BUMDes Kemenuh Raih Omset Ratusan Juta dari Usaha Simpan Pinjam

Bumdes sejak berlakunya undang-undang Desa Tahun 2014 tentang Kemandirian Desa ini semakin lama semakin banyak kisah sukses yang menjadi cambuk penyemangat untuk bumdes yang lain.

Salah satu BUMDes yang sudah Sukses Mengelola Dana Desa yang diberikan sebagai Modal Awal adalah BUMDes Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati Gianyar Bali.

Profil Singkat Desa Kemenuh

Desa Kemenuh Kemenuh memiliki aset-aset budaya serta keindahan alam yang bisa dijadikan sektor andalan dalam mendukung kepariwisataan, suatu sajian tidak monoton, menampilkan sisi kehidupan penduduk lokal sesungguhnya, dalam berbagai aspek kehidupan, sosial, agama serta budaya yang tak lekang oleh peradaban modern. Penduduk setempat masih kuat melestarikan serta memegang teguh warisan tradisi leluhurnya.

Panorama alam di desa Kemenuh ini memang indah, jika anda pelancong, ingin menapaki sebuah petualangan kecil, bisa berkunjung ke sini, ada sebuah jalur trekking, menyusuri sawah serta pedesaan, melihat aktifitas penduduk dengan beragam rutinitas kesehariannya, kegiatan petani di sawah serta tata cara pengairan, pembenihan serta saat panen.

Semenjak dibentuk pada tahun 2016, BUMDes Desa Kemenuh terus mengalami peningkatan yang cukup baik. Kepala Desa Kemenuh, I Dewa Nyoman Neka menuturkan, pada Juni 2016 pihaknya mengajukan proposal dana agar desanya mendapatkan kucuran dana Gerbangsadu Mandara.

Gayung pun bersambut, Pemprov Bali menyetujui Desa Kemenuh mendapatkan kucuran dana Gerbangsadu Mandara Pemprov Bali sebesar Rp1 milyar 20 juta.

Ketua BUMDes Desa Kemenuh, Wayan Sukadana menjelaskan, dana ini digunakan sebesar Rp20 juta untuk fasilitas Kantor BUMDes, Rp20 juta untuk biaya operasional, dan Rp980 juta untuk Simpan Pinjam.

Sampai saat ini dana Gerbangsadu digunakan untuk menyasar 460 KK miskin, dan yang sudah menikmati fasilitas pinjaman sebanyak 258 KK, dengan bunga 0,5 persen per bulan.

Sebagian besar KK miskin yang mengunakan fasilitas itu adalah buruh tani dan buruh kerajinan, dengan pinjaman antara dua sampai sepuluh juta rupiah.

Dengan Unit Usaha Simpan Pinjam yang dijalankan Oleh BUMDes Kemenuh ini tingat kemingkinan di Desa ini Berkurang lebih dari 50% dari sebelumnya.

Keluarga yang Miskin didampingi dan disesuaikan dengan potensi desa yang dimiliki. Karena kebanyakan msyarakat Desa banyak yang buruh tani dan buruh pengerajin yang melakukan usahanya dengan modal dari tengkulak.

Maka BUMDes Kemenuh ini memberikan modal pinjaman dua sampai sepuluh juta untuk digunakan membuat peluang-peluang yang meningkatkan pendapatan warga.

Hasilnya sangat luar biasa, ditunjukkan dengan menurunya angka kemiskinan di Desa Kemenuh ini.

Selain Usaha Simpan Pinjam BUMDes Kemenuh juga menjalankan Usaha Koperasi yang sempat Brangkut sebelumnya di Tahun 2006. Hasilnya saat ini Unit Usaha Koperasi ini sudah menghasilkan Omset Ratusan Juta setiap bulannya. Sahut Kepala BUMDes Kemenuh.

Bagi BUMDes yang sudah berjalan, perlu untuk melakukan cek kesehatan usaha BUMDes.

Apa itu  Cek Kesehatan Usaha BUMDes?
Cek Kesehatan Usaha Bumdes (CKU-B) merupakan sebuah alat yang dikembangkan SYNCORE INDONESIA dan BUMDES.id untuk menentukan rating dan tipologi Bumdes. Rating dan  Tipologi  Bumdes  ini  bermanfaat  untuk memetakan  potensi  dan  kendala  unik  masing- masing Bumdes dan menentukan jalur pengembangan Bumdes. Rating dan Tipologi Bumdes juga bermanfaat untuk menjadi basis data dan baseline / titik nol pendampingan.

Apa Fungsi Cek Kesehatan Usaha BUMDes?
1. Alat pemeringkatan dan pengelompokan usaha Bumdes
2. Alat prediksi kegagalan usaha Bumdes dan identifikasi area perbaikan
3. Memberi Rekomendasi Umum untuk program pendampingan

Bagaimana melakukan Cek Kesehatan Usaha BUMDes?
Untuk mendapatkan layanan Cek Kesehatan Usaha BUMDes Sahabat Bumdes melalui http://superapps.syncore.id/cku dan dapat menghubungi https://wa.me/6285772900800 untuk nantinya dijelaskan lebih detail tentang mekanisme kerja sama dan layanan Cek Kesehatan Usaha BUMDes.

Mari bersama kita membangun desa menuju Desa Mandiri dengan BUMDes Sukses. Bagi sahabat BUMDes sekalian, jangan ragu untuk memulai, mari terus tingkatkan keterampilan dan kemampuan mengelola BUMDes.

Kami, bumdes.id dan Sekolah Bumdes, selalu terbuka untuk sahabat sekalian, sebagai upaya percepatan pembangunan desa, pengembangan BUMDes, sahabat sekalian dapat berkunjung ke Sekolah Bumdes. Kami juga memiliki berbagai program Kelas yang dapat menjadi upaya percepatan pembangunan dan pengembangan Desa dan Bumdes.

Mendirikan BUMDes bukanlah suatu perkara yang mudah. Ada step by step yang harus dilalui, mulai dari Musyawarah Desa, terbitnya Peraturan Desa, membuat AD/ART, dan juga mengembangkan potensi atau masalah di desa menjadi peluang usaha BUMDes. Lantas, bagaimana agar BUMDes bisa survive dan berkembang sukses? Jawabannya adalah pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk seputar BUMDes, maka perlu mengadakan pendidikan dan kelas yang serius dan khusus.

Kami di Sekolah BUMDes memiliki program khusus untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan BUMDes dengan materi-materi yang sudah kami bagikan ke dalam beberapa kelas yang telah tersedia, antara lain: 1. Kelas Peta Jalan Bumdes , 2. Kelas Tipologi dan Model Bisnis Bumdes (Seri Penguatan Manajemen Bumdes), 3. Kelas Pola Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi Bumdes.

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀. [ Ahmad / Bumdes.id ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *