Tahapan Setelah Membuat Jurnal: Buat Buku Besar!

Badan Usaha Milik Desa, selanjutnya disebut BUM Desa, adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa.

Bumdes harus membuat laporan keuangan langkah2 yang harus di lakukan adalah membuat jurnal, buku besar, neraca saldo, jurnal penyesuaian dan neraca setalah penyesuaian. 

Pengertian buku besar adalah sebagai alat yang digunakan untuk mencatat perubahan-perubahan yang tejadi pada suatu akun yang disebabkan karena adanya transaksi keuangan. Buku Besar (Genereal Ledger) merupakan salah satu bagian dari Siklus Akuntansi. Secara teknis, Buku Besar adalah buku yang berisi kumpulan data transaksi historis yang termuat di Jurnal Umum dan Jurnal Khusus. Daftar lengkap akun-akun yang muncul dan digunakan di Jurnal Umum dan entri Buku Besar disebut Chart of Account (CoA).

Di dalam Buku Besar, setiap akun-akun aktif dari daftar CoA disusun secara rapi. Akun-akun in diberi nomor yang berurutan sesuai dengan jenis dari akun itu sendiri. Sebagai contoh, karena akun kas, piutang, dan persediaan merupakan bagian dari Aset Lancar, maka umumnya setiap akun tersebut diberi angka awal”1″. Lalu untuk akun seperti bangunan, kendaraan, dan akumulasi penyusutannya yang merupakan bagian dari Aset Tetap umumnya diberi angka awal “2”, dan seterusnya. Setiap akun memiliki nilai saldo yang dapat naik atau turun saat transaksi terjadi. Ringkasan akun dalam buku besar menunjukkan segala aktivitas transaksi untuk suatu periode yang memengaruhi nilai saldo tiap akun tersebut.

Fungsi buku besar antara lain:

a. Sebagai alat untuk meringkas data transaksi yang telah dicatat dalam jurnal (umum).

b. Sebagai alat untuk menggolongkan data keuangan serta dapat untuk mengetahui jumlah atau keadaan rekening (akun) yang sebenarnya apakah ada perbedaan atau tidak.

c. Sebagai dasar penggolongan transaksi yang ada atau telah dicatat dalam jurnal.

d. Sebagai bahan atau informasi untuk menyusun laporan keuangan.

Baca Artikel Sebelumnya: Pembuatan Laporan Keuangan Tahap 1: Membuat Jurnal

Untuk Bisa lebih mengetahui sejauh mana BUMDes kita berjalan saat ini sebaiknya kita melakukan CEK Kesehatan Usaha BUMDes di Website BUMDes.ID.

Caranya anda tinggal berkunjung ke CKU.Syncore.ID setelah itu kamu selanjutnya tinggal mengisi data dan menjawab pertanyaan yang tersedia.

Bagi Anda yang baru mendirikan BUMDes, tapi belum tahu pasti unit usaha apa yang akan BUMDes Anda jalankan, maka Anda perlu mengikuti pelatihan BUMDes.

Kenapa Pemetaan pemetaan potensi dan pemilihan usahaKarena ini adalah langkah awal, yang akan digunakan sebagai acuan, sehingga BUMDes benar-benar telah memiliki cetak biru dalam melakukan dan menjalankan aktivitas unit usahanya. Dengan melakukan pemetaan potensi yang tepat dan pemilihan usaha yang tepat, maka BUMDes yang dijalankan adalah BUMDes yang memiliki tujuan. Bukan BUMDes yang abal-abal, hanya mengikuti tren, atau hanya demi cairnya dana desa.

Bagaimana cara melakukan pemetaan potensi BUMDes? Bagaimana cara memilih usaha BUMDes? pertanyaan ini yang akan dijawab tuntas, bukan sekedar materi teori namun materi praktik dalam Training of Trainer TOT Pendamping Bumdes. Sehingga, selama tiga hari pelatihan, peserta akan pulang membawa gambaran dari pemetaan potensi dan pemilihan usaha untuk BUMDes yang tepat dan sesuai dengan desanya.

Bagaimana cara mendapatkan pelatihan tersebut? Sangat mudah, silakan langsung WhatsApp nomor berikut: https://wa.me/6285772900800  (Ayu)

  • Pelatihan Akan Memajukan dan mengembangkan bisnis yang sudah Anda miliki dan mengetahui Kondisi Kesehatan Usaha BUMDes yang Anda jalankan

Bagi Anda sudah memiliki sebuah unit usaha BUMDes dan sudah berjalan maka dengan mengikuti pelatihan BUMDes maka Anda akan mendapatkan banyak manfaat, salah satunya Anda akan diajarkan bagaimana menjalankan usaha yang baik dan benar serta berkelanjutan, membuat strategi usaha yang tepat, bagaimana cara mengelola sistem keuangan, dan sebagainya.

Selain itu Anda juga dapat melakukan Cek Kesehatan Usaha dan mendapatkan konsultasi dari hasil Cek Kesehatan Usaha dari BUMDes yang Anda jalankan. Cek Kesehatan Usaha sangat Penting bagi kesuksesan Bumdes, karena melalui Cek Kesehatan Usaha BUMDes kita dapat mengetahui kondisi dari unit usaha yang BUMDes kita jalankan.

Apa itu  Cek Kesehatan Usaha BUMDes?Cek Kesehatan Usaha Bumdes (CKU-B) merupakan sebuah alat yang dikembangkan SYNCORE INDONESIA dan BUMDES.id untuk menentukan rating dan tipologi Bumdes. Rating dan  Tipologi  Bumdes  ini  bermanfaat  untuk memetakan  potensi  dan  kendala  unik  masing- masing Bumdes dan menentukan jalur pengembangan Bumdes. Rating dan Tipologi Bumdes juga bermanfaat untuk menjadi basis data dan baseline / titik nol pendampingan.

Apa Fungsi Cek Kesehatan Usaha BUMDes?1. Alat pemeringkatan dan pengelompokan usaha Bumdes
2. Alat prediksi kegagalan usaha Bumdes dan identifikasi area perbaikan
3. Memberi Rekomendasi Umum untuk program pendampingan

Bagaimana cara melakukan Cek Kesehatan Usaha Bumdes? Caranya sangat mudah, seperti berikut:
1. Klik tautanwww.cku.syncore.id2. Isi Data Lengkap : Nama Desa, Nama Bumdes
3. Jawab Semua Pertanyaan sampai selesai.
4. Setelah selesai Menjawab pertanyaan Lakukan pendaftaran User untuk Login (untuk mendowload hasil)
5. Download Hasil Cek Kesehatan Usaha Bumdes milik Sahabat Bumdes.

Hanya perlu waktu 15 menit untuk tahu indikasi awal apakah Bumdes dalam kondisi sehat atau sakit.’

Kami, bumdes.id dan Sekolah Bumdes, selalu terbuka untuk sahabat sekalian, sebagai upaya percepatan pembangunan desa, pengembangan BUMDes, sahabat sekalian dapat berkunjung ke Sekolah Bumdes. Kami juga memiliki berbagai program Kelas yang dapat menjadi upaya percepatan pembangunan dan pengembangan Desa dan Bumdes.

Mendirikan BUMDes bukanlah suatu perkara yang mudah. Ada step by step yang harus dilalui, mulai dari Musyawarah Desa, terbitnya Peraturan Desa, membuat AD/ART, dan juga mengembangkan potensi atau masalah di desa menjadi peluang usaha BUMDes. Lantas, bagaimana agar BUMDes bisa survive dan berkembang sukses? Jawabannya adalah pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk seputar BUMDes, maka perlu mengadakan pendidikan dan kelas yang serius dan khusus.

Kami di Sekolah BUMDes memiliki program khusus untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan BUMDes dengan materi-materi yang sudah kami bagikan ke dalam beberapa kelas yang telah tersedia, antara lain: 1. Kelas Peta Jalan Bumdes , 2. Kelas Tipologi dan Model Bisnis Bumdes (Seri Penguatan Manajemen Bumdes), 3. Kelas Pola Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi Bumdes.

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀. (Surya/Bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *