Pentingnya Aplikasi Akuntasi untuk Unit Usaha Bumdes

Pentingnya Aplikasi Akuntasi untuk Unit Usaha Bumdes
Pentingnya Aplikasi Akuntasi untuk Unit Usaha Bumdes

Sistem Aplikasi Akuntansi untuk BUMDes sangatlah penting di Era sekarang ini. Hal ini terjadi karena dengan adanya sistem Aplikasi Akuntansi BUMDes ini dapat digunakan sebagai media pengambil keputusan yang berdasarkan informasi keuangan yang tepat untuk unit usaha BUMDes.

Peran penting ini tentu bisa dikatakan sebagai bentuk tanggung jawab unit usaha BUMDes terhadap dana yang sudah dipercayakan oleh para Pemerintah Desa atau Investor untuk unit usaha BUMDes ini.

Sehingga dengan adanya Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDes ini bisa menjadi salah satu faktor penentu sebuah Unit Usaha BUMDes.

Mungkin ini menjadi pertanyaan adalah kenapa harus Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDes ini harus digunakan untuk Unit Usaha BUMDes? Berikut ini adalah penjelasannya :

Peran Penting Akuntansi BUMDes

Dalam keberlangsungan sebuah Unit Usaha BUMDes, akuntansi berperan untuk menyediakan berbagai informasi dan jawaban yang berhubungan dengan segala macam bentuk kegiatan keuangan. Sehingga akan memudahkan Unit Usaha BUMDes untuk mengukur kondisi keuangan.

Selain peran penting tersebut, akuntansi juga memiliki enam peran penting lainnya diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Penginputan

Akuntansi akan memberikan input berupa transaksi seperti peristiwa ataupun kejadian yang dapat menimbulkan perubahan dana pada suatu Unit Usaha BUMDes.

2. Pemprosesan

Setelah penginputan, akuntansi akan melakukan proses pengelolaan data untuk memberikan hasil yang berkualitas. Umumnya proses berupa pencatatan jurnal serta pemindahbukuan.

3. Pengoutputan

Setelah pemrosesan, maka akuntansi akan menyajikan informasi transaksi sesuai dengan kebutuhan para pengguna, sehingga bermanfaat dalam pengambilan keputusan untuk masa depan bisnis dapat ditentukan.

4. Pengambilan keputusan

Pihak eksternal seperti Pemerintah Desa tentu memiliki hak untuk mengetahui kondisi keuangan dari Unit Usaha yang mereka investasikan. Sehingga mereka dapat mengukur apakah Unit Usaha tersebut dapat memberikan timbal balik berupa keuntungan atau tidak.

Jika Unit Usaha tersebut memiliki kondisi yang baik, maka bukan tidak mungkin investor akan lebih banyak menginvestasikan keuangannya.

5. Pengendali keuangan

Melalui akuntansi, Anda bisa memperkirakan apakah Unit Usaha yang didirikan sudah memiliki peningkatan keuangan atau belum. Apabila keuntungan yang didapat belum maksimal, maka akuntansi dapat ditempatkan sebagai alat pengendali keuangan. Sehingga Anda dapat melakukan evaluasi dari performa bisnis selama ini.

6. Informasi alokasi sumber daya

Setiap Unit Usaha tentunya memerlukan informasi mengenai alokasi sumber daya yang sudah digunakan selama ini. Informasi tersebut bisa didapatkan dari akuntansi. Dengan pembaharuan yang dilakukan secara rutin, maka Unit Usaha BUMDes bisa menetapkan kebijakan pajak dan dasar penyusunan pendapatannya.

Kami, bumdes.id dan Sekolah Bumdes, selalu terbuka untuk sahabat sekalian, sebagai upaya percepatan pembangunan desa, pengembangan BUMDes, sahabat sekalian dapat berkunjung ke Sekolah Bumdes. Kami juga memiliki berbagai program Kelas yang dapat menjadi upaya percepatan pembangunan dan pengembangan Desa dan Bumdes.

Mendirikan BUMDes bukanlah suatu perkara yang mudah. Ada step by step yang harus dilalui, mulai dari Musyawarah Desa, terbitnya Peraturan Desa, membuat AD/ART, dan juga mengembangkan potensi atau masalah di desa menjadi peluang usaha BUMDes. Lantas, bagaimana agar BUMDes bisa survive dan berkembang sukses? Jawabannya adalah pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk seputar BUMDes, maka perlu mengadakan pendidikan dan kelas yang serius dan khusus.

Kami di Sekolah BUMDes memiliki program khusus untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan BUMDes dengan materi-materi yang sudah kami bagikan ke dalam beberapa kelas yang telah tersedia, antara lain: 1. Kelas Peta Jalan Bumdes , 2. Kelas Tipologi dan Model Bisnis Bumdes (Seri Penguatan Manajemen Bumdes), 3. Kelas Pola Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi Bumde. Informasi Lengkap Klik Kelas Sekolah Bumdes – Pendaftaran Training of Trainers Pendampingan Bumdes Angkatan 20

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀. [ Ahmad / Bumdes.id ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *