Pentingnya Manajemen Guna Menjadi BUMDes Sukses

Bumdes.id Manajemen yang baik adalah kunci di balik suksesnya suatu usaha atau bisnis, tentu kita tidak asing dengan kata manajemen, pun dalam banyak kesempatan baik di kelas, di seminar dalam pembahasan bisnis, manajemen selalu disinggung sebagai bagian tak terpisahkan dalam keberhasilan suatu usaha atau bisnis.

Bagaimana manajemen yang baik menjadi kunci di balik suksesnya usaha atau bisnis telah terbukti dan teruji, hal ini pun berlaku dalam Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), kita ketahui bersama salah satu kunci sukses BUMDes Sukses adalah manajemen yang baik.

Apa itu manajemen? Menurut Ricky W. Griffin, manajemen didefinisikan sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien.

Berdasarkan definisi di atas, maka dapat kita ambil simpulan bahwa perencanaan dari sebuah bisnis ini seperti halnya membuat sebuah konsep pengembangan tertulis, dari semua gambaran pengelolaan, manajemen, keuangan, pengembangan hingga target dan pemasarannya pun juga harus terencana dengan sempurna.

Artinya BUMDes sejak awal harus memiliki rencana usaha yang jelas, dan menjalankan fungsi manajemen dengan baik dan benar. Dalam pengelolaan BUMDes fungsi manajemen ini dapat kita lakukan untuk membantu perencanaan unit usaha BUMDes. Apa saja ya fungsi dari manajemen bisnis ini?

1. Fungsi Manajemen Perencanaan (Planning)

Fungsi perencanaan ini bisa dibilang sebagai proses dasar yang memiliki peran terpenting dari keseluruhan proses manajemen BUMDes. Pentingnya perencanaan dalam pendirian BUMDes dapat digambarkan seperti fondasi rumah yang harus dibangun secara kuat. Karena, dasar yang kuat berarti bangunan yang kuat.

Sama halnya dengan fondasi yang menjadi dasar dari kuatnya sebuah bangunan, maka manajemen berperan untuk menetapkan tujuan atau sasaran yang akan dicapai oleh BUMDes, kemudian pengelola akan merencanakan cara terbaik demi mencapai tujuan BUMDes.

2. Fungsi Manajemen Pengorganisasian (Organizing)

Setelah pengelola BUMDes melakukan fungsi perencanaan secara matang, saatnya mengubah rencana yang telah BUMDes buat menjadi sesuatu yang nyata. Untuk memulainya, pengelola BUMDes perlu memastikan agar tugas atau kegiatan yang akan dijalankan dipegang atau dikerjakan oleh sumber daya manusia yang tepat. Inilah fungsi manajemen pengorganisasian dalam bisnis.

Dalam menentukan fungsi manajemen pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakan dan bertanggung jawab atas tugas tersebut, sampai pada oleh siapa keputusan harus diambil dalam menjalankan unit usaha BUMDes.

3. Fungsi Manajemen Pengarahan (Directing)
Memasuki fungsi manajemen pengarahan, maka setiap pengurus dan pekerja unit usaha BUMDes pada dasarnya harus sudah mengetahui apa yang harus mereka kerjakan demi mencapai tujuan utama BUMDes.

Walau demikian, pengelola BUMDes harus terus memberikan pengarahan dan motivasi kepada pengelola atau karyawan unit usaha BUMDes. Biasanya, manajer di masing-masing unit usaha BUMDes melakukan pengarahan melalui metode influencing dan motivating.

4. Fungsi Manajemen Pengendalian (Controlling)
Fungsi manajemen pengendalian dalam usaha BUMDes menjadi sangat penting, hal ini untuk memastikan di setiap proses dalam manajemen BUMDes berjalan optimal dan sesuai rencana.

Fungsi manajemen pengendalian pada umumnya meliputi empat kegiatan, yaitu untuk menentukan standar prestasi, mengukur prestasi yang sudah dicapai, membandingkan prestasi yang sudah dicapai dengan standar prestasi, dan melakukan perbaikan kalau ada penyimpangan dari standar prestasi yang sudah ditentukan.

Demikian 4 fungsi manajemen yang dapat diterapkan dalam menjalankan BUMDes menuju BUMDes sukses, dengan manajemen yang baik dan benar, maka jalan menuju BUMDes sukses kian terbuka lebar.

Tentu tidak hanya sampai pada manajemen yang baik saja, masih ada prasyarat lain yang perlu diperhatikan dalam upaya memajukan dan menuju BUMDes sukses. Bagi BUMDes yang sudah berjalan, perlu untuk melakukan cek kesehatan usaha BUMDes.

Apa itu  Cek Kesehatan Usaha BUMDes?
Cek Kesehatan Usaha Bumdes (CKU-B) merupakan sebuah alat yang dikembangkan SYNCORE INDONESIA dan BUMDES.id untuk menentukan rating dan tipologi Bumdes. Rating dan  Tipologi  Bumdes  ini  bermanfaat  untuk memetakan  potensi  dan  kendala  unik  masing- masing Bumdes dan menentukan jalur pengembangan Bumdes. Rating dan Tipologi Bumdes juga bermanfaat untuk menjadi basis data dan baseline / titik nol pendampingan.

Apa Fungsi Cek Kesehatan Usaha BUMDes?
1. Alat pemeringkatan dan pengelompokan usaha Bumdes
2. Alat prediksi kegagalan usaha Bumdes dan identifikasi area perbaikan
3. Memberi Rekomendasi Umum untuk program pendampingan

Bagaimana melakukan Cek Kesehatan Usaha BUMDes?
Untuk mendapatkan layanan Cek Kesehatan Usaha BUMDes Sahabat Bumdes melalui http://superapps.syncore.id/cku dan dapat menghubungi https://wa.me/6285772900800 untuk nantinya dijelaskan lebih detail tentang mekanisme kerja sama dan layanan Cek Kesehatan Usaha BUMDes.

Mari bersama kita membangun desa menuju Desa Mandiri dengan BUMDes Sukses. Bagi sahabat BUMDes sekalian, jangan ragu untuk memulai, mari terus tingkatkan keterampilan dan kemampuan mengelola BUMDes.

Kami, bumdes.id dan Sekolah Bumdes, selalu terbuka untuk sahabat sekalian, sebagai upaya percepatan pembangunan desa, pengembangan BUMDes, sahabat sekalian dapat berkunjung ke Sekolah Bumdes. Kami juga memiliki berbagai program Kelas yang dapat menjadi upaya percepatan pembangunan dan pengembangan Desa dan Bumdes.

Mendirikan BUMDes bukanlah suatu perkara yang mudah. Ada step by step yang harus dilalui, mulai dari Musyawarah Desa, terbitnya Peraturan Desa, membuat AD/ART, dan juga mengembangkan potensi atau masalah di desa menjadi peluang usaha BUMDes. Lantas, bagaimana agar BUMDes bisa survive dan berkembang sukses? Jawabannya adalah pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk seputar BUMDes, maka perlu mengadakan pendidikan dan kelas yang serius dan khusus.

Kami di Sekolah BUMDes memiliki program khusus untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan BUMDes dengan materi-materi yang sudah kami bagikan ke dalam beberapa kelas yang telah tersedia, antara lain: 1. Kelas Peta Jalan Bumdes , 2. Kelas Tipologi dan Model Bisnis Bumdes (Seri Penguatan Manajemen Bumdes), 3. Kelas Pola Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi Bumdes.

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀. (Ariyanto/Bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *