Membangun Desa dengan BUMdes

Bumdes.id Sahabat Bumdes, kita sering kali mendengar tentang rencana pembangunan nasional, apa sebenarnya pembangunan nasional itu? Pembangunan nasional  merupakan  suatu  upaya  yang  dilakukan oleh  pemerintah  untuk  mencapai  suatu  kesejahteraan  masyarakat  secara merata  dan menyeluruh. Jelas bahwa tujuan dari pembangunan nasional adalah tercapainya pemerataan dalam hal pembangunan; baik fisik atau non fisik.

Pembangunan fisik seperti infrastruktur, sering kita lihat dan saksikan seperti pembangunan jembatan, jalan raya, fasilitas umum dan lain sebagainya, pembangunan non fisik adalah pembangunan sumber daya manusia, seperti slogan yang dalam merayakan hari kemerdekaan Indonesia ke 74 SDM Unggul Indonesia Maju.

Dalam upaya melaksanakan pembangunan nasional tersebut, tentu perlu  didukung  oleh  seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali, hal ini dikarenakan partisipasi masyarakat adalah bagian penting dalam menjalankan pembangunan, sehingga model pembangunan bukan berdasarkan ‘proyek’ semata, namun benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan ‘urun rembug’ dari masyarakat.

Rencana pembangunan nasional, pada akhirnya harus diimbangi/seiring dengan berbagai rencana pembangunan skala lokal, seperti rencana pembangunan desa. Saat ini, desa telah memiliki keleluasaan ‘dalam mengurus dirinya sendiri’ karenanya menjadi penting pemerintah desa dan masyarakat untuk bergandengan tangan dan secara bersama-sama melakukan pembangunan untuk desa.

Dengan adanya partisipasi masyarakat di desa, maka pembangunan desa dapat sesuai dengan kebutuhan dan dapat pendanaan yang ada ‘dana desa’ dapat dimanfaatkan sebesar-besar untuk kemakmuran dan kesejahteraan bersama. Bagaimana partisipasi masyarakat ini dilakukan? Salah satunya dapat diwadahi melalui lembaga atau badan yang ada di desa. Melalui badan ini, pembangunan di berbagai sektor sosial dan ekonomi dapat digencarkan.

Dalam  upaya untuk melakukan pembangunan di desa yang  meliputi aspek kehidupan  masyarakat (sosial dan ekonomi) harus dilakukan  secara  merata. Upaya ini dapat dilakukan salah satunya dengan mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Perihal pembentukan BUMDes telah diatur  dalam undang โ€“undang No.  6  Tahun  2014  tentang  Desa.

Baca Juga: Tahap Pendirian BUMDes

BUMDes sangat berperan penting untuk membangkitkan  ekonomi masyarakat  desa.  Keberadaan BUMDes  sebagai badan usaha yang berwatak  sosial (bisnis sosial) diharapkan menjadi penggerak utama dalam menjembatani upaya penguatan ekonomi dan kegiatan yang menunjang partisipasi masyarakat di pedesaan.

Berikut daftar Badan Usaha Milik Desa yang dapat menjadi contoh sukses dalam membangun desa:

  1. BUMDes Amarta Desa Pandowoharjo – Unit Usaha Pengelolaan Sampah
  2. BUMDes Panggung Lestari Desa Panggungharjo – Unit Usaha Kampoeng Mataraman
  3. BUMDes Tunas Mandiri Desa Nglanggeran – Unit Usaha Desa Wisata
  4. BUMDes Karangrejek Desa Karangrejek – Unit Usaha Pengelolaan Air
  5. BUMDes Binangun Mitra Sejahtera Desa Karangwuni – Unit Usaha Simpan Pinjam
  6. Bumdes Srimartani Makmur Desa Srimartani – Unit Usaha Perdagangan
  7. Bumdes Tirta Mandiri Desa Ponggok – Unit Usaha Wisata Air
  8. BUMDES Sambimulyo Desa Desa Sambirejo – Unit Usaha Wisata Bekas Tambang (Tebing Breksi)
  9. dan masih banyak lagi BUMDes yang dapat menjadi contoh keberhasilan dalam membangun dan mengembangkan desa, daftar lengkap dapat dibaca melalui Kabar Bumdes

Di atas, telah kita ambil contoh dari beragam unit usaha yang dijalankan oleh BUMDes dan terbukti dapat menjadi pemacu perkembangan sosial ekonomi di desa. Kehadiran BUMDes tidak hanya bermanfaat bagi desa namun menjangkau lebih luas yaitu masayrakat desa.

Keberadaan BUMDes dapat menjadi motor penggerak kegiatan ekonomi desa, karenanya menjadi penting untuk desa memiliki BUMDes sebagai wadah warga desa dalam menjalankan usaha desa. Keberadaan BUMDes juga dapat berada di berabgai bidang seperti pada contoh BUMDes sukses di atas.

Maka, menjadi pertanyaan bersama dan harus menjadi keresahan jika di desa Sahabat Bumdes sampai hari ini belum memiliki Badan Usaha Milik Desa, mengingat begitu penting peranan yang dimiliki oleh BUMDes.

Memang kita sering kali masih mendengar belum adanya pemahaman bersama perihal BUMDes, pemahaman masyarakat bahkan pemerintah desa itu sendiri, yang masih belum benar-benar paham dengan BUMDes sehingga penafsiran BUMDes sering kali keliru. BUMDes masih saja dianggap sebagai ‘ancaman’ atau ‘benalu’ yang akan membebani ‘keuangan’ desa.

Padahal jika kita benar-benar memahami filosofi BUMDes, maka jelas keberadaan BUMDes akan memberi manfaat yang luar biasa bagi desa dan masyarakat desa. Kita dapat belajar dari desa yang telah mendirikan BUMDes dan menjadi desa maju.

Maka, melihat bukti sukses dari keberadaan BUMDes sebagai mitra dalam membangun desa, dalam upaya pembangunan nasional, yaitu pembangunan Indonesia dari desa. Pada akhirnya, meminjam kutipan dari Pak Rudy Suryanto di bawah ini;

“Jangan tanyakan apa yang desa akan berikan pada BUMDES, tetapi tanyakan apa yang akan BUMDES berikan untuk DESA.”

– Rudy Suryanto Master Trainer BUMDes, pendiri Bumdes.id โ€“ Sekolah Bumdes.

Mari bersama kita membangun desa menuju Desa Mandiri dengan BUMDes Sukses. Bagi sahabat BUMDes sekalian, jangan ragu untuk memulai, mari terus tingkatkan keterampilan dan kemampuan mengelola BUMDes.

Kami, bumdes.id dan Sekolah Bumdes, selalu terbuka untuk sahabat sekalian, sebagai upaya percepatan pembangunan desa, pengembangan BUMDes, sahabat sekalian dapat berkunjung ke Sekolah Bumdes. Kami juga memiliki berbagai program Kelas yang dapat menjadi upaya percepatan pembangunan dan pengembangan Desa dan Bumdes.

Mendirikan BUMDes bukanlah suatu perkara yang mudah. Ada step by step yang harus dilalui, mulai dari Musyawarah Desa, terbitnya Peraturan Desa, membuat AD/ART, dan juga mengembangkan potensi atau masalah di desa menjadi peluang usaha BUMDes. Lantas, bagaimana agar BUMDes bisa survive dan berkembang sukses? Jawabannya adalah pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk seputar BUMDes, maka perlu mengadakan pendidikan dan kelas yang serius dan khusus.

Kami di Sekolah BUMDes memiliki program khusus untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan BUMDes dengan materi-materi yang sudah kami bagikan ke dalam beberapa kelas yang telah tersedia, antara lain: 1. Kelas Peta Jalan Bumdes , 2. Kelas Tipologi dan Model Bisnis Bumdes (Seri Penguatan Manajemen Bumdes), 3. Kelas Pola Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi Bumde. Informasi Lengkap Klik Kelas Sekolah Bumdes โ€“ Pendaftaran Training of Trainers Pendampingan Bumdes Angkatan 20

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
๐—•๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ท๐—ฎ๐—ฟ ๐—•๐˜‚๐—บ๐—ฑ๐—ฒ๐˜€ ๐—ฌ๐—ฎ ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฆ๐—ฒ๐—ธ๐—ผ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—•๐˜‚๐—บ๐—ฑ๐—ฒ๐˜€ โ€“ ๐—ฃ๐˜‚๐˜€๐—ฎ๐˜ ๐—ฃ๐—ฒ๐—ป๐—ฑ๐—ถ๐—ฑ๐—ถ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ฃ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐˜๐—ถ๐—ต๐—ฎ๐—ป ๐—•๐˜‚๐—บ๐—ฑ๐—ฒ๐˜€. (Ariyanto/Bumdes.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *