Tipe-tipe Bisnis Perdagangan BUMDes

Tipe-tipe Bisnis Perdagangan BUMDes
Tipe-tipe Bisnis Perdagangan BUMDes

Perdagangan adalah pekerjaan membeli barang dari suatu temapt atau pada suatu waktu dan menjual kembali dalam jumlah banyak atau sedikit, masih berupa bahan atau sudah jadi, atau hanya untuk disewakan pemakaiannya dengan maksud untuk memperoleh keuntungan. Tentu dalam bisnis dagang ini terdapat beberapa tipe atau jenis bisnis  yang bisa dijalankan oleh BUMDes sebagai unit usahanya. Adapun tipe-tipe bisnis dagang ini antara lain:

1. Usaha kuliner (makanan)

Perlu diketahui, dalam menjalankan bisnis kuliner yang kecil maupun besar, keduanya membutuhkan ketekunan dan manajemen yang baik. Kebanyakan dari pengusaha kuliner yang telah sukses, umumnya usaha yang mereka jalankan sudah berjalan lama dan sudah memiliki pelanggan tetap. Selain itu, produk makanan yang dibuat selalu diberikan sentuhan inovasi, sehingga selain rasanya yang enak, terdapat nilai lain yang bisa dijual ke pembeli dengan bantuan kreativitas dan inovasi dari sang pengusaha.

2. Bisnis fashion

Bisnis fashion tentu akan menarik terlebih para wanita yang sangat suka dengan dunia fashion. Tentu para wanita modis dan stylist jumlahnya sangat banyak, dan ini merupakan pasar bagi pelaku bisnis fashion. Tentunya dengan catatan lokasi toko fashion yang dijalankan harus berada di tempat strategis dan bisa di akses dengan mudah oleh pengunjung. Walaupun bagi pemula, bisnis fashion ini memiliki beberapa kendala seperti perlunya modal besar sedangkan belum memiliki modal melimpah ditambah tidak adanya investor yang menjadi pemodal bisnis fashion tersebut. Namun, terkait modal bisnis fashion, sebenarnya BUMDes bisa memulai dengan merintis usaha tersebut dari target yang kecil dan selalu memperhatikan tren yang ada. Dengan begitu, bisnis fashion ini dapat lebih mudah menarik perhatian pelanggan.

3. Bisnis Sembako

Sembako sudah menjadi barang pokok bagi masyarakat desa maupun kota. Sembako tentunya dibutuhkan oleh tiap-tiap rumah tangga guna memenuhi kebutuhan pangan mereka. Bisnis sembako memang memiliki potensi besar “laku” di pasaran desa. Tapi perlu diperhatikan pula, bisnis sembako juga harus melihat daya saing yang ada disekitar. Terlebih nantinya bisnis sembako ini akan dijalankan oleh BUMDes, sehingga menjadi perhatian khusus jangan sampai BUMDes mendirikan usaha sembako namun di desa BUMDes berada ini terdapat warung sembako milik pribadi masyarakat. Usaha apapun, jangan sampai mematikan usaha masyarakat kecil.

Infografik: Tipe-tipe Bisnis Perdagangan BUMDes

Mari bersama kita membangun desa menuju Desa Mandiri dengan BUMDes Sukses. Bagi sahabat BUMDes sekalian, jangan ragu untuk memulai, mari terus tingkatkan keterampilan dan kemampuan mengelola BUMDes.

Kami, bumdes.id dan Sekolah Bumdes, selalu terbuka untuk sahabat sekalian, sebagai upaya percepatan pembangunan desa, pengembangan BUMDes, sahabat sekalian dapat berkunjung ke Sekolah Bumdes. Kami juga memiliki berbagai program Kelas yang dapat menjadi upaya percepatan pembangunan dan pengembangan Desa dan Bumdes.

Mendirikan BUMDes bukanlah suatu perkara yang mudah. Ada step by step yang harus dilalui, mulai dari Musyawarah Desa, terbitnya Peraturan Desa, membuat AD/ART, dan juga mengembangkan potensi atau masalah di desa menjadi peluang usaha BUMDes. Lantas, bagaimana agar BUMDes bisa survive dan berkembang sukses? Jawabannya adalah pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk seputar BUMDes, maka perlu mengadakan pendidikan dan kelas yang serius dan khusus.

Kami di Sekolah BUMDes memiliki program khusus untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan BUMDes dengan materi-materi yang sudah kami bagikan ke dalam beberapa kelas yang telah tersedia, antara lain: 1. Kelas Peta Jalan Bumdes , 2. Kelas Tipologi dan Model Bisnis Bumdes (Seri Penguatan Manajemen Bumdes), 3. Kelas Pola Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi Bumde. Informasi Lengkap Klik Kelas Sekolah Bumdes â€“ Pendaftaran Training of Trainers Pendampingan Bumdes Angkatan 20

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀. (Ayuresti/Bumdes.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *