Pulau Sepinang: Eksotisme Terpendam di Berau, Pesaing Baru dari Pulau Derawan

Gurimbang merupakan salah satu kampung yang ada di Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Gurimbang memiliki Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) yang berdiri sejak 2013. Sesuai mimpi menjadikan Gurimbang sebagai Kampung Berdikari pada tahun 2025, diperlukan sebuah Peta Jalan BUMDes Sukses untuk mendukung mimpi tersebut. BUMK merupakan garda terdepan dalam hal ini. Untuk dapat menjawab tantangan tersebut, BUMK Gurimbang Mandiri hendak memaksimalkan segala potensi dan peluang yang mereka miliki. Potensi yang cukup mencolok dan berpotensi mampu menjadi poros utama perekonomian Kampung Gurimbang adalah adanya Pulau Sepinang yang ada di wilayah kampung tersebut.

Pulau Sepinang merupakan sebuah daratan yang dibagian pinggirnya dikelilingi oleh hutan bakau yang mana ada beberapa bagian spot atau lokasi dari hutan bakau tersebut yang dapat dimasuki oleh ketinting (kapal tradisional Kalimantan). Pulau Sepinang adalah pulau yang belum terjamah tangan manusia sehingga artinya pulau ini masih sangat terjaga keasriannya. Bahkan di pulau tersebut masih ada flora maupun fauna endemik, seperti bekantan serta pohon madu hutan yang tinggi menjulang.

Baik dari Pemerintah Kampung, pengurus Badan Usaha Milik Kampung (BUMK), serta masyarakat Kampung Gurimbang memiliki suatu pemikiran yang terbuka dan memiliki keinginan untuk mengangkat Pulau Sepinang ini menjadi sebuah ikon baru di Kabupaten Berau. Hal ini bukan tanpa sebab, karena akses menuju Kampung Gurimbang dari pusat Kota Berau cukup ditempuh kurang lebih 30 menit dan menjadi sebuah peluang besar ketika ada wisatawan domestik maupun mancanegara mengunjungi Berau, maka tidak akan kesulitan untuk menuju Pulau Sepinang. Selama 10 hari tim konsultan dari Sekolah BUMDes melakukan inkubasi penggalian potensi desa pada 26 Oktober – 5 November 2019 yang membantu memberikan gambaran bagaimana cara mengelola wisata desa serta memberikan konsep wisata di pulau tersebut.

Nantinya, Pulau Sepinang ini akan dikembangkan secara bertahap, yaitu tercermin dari pembangunan sarana berkesinambungan dari tahun ke tahun. Konsep utama dari wisata ini adalah mempertahankan kealamian lingkungan, selain itu juga memberikan dampak multiplayer affect ke seluruh komponen masyarakat yang ada di kampung baik itu dari nelayan yang menjalankan ketinting, masyarakat, karang taruna, serta para penggiat UMKM yang ada di kampung. Sehingga ketika Pulau Sepinang ini ditonjolkan maka perputaran ekonomi masyarakat Kampung Gurimbang akan mudah ditingkatkan dan semua mendapatkan manfaatnya.

Kami, bumdes.id dan Sekolah Bumdes, selalu terbuka untuk sahabat sekalian, sebagai upaya percepatan pembangunan desa, pengembangan BUMDes, sahabat sekalian dapat berkunjung ke Sekolah Bumdes. Kami juga memiliki berbagai program Kelas yang dapat menjadi upaya percepatan pembangunan dan pengembangan Desa dan Bumdes.

Mendirikan BUMDes bukanlah suatu perkara yang mudah. Ada step by step yang harus dilalui, mulai dari Musyawarah Desa, terbitnya Peraturan Desa, membuat AD/ART, dan juga mengembangkan potensi atau masalah di desa menjadi peluang usaha BUMDes. Lantas, bagaimana agar BUMDes bisa survive dan berkembang sukses? Jawabannya adalah pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk seputar BUMDes, maka perlu mengadakan pendidikan dan kelas yang serius dan khusus.

Kami di Sekolah BUMDes memiliki program khusus untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan BUMDes dengan materi-materi yang sudah kami bagikan ke dalam beberapa kelas yang telah tersedia, antara lain: 1. Kelas Peta Jalan Bumdes , 2. Kelas Tipologi dan Model Bisnis Bumdes (Seri Penguatan Manajemen Bumdes), 3. Kelas Pola Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi Bumde. Informasi Lengkap Klik Kelas Sekolah Bumdes – Pendaftaran Training of Trainers Pendampingan Bumdes Angkatan 20

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀. (Santyo/Bumdes.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *