Bumdes Tridadi Makmur Dibalik Kesuksesan Puri Mataram

Instagram: https://www.instagram.com/puri_mataram/

Bumdes.id Pernah mendengar salah satu destinasi baru di Kabupaten Sleman yang bernama Puri Mataram? Atau justru Anda pernah berkunjung ke sana? Bagaimana suasana yang ditawarkan oleh destinasi wisata Puri Mataram? Menarik bukan? Memberikan satu nuansa tradisi yang kental akan masa Mataram tempo dulu.

Puri Mataram mengambil konsep budaya Mataram tempo dulu, yang mana di dalamnya menyajikan berbagai wahana yang saling terintegrasi satu dengan lainnya. Ketika Anda berkunjung ke destinasi wisata Puri Mataram akan mendapati Joglo Resto, Joglo Lotus, Joglo Ndelik, Wahana Becak Air, Wahana Taman Bunga, Wahana Taman Kelinci, Wahana Taman Kitiran, Wahana Tangkap Ikan dan Pasar Ndelik, dan berbagai wana menarik lainnya.

Anda akan betah menikmati pemandangan, suasana, budaya dan tradisi di setiap wahana yang disajikan di Puri Mataram. Pertanyaannya, siapa dibalik kesuksesan Puri Mataram yang mampu menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kabupaten Sleman ini? Salah satu objek wisata yang wajib untuk dikunjungi ini?

Mari berkenalan dengan BUMDes Tridadi Makmur, Badan Usaha Milik Desa Tridadi, Sleman, Yogyakarta yang salah satu unit usahanya adalah Wisata Puri Mataram. BUMDes Tridadi Makmur pada awalnya mengembangkan modal sebesar 68,5 juta dan kini telah menjadi ratusan juta, dengan unit usaha yang dikelolanya.

Menilik data keuangan Bumdes Tridadi Makmur seperti dilansir media, setidaknya dalam waktu kurang dari dua tahun, BUMDes yang dipimpin Agus Cholid ini telah mampu menghasilkan omset berkisar 845 juta per bulan.

Menurut pemaparan dari Kepala Desa Tridadi, Bumdes Tridadi Makmur melalui unit usaha Puri Mataram di tahun 2019  telah mampu memberikan laba keuntungan (dividen) kepada Pemerintah Desa Tridadi sebesar Rp140 juta. BUMDes ini juga mampu memberikan dividen sebesar Rp320 ribu kepada warga yang menanam saham sebesar Rp4 juta. Puri Mataram sendiri merupakan tempat wisata baru yang berdiri tahun 2017. Seperti dikabarkan oleh https://mediacenter.slemankab.go.id/.

Tidak Hanya Dana Desa

Kebanyakan Badan Usaha Milik Desa mendirikan unit usaha dengan mengandalkan keberadaan alokasi dana desa, barang kali ini yang menjadi salah satu pembeda Bumdes Tridadi Makmur dengan BUMDes lain, mereka tidak ‘cukup’ hanya mengandalkan keberadaan dana desa, namun juga mengajak masyarakat desa sebagai ‘penanam saham’.

Dapat kita lihat dalam pengelolaan Puri Mataram, BUMDes Tridadi Makmur tidak hanya mengandalkan keberadaan dana desa, Pengurus Bumdes secara aktif mengajak masyarakat desa Tridadi untuk turut serta menjadi penanam saham di Puri Mataram, skema penanaman saham oleh masyarakat ini dengan pembagian deviden 51% untuk desa dan 49% untuk masyarakat.

Tidak mudah memang mengajak masyarakat menjadi ‘penanam saham’ dari sebuah unit usaha yang dijalankan BUMDes. Namun, Pengelola BUMDes Tridadi Makmur berhasil meyakinkan kepada masyarakat bahwa unit usaha yang akan dijalankan akan memberikan keuntungan dan manfaat bagi desa dan warga desa.

Alhasil, warga desa yang saling mendukung terhadap kegiatan Badan Usaha Milik Desa, dukungan dari pemerintah desa, menjadikan unit usaha yang dijalankan BUMDes Tridadi Makmur sukses seperti saat ini. Mampu menyerap tenaga kerja di desa, dan menjadikan adanya geliat ekonomi di desa.

Sadar Era Digital

Pengelola Bumdes Tridadi Makmur dan Unit Usaha Puri Mataram sangat sadar pentingnya media promosi di era sekarang ini, apa lagi mereka menjalankan unit usaha yang berhubungan dengan ‘hiburan’ atau wisata. Perlu upaya untuk memberi tahu ke khalayak luas perihal tempat wisata yang mereka buat.

Untuk itu, mereka menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran atau promosi dari puri Mataram. Dengan memanfaatkan jejaring sosial yang telah ada seperti Facebook dan Instagram. Selain itu, BUMDes Tridadi Makmur juga telah merencanakan website khusus yang akan berisi atau menjadi pusat informasi tentang Puri Mataram.

Selain di ranah online atau digital, Pengelola juga membentuk tim marketing yang secara aktif memasuki instansi pemerintahan dan sekolah-sekolah yang ada di Jogja dan sekitarnya guna memperkenalkan destinasi dan produk yang ada dari unit usaha Wisata Kampung Mataram.

Bagaimana? Tertarik untuk membuat destinasi wisata buatan seperti Puri Mataram? Memulai dengan melibatkan masyarakat dan pemerintah desa, menjadikan masyarakat sebagai ‘pemilik’ unit usaha dengan meyakinkan dalam ‘lembar saham’ apakah Anda siapa menjalankan ide serupa di desa Anda?

Kami, bumdes.id dan Sekolah Bumdes, selalu terbuka untuk sahabat sekalian, sebagai upaya percepatan pembangunan desa, pengembangan BUMDes, sahabat sekalian dapat berkunjung ke Sekolah Bumdes. Kami juga memiliki berbagai program Kelas yang dapat menjadi upaya percepatan pembangunan dan pengembangan Desa dan Bumdes.

Mendirikan BUMDes bukanlah suatu perkara yang mudah. Ada step by step yang harus dilalui, mulai dari Musyawarah Desa, terbitnya Peraturan Desa, membuat AD/ART, dan juga mengembangkan potensi atau masalah di desa menjadi peluang usaha BUMDes. Lantas, bagaimana agar BUMDes bisa survive dan berkembang sukses? Jawabannya adalah pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk seputar BUMDes, maka perlu mengadakan pendidikan dan kelas yang serius dan khusus.

Kami di Sekolah BUMDes memiliki program khusus untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan BUMDes dengan materi-materi yang sudah kami bagikan ke dalam beberapa kelas yang telah tersedia, antara lain: 1. Kelas Peta Jalan Bumdes , 2. Kelas Tipologi dan Model Bisnis Bumdes (Seri Penguatan Manajemen Bumdes), 3. Kelas Pola Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi Bumdes.

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀. (Ariyanto/Bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *