuan. Persoalan yang segera muncul dalam konteks ini tentu saja adalah bagaimana cara kita memulai membuat jejaring lalu mengelolanya. Maka, mulailah membuat jejaring kita.

Mari bergabung dengan jejaring BUMDes terbesar di Indonesia! Bumdes.id.

Kami, bumdes.id dan Sekolah Bumdes, selalu terbuka untuk sahabat sekalian, sebagai upaya percepatan pembangunan desa, pengembangan BUMDes, sahabat sekalian dapat berkunjung ke Sekolah Bumdes. Kami juga memiliki berbagai program Kelas yang dapat menjadi upaya percepatan pembangunan dan pengembangan Desa dan Bumdes.

Mendirikan BUMDes bukanlah suatu perkara yang mudah. Ada step by step yang harus dilalui, mulai dari Musyawarah Desa, terbitnya Peraturan Desa, membuat AD/ART, dan juga mengembangkan potensi atau masalah di desa menjadi peluang usaha BUMDes. Lantas, bagaimana agar BUMDes bisa survive dan berkembang sukses? Jawabannya adalah pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk seputar BUMDes, maka perlu mengadakan pendidikan dan kelas yang serius dan khusus.

Kami di Sekolah BUMDes memiliki program khusus untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan BUMDes dengan materi-materi yang sudah kami bagikan ke dalam beberapa kelas yang telah tersedia, antara lain: 1. Kelas Peta Jalan Bumdes , 2. Kelas Tipologi dan Model Bisnis Bumdes (Seri Penguatan Manajemen Bumdes), 3. Kelas Pola Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi Bumde. Informasi Lengkap Klik Kelas Sekolah Bumdes – Pendaftaran Training of Trainers Pendampingan Bumdes Angkatan 20

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀. (Ariyanto/Bumdes.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *